sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan “do” dan Contoh Kalimatnya

Ketika belajar mengenai Bahasa Inggris maka ada banyak hal yang harus anda perhatikan, salah satunya adalah ada banyak dasar-dasar Bahasa Inggris yang harus anda pahami terlebih dulu. Salah satunya adalah do yang sering ditemukan dalam kalimat-kalimat bahasa Inggris atau mungkin percakapan Bahasa Inggris.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk tahu bagaimana cara penggunaan kata kerja do sehingga anda bisa berbicara atau menulis dalam Bahasa Inggris dengan baik dan tepat. Tak usah berlama-lama lagi berikut ini informasi mengenai bagaimana penggunaan “do” dan contoh kalimatnya.

Penggunaan do pada kalimat dan contohnya

Jika anda memang ingin belajar mengenai Bahasa Inggris maka anda tentu saja harus mempelajari mengenai dasar-dasarnya lebih dulu, yaitu salah satunya adalah mempelajari mengenai penggunaan do.

Kali ini kami akan akan mengajak anda untuk tahu bagaimana penggunaan do pada kalimat tanya beserta dengan contoh lengkapnya. Untuk menggunakan do di dalam kalimat maka ada rumus yang harus anda perhatikan, berikut adalah rumus untuk menggunakan do dalam sebuah kalimat:

Pronoun + Auxilary verb (do) + verb

Untuk informasi tambahan, penggunaan do di dalam kalimat bisa menunjukkan penekanan atau yang di dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai emphasis yang menunjukkan perhatian bahwa orang yang membicarakannya ini benar-benar memberikan simpati kepada lawan bicaranya.

Sebagai contoh saja misalnya ada sahabat anda yang akan tampil di sebuah teater dan anda memberikan simpati kepadanya maka anda bisa mengatakan seperti ini di dalam Bahasa Inggris I do watch your teater, I like it (aku menonton penampilan teatermu, aku menyukainya). Supaya anda lebih memahami penggunaannya, maka simak beberapa contoh kalimat di bawah ini:

  • I do love your new bag, it fits with your clothes (Aku menyukai tas barumu, itu sangat cocok dengan pakaianmu)
  • I do watch Start-Up drama, I highly recommend it for you (Aku menonton drama Start-Up, aku sangat menyarankanmu untuk itu)
  • We do watch your short movies, it is so amazing! (Kami menonton film pendekmu, itu luar biasa!)
  • I do love your new hairstyle, I want it! (Aku menyukai gaya baru rambutmu, aku ingin itu!)

Penggunaan do pada kalimat tanya dan contohnya

Jika tadi kita sudah mengetahui apa rumus do pada kalimat biasa dan juga sudah tahu beberapa contoh kalimatnya, maka pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda juga untuk tahu bagaimana penggunaan do dalam kalimat tanya.

Sama seperti dengan penjelasan sebelumnya bahwa untuk penggunaan do pada kalimat tanya ini ada rumusnya juga. Berikut adalah rumus untuk menggunakan do dalam sebuah kalimat tanya:

Auxilary verb (do) + pronoun + verb

Supaya anda lebih memahami bagaimana penggunaan do di dalam kalimat tanya, maka berikut ini adalah beberapa contoh kalimat menggunakan do dalam kalimat tanya yang bisa anda pahami:

  • Do you want me to pour tea into your mug? (Apakah kamu menginginkanku untuk menuangkan teh pada cangkirmu?)
  • Do you think we could make it on time to office? (Apakah menurutmu kita bisa sampai di kantor tepat waktu?)
  • Do you want to dinner with me tonight? (Apakah kamu ingin makan malam bersamaku malam ini?)
  • Do we speak Bahasa? (Apakah kami berbicara Bahasa Indonesia?)
  • Do I need to pick up him? (Apakah aku perlu menjemputnya?)

Penggunaan do pada kalimat negatif dan contohnya

Tadi kita sudah belajar mengenai bagaimana penggunaan do pada kalimat biasa dan juga pada kalimat tanya. Sekarang saatnya kita belajar penggunaan do pada kalimat negatif, anda perlu mengetahuinya sehingga bisa menggunakan do pada kalimat dan percakapan.

Sama seperti kedua jenis kalimat di atasnya bahwa penggunaan do untuk kalimat negatif juga menggunakan rumus. Berikut adalah rumus kalimat do pada kalimat negatif:

Pronoun + Auxilary verb (do) + not + verb

Supaya anda lebih memahami bagaimana penggunaan do pada kalimat negatif, maka kami juga memberikan beberapa contoh kalimat negatif yang menggunakan do. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat penggunaan do untuk kalimat negatif beserta dengan artinya:

  • You don’t need to go to the event, it’s such waste your time (Kamu tidak perlu pergi ke event itu, event itu hanya buang-buanga waktumu saja)
  • They do not let us to attend, the reason is silly you know (Mereka tidak mengizinkan kami untuk hadir, alasannya sangat konyol jika kamu tahu)
  • They don’t accpet cash anymore, you must bring your card (Mereka tidak lagi menerima uang tunai, anda harus membawa kartu anda)

Penggunaan do pada kalimat interrogative present tense

Sekarang kami akan memberikan beberapa contoh penggunaan do untuk kalimat interrogrative present tense:

  • Do you know about this song? (Apakah kamu tahu mengenai lagu ini?)
  • Do you see what I see? (Apakah kamu melihat apa yang aku lihat?)
  • Do you think he is alright? (Apakah kamu pikir ia baik-baik saja?)
  • Do I forget something about her? (Apakah aku melupakan sesuatu tentang dia?)

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai penggunaan do di berbagai jenis kalimat dan juga bagaimana contohnya.

Semoga dengan informasi yang kami sampaikan bisa membantu anda untuk lebih memahami mengenai penggunaan dari do dan bisa membantu anda lebih memahami mengenai Bahasa Inggris. Semoga artikel yang kami sampaikan bisa berguna dan membantu anda ya!

 

Perbedaan “Sign”, “Signing”, “Signed”,  “Signature”
Penggunaan “Let”, “Lets”, dan “Let’s”
Penggunaan “That”
Perfect Tense: Past Perfect vs Present Perfect vs Future Perfect
Contoh Dialog Expressing Intention dalam Bahasa Inggris beserta Artinya
Grammar Tenses: Apa itu Past Perfect Tense?
Penggunaan “Based On My Experience”
Penggunaan ‘Going To’ VS ‘Will’
Kalimat Kasar dalam Bahasa Inggris & Artinya
Contoh Expressing Admiration (Kekaguman) dalam Percakapan Part II