sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan “Gonna” dan “Wanna”

Halo, teman-teman. Bagaimana kabar teman-teman sekalian?

Dalam artikel kita kali ini, kita akan mempelajari dua kata yang mungkin sangat sering teman-teman dengarkan dan lihat, baik melalui film-film atau serial televisi berbahasa Inggris, kebanyakan lagu-lagu, dan juga bentuk hiburan lainnya yang, tentu saja, menggunakan Bahasa Inggris.

Dua kata yang akan kita pelajari adalah “gonna” dan “wanna”. Apakah sebenarnya kedua kata ini? Dan bagaimanakah kedua kata ini digunakan ketika membuat beragam kalimat menggunakan Bahasa Inggris?

“Gonna”

Kata Bahasa Inggris “gonna” memiliki arti “ingin” dan merupakan bentuk tidak formal dari kata “going to”. Kata ini lebih banyak digunakan dalam percakapan sehari-sehari (spoken English) dan tidak pernah digunakan dalam penulisan Bahasa Inggris (written English) yang lebih resmi, bahkan harus dihindari.

Walaupun digunakan ketika bercakap-cakap, “gonna” sendiri jarang digunakan ketika kita akan mengemukakan poin yang lebih kuat dalam suatu diskusi atau debat. Ketika melakukan hal ini, kita harus menghindari penggunaan “gonna” karena akan membuat poin yang kita sampaikan terdengar kurang meyakinkan.

Bagaimanakah “gonna” digunakan dalam kalimat Bahasa Inggris? mari kita perhatikan contoh berikut ini.

Contoh kalimat 1:

  1. Edmund is gonna show me the best attraction in this amusement park (Edmund akan menunjukkan padaku atraksi terbaik yang ada di taman hiburan ini)
  2. They’re gonna go to Uncle Jordan’s house this afternoon to see his new drum (mereka akan pergi ke rumah Paman Jordan sore ini untuk melihat drum barunya)
  3. What is she gonna do with the leftover apple pie inside the fridge? (apa yang akan dilakukannya dengan sisa pai apel yang ada di dalam kulkas?
  4. We’re gonna try to solve this particular task and we’re not gonna give up until we can find the solution (kita akan mencoba memecahkan tugas yang satu ini dan kita tidak akan menyerah sampai kita menemukan pemecahannya)
  5. What (are) you gonna do if she chooses another man instead of you, Harold? (apa yang akan aku lakukan jika ia memilih pria lain ketimbang dirimu, harold?)

Perhatikan contoh kalimat nomor 5, di mana “are” dihilangkan dari kalimat. Ketika menggunakan “gonna” dalam kalimat tanya, “are” boleh dihilangkan dengan catatan kata ganti orang yang digunakan adalah we (kita), you (kau), dan they (mereka).

“Wanna”

Kata kedua yang akan kita pelajari melalui artikel ini adalah “wanna”, yang merupakan kependekan dari “want to…” atau “ingin….” ketika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. “Wanna” mengindikasikan sesuatu yang benar-benar kita ingin lakukan.

Ketika membuat kalimat bernada afirmasi, “wanna” dapat dipergunakan pada kata ganti orang pertama dan kedua tunggal dan juga jamak, kecuali kata ganti orang ketiga tunggal (he (dia untuk pria), she (dia untuk wanita), dan it (kata ganti hewan serta tumbuhan). Ketika menggunakan salah satu kata ganti untuk orang ketiga tunggal, akan lebih baik apabila kita tetap menggunakan “wants to…”.

Mari kita lihat bagaimana “wanna” digunakan dalam beberapa kalimat berbahasa Inggris.

Contoh kalimat 2:

  1. I know that you’re not going to give up on doing something right as a cop. I wanna make a bet with you. Among these 5 people, one of them is a murder. If you can correctly guess which one is the murder, I’m going to give you a private villa in Bali (aku tahu kau tidak akan menyerah melakukan sesuatu yang benar sebagai seorang polisi. Aku ingin membuat taruhan denganmu. Di antara kelima orang ini, salah satu dari mereka adalah pembunuh. Jika kau bisa dengan benar menebak yang mana si pembunuh itu, aku akan memberikanmu vila pribadi di Bali)
  2. I really wanna go home as I miss my family so much. But then, I remember that with me going home, the risk of them being contracted by the virus is high. So, I must endure the desire to meet my parents and it’s sad, if I’m being honest (aku sangat ingin pulang ke rumah karena aku benar-benar rindu orangtuaku. Tetapi, aku ingat bahwa dengan aku pulang, risiko mereka terpapar virus itu tinggi. Jadi, aku harus menahan keinginanku bertemu orangtuaku dan itu menyedihkan, kalau mau jujur)
  3. They wanna go to the strawberry farm and I think they will go there tomorrow. Knowing those guys for 2 years, I know if they really wanna do something, they will eventually make it true (mereka ingin pergi ke ladang stroberi dan kurasa mereka akan pergi ke sana besok. Mengenal mereka semua selama 2 tahun, aku paham jika mereka ingin melakukan sesuatu, mereka akan membuatnya jadi nyata)
  4. What does she wanna do with that shoelace? Is she going to tie her hair with that thing? (apa yang ingin dia lakukan dengan tali sepatu itu? Apa dia akan mengikat rambutnya dengan benda itu?)
  5. (Do) you wanna go for a walk with me? You know, to take some fresh air and let the negative feelings dissappear from our minds (apa kau ingin berjalan-jalan bersamaku? Kau tahu, untuk menghirup udara segar dan membiarkan semua perasaan negatif menghilang dari pikiran kita)

Sama seperti penjelasan tentang “gonna” di atas, ketika kita akan membuat kalimat interogatif dengan menggunakan “wanna”, kata kerja “do” dapat dihilangkan selama dipasangkan dengan kata ganti they (mereka), we (kami/kita), dan juga you (kau).

Demikian penjelasan tentang “wanna” dan “gonna” dan bagaimana penggunaannya yang dapat dihadirkan oleh artikel ini. Semoga dapat memberikan manfaat bagi teman-teman semua.

 

Perbedaan Gonna (Going To) dan Will
Penggunaan ‘I Wish’, ‘If Only’ dan ‘Hope’
Penggunaan “Let”, “Lets”, dan “Let’s”
Penggunaan Was Vs Were
Arti dan Penggunaan “See You” Dalam Bahasa Inggris
Penggunaan “Ever” vs “Never”
Penggunaan Artikel “the” dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Kata “Also”
Penggunaan Who vs Whom
Penggunaan Titik Koma (Semicolon)