sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan Gerund dalam Kalimat Bahasa Inggris

Tahukah kalian apa itu gerund?

Saat mempelajari grammar bahasa Inggris, kita pasti akan berjumpa dengan salah satu komponennya yang bernama gerund. Kalian mungkin sudah mengetahui bahwa gerund terbentuk dari kata kerja atau verb yang diberi imbuhan –ing. Akan tetapi, gerund tidak sama dengan present participle atau kata kerja berakhiran –ing untuk menunjukkan aktivitas yang sedang berlangsung. Jadi, apakah sebenarnya gerund itu?

Wujud dari gerund memang persis seperti kata kerja, namun sejatinya gerund merupakan kata benda; lebih tepatnya verbal noun. Yang membedakan gerund dengan kata kerja progressive atau present participle adalah cara penggunaannya dalam suatu kalimat, meskipun keduanya memiliki bentuk yang sama (berasal dari verb yang ditambah –ing).

Lantas, kapan saja gerund digunakan? Apa saja fungsi dari gerund jika bukan sebagai kata kerja? Mari kita bahas penjelasannya satu-persatu.

Penggunaan Gerund dalam Kalimat

1. Menjadi subject dalam kalimat

Sebab gerund juga merupakan noun, maka fungsi dari gerund juga tidak jauh berbeda dengan kata benda pada umumnya yakni sebagai Subject atau pelaku dalam suatu kalimat. Satu gerund memiliki kedudukan yang sama dengan kata benda tunggal, sehingga setara dengan pronoun “it”.

Contoh:

  • Sleeping is the only thing I want to do to make me feel better. (Tidur adalah satu-satunya hal yang ingin kulakukan untuk membuatku merasa lebih baik)
  • Cooking and sewing become Liana’s new hobbies since she got back from her hometown. (Memasak dan menjahit menjadi hobi baru Liana semenjak ia kembali dari kampung halamannya)
  • Smiling makes the girls look more beautiful. (Tersenyum membuat para gadis tampak lebih cantik)

2. Menjadi object dalam kalimat

Seperti halnya kata benda yang lain, gerund juga dapat berfungsi menjadi object dalam kalimat selain berperan sebagai subject, spesifiknya pada kalimat verbal atau kalimat yang predikatnya berisikan kata kerja transitif. Object adalah hal atau sasaran pekerjaan yang dilakukan oleh subject.

Contoh:

  • Evan hates driving so much. He would rather take the bus or taxi. (Evan sangat tidak suka menyetir. Dia lebih memilih naik bus atau taksi)
  • The children here are a bit different, they do not like eating ice cream like kids their age. (Anak-anak di sini sedikit berbeda, mereka tidak suka makan es krim seperti anak-anak seusia mereka pada umumnya)
  • Music makes studying feel a little bit enjoyable. (Musik membuat belajar terasa agar menyenangkan)

3. Menjadi subject complement

Dalam kalimat non-verbal, kita tidak menjumpai kata kerja dalam unsur kalimatnya sehingga tidak mungkin pula ditemukan object. Namun, subject dalam kalimat non-verbal dilengkapi dengan complement untuk menyempurnakan susunannya. Dalam jenis kalimat ini, gerund juga bisa berfungsi sebagai complement atau subject complement-nya.

Contoh:

  • What I usually do in my spare time is (Yang biasa saya lakukan di waktu luang adalah membaca)
  • The little boys’ most favorite outdoor activities are cycling and playing (Kegiatan luar ruangan favorit anak-anak laki-laki tersebut adalah bersepeda dan bermain sepak bola)
  • During the holiday, the thing that I cannot miss will be waking up (Selama liburan, hal yang tidak akan bisa saya lewatkan adalah bangun kesiangan)

4. Sebagai object of preposition

Selanjutnya, gerund juga dapat berperan sebagai object of preposition atau object yang terletak setelah preposisi. Ini sering kita jumpai dalam penggunaan phrases atau frasa-frasa bahasa Inggris, di mana penambahan preposition dapat mengubah makna dari suatu kata kerja dasar.

Contohnya, kata “look” yang berarti “melihat” akan mengalami perubahan makna jika ditambahkan preposisi “for”, “about”, dan juga “at”. Tidak hanya dalam kata kerja, fungsi gerund sebagai object of preposition juga berlaku untuk preposisi-preposisi yang melengkapi adjective atau kata sifat.

Contoh:

  • I was thinking about buying a new computer for work. (Aku berpikiran untuk membeli komputer baru untuk bekerja) 
  • Since the workshop last month, Elena became more interested in farming. (Sejak lokakarya bulan lalu, Elena jadi semakin tertarik untuk bercocok tanam)
  • It’s not that Clara is not excited for the adventure; she’s just a bit afraid of being (Clara bukannya tidak bergairah mengikuti petualangannya; namun ia hanya sedikit takut tersesat)

5. Sebagai object of possessive pronoun

Selain itu, gerund dapat berperan sebagai object of possessive pronoun atau objek dari kata ganti kepemilikan. Yang termasuk dalam possessive pronoun antara lain my, your, our, their, her, his, dan its. consider call

Contoh kalimat:

  • Tonight we are going to celebrate our winning over the Crawford’s. (Malam ini kita akan merayakan kemenangan kita mengalahkan tim Crawford)
  • Your leaving from here is a big loss for the company. (Kepergianmu dari sini merupakan kerugian besar bagi perusahaan)
  • All of sudden, the room goes silent as they get amazed by Greyson’s singing.(Secara tiba-tiba, seisi ruangan terdiam sebab mereka terpukau oleh nyanyian Greyson)

6. Sebagai object complement

Fungsi gerund yang terakhir adalah sebagai object complement atau kata pelengkap/penjelas objek. Peran gerund yang satu ini cukup jarang dijumpai, dan hanya berlaku pada penggunaan kata kerja transitif tertentu saja; misalnya “call” dan “consider”.

Contoh kalimat:

  • I think it’s just wrong how everyone considers introvert ‘being hard to socialize’. (Aku rasa salah bila orang-orang menganggap introvert sebagai ‘sulit bersosialisasi’)
  • How can those people call this stupidity ‘having a little fun’? (Bagaimana bisa orang-orang itu menyebut kebodohan ini ‘sedikit bersenang-senang’?)

 

Pertanyaan dan Kalimat yang Sering Diucapkan di Bandara
Percakapan Job Interview: Menjalani Wawancara Dalam Bahasa Inggris secara Efektif dan Baik
Vocabulary: Kosakata Bahasa Inggris tentang Karakteristik Positif
Kosakata Bahasa Inggris Terkait dengan Pemilu atau Pilkada
Kosakata Bahasa Inggris Mengenai Pakaian Wanita (Women’s Clothing)
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Cashier Conversation: Percakapan Kasir dan Pelanggan dalam Bahasa Inggris
21 Funny English Proverbs (Peribahasa Bahasa Inggris yang Lucu)
Penggunaan Active and Passive Voice dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Article A/An dalam Bahasa Inggris


 
Perbedaan Preposition In vs On vs Under
Bahasa Formal English dan Informal English
Contoh Ucapan Selamat Natal dalam Bahasa Inggris
Kesalahan Belajar Bahasa Inggris yang Umum
Apa Itu Oxymoron?
Imperatives: Cara Memberi Perintah dalam Bahasa Inggris
Cara Memberi Nasihat dalam Bahasa Inggris (Giving Advice)
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan Naik Angkutan Umum Bus Kota
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan ketika Menanyakan Arah
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Tempat Hiburan Malam