sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan “How do you do” & “How are you”

Di dalam bahasa Inggris cukup banyak frasa yang memiliki arti yang sama, namun tidak selalu bisa dijadikan sebagai sinonim satu sama lainnya. Misalnya saja frasa “how do you do?” dan frasa “how are you?”. Kedua frasa ini memiliki arti yang sama, yakni “apa kabar?” serta memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai salam dan untuk menanyakan kabar.

Meskipun demikian, tidak semua orang tahu bahwa “how do you do?” dan “how are you?” tidak selalu bisa menggantikan satu sama lainnya. Itu karena keduanya memiliki sedikit perbedaan. Meskipun perbedaannya sedikit, perbedaan ini adalah perbedaan signifikan sehingga kita harus benar-benar memperhatikan konteks dan situasi ketika kita ingin menggunakan keduanya.

Lalu, apa perbedaan dari “how do you do? Dan “how are you?” dan bagaimana cara menggunakan kedua frasa ini? Mari kita cari tahu melalui penjelasan di bawah ini:

How do you do?

“How do you do?” bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “apa kabar?”. Meskipun demikian, frasa ini jarang sekali digunakan untuk menanyakan kabar. Faktanya, frasa “how do you do?” lebih umum digunakan sebagai salam dibandingkan sebagai frasa untuk menanyakan kabar.

“How do you do?” biasanya dipakai ketika kita bertemu dengan orang baru atau orang yang kita temui untuk pertama kalinya.

Contoh:

A: Good morning. We have been communicated a lot through e-mail. It’s nice to finally meet you in person, John. How do you do? (Selamat pagi. Kita sering berkomunikasi melalui surel. Senang akhirnya saya bisa langsung bertemu Anda secara langsung, John. Apa kabar?)

B: How do you do? I’m also glad to meet you face to face, Tom. So, shall we proceed to talk about our business? (Apa kabar? Saya juga senang bertemu dengan Anda langsung, Tom. Jadi, haruskah kita langsung membicarakan bisnis kita?)

A: Sure. (Baik)

Jangan pernah menggunakan “how do you do?” untuk menanyakan kabar orang yang pernah kita temui sebelumnya karena itu hanya akan membuat kita terlihat lupa bahwa kita pernah bertemu dengan orang tersebut. Gunakanlah “how are you?”, “how’s life?”, “how are things?”, dsb jika kita ingin menanyakan kabar orang yang sudah kita kenal atau orang yang pernah kita temui sebelumnya.

Meskipun “how do you do?” artinya adalah  “apa kabar”, kita tidak boleh merespon “how do you do?” dengan “I’m fine”, “I’m good”, “I’m not very well”, atau frasa memberikan kabar lainnya. Respon “how do you do?” yang tepat adalah “how do you do?”.

Contoh:

A: Hey, Mita. This is Anne, my wife. (Hei, Mita. Kenalkan ini Anne, istri saya)

B: Hi, Anne. How do you do? (Hai, Anne. Apa kabar?)

C: How do you do? (Apa kabar?)

“How do you do?” pada umumnya digunakan dalam konteks dan situasi formal. Frasa ini sangat jarang digunakan dalam situasi tidak formal. Untuk situasi tidak formal, frasa “how are you?” lebih sering digunakan alih-alih “how do you do?”. Selanjutnya, mari kita lihat penjelasan tentang “how are you?” berikut ini:

How are you?

“How are you?” juga diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “apa kabar?” atau “bagaimana kabarmu?”. Sama seperti “how do you do?”, selain berfungsi untuk menanyakan kabar, frasa “how are you?” juga lebih sering digunakan sebagai greeting atau salam. “How are you?” bisa dipakai dalam situasi formal atau tidak formal.

Contoh:

A: Hi, Jane. Long time no see. How are you? (Hai, Jane. Sudah lama tak jumpa. Bagaimana kabarmu?)

B: Oh hi, Mike. I’m fine, thanks. You? (Oh hai, Mike. Aku baik-baik saja, terima kasih. Kamu?)

A: I’m fine as well. (Aku juga baik-baik saja)

“How do you do?” hanya boleh dilontarkan kepada orang yang baru pertama kali kita temui saja, sedangkan “how are you?” bisa diucapkan baik itu kepada orang yang baru pertama kali kita temui atau orang yang sudah lama kita kenal.

Contoh:

A: Good morning, Mr. Park. I’m Daisy Watson. (Selamat pagi, Pak Park. Saya Daisy Watson)

B: Good morning Ms. Watson. How are you? (Selamat pagi Nona Watson. Apa kabar?)

A: I’m fine. Thank you. It’s such an honored to finally meet you in person. (Saya baik-baik saya, terima kasih. Merupakan kehormatan bagi saya untuk akhirnya bertemu dengan Anda secara langsung)

“How are you?” lebih sering dipakai sebagai salam atau pengawal percakapan, bukan sebagai penanya kabar. Oleh karena itu, respon umum untuk frasa ini adalah “I’m fine”, “I’m good”, atau “very well” yang semuanya berarti “baik-baik saja” meskipun keadaan kita ketika ditanya sedang tidak baik-baik saja.

Contoh:

A: Hello, Mia. How are you? (Halo, Mia. Apa kabar?)

B: Very well. Thanks. (Baik-baik saja. Terima kasih)

Pada konteks tertentu, orang lain bisa saja menanyakan “how are you?” dengan maksud ingin benar-benar mengetahui keadaan kita. Dalam konteks ini, jawablah sesuai dengan keadaan kita yang sebenarnya. Berikut adalah beberapa respon yang bisa digunakan:

  • I’m fine. (Saya baik-baik saja)
  • Not bad. (Lumayan/ tidak buruk)
  • I’m good. (Saya baik-baik saja)
  • Very well. (Baik-baik saja)
  • I’m not very well. (Saya tidak begitu baik)
  • I’ve been better. (Saya tidak begitu baik)
  • Could be better. (Tidak begitu baik)

Contoh:

A: How are you? (Apa kabar?)

B: I’m not very well. (Saya tidak begitu baik)

A: What happened? (Ada apa?)

B: I just got laid off. (Saya diberhentikan kerja)

 

Mengenal Makna Kata Therefore dan Penggunaannya
Perbedaan Penggunaan Sick, Ill, Hurt, Pain, dan Ache
Penggunaan Kata “Already”
Penggunaan “When It Comes to”
Perbedaan Penggunaan Its vs It’s
Penggunaan Kata “On”
Penggunaan “am” dalam I am
Penggunaan Who vs Whom
Penggunaan “Needless to Say”
Penggunaan If vs Whether