sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan Kata “Already”

“Already” adalah adverb atau kata keterangan dalam bahasa Inggris yang mengacu pada sesuatu yang terjadi di masa kini atau pada sesuatu yang baru saja terjadi. Kali ini kita akan mempelajari fungsi-fungsi “already” beserta dengan contoh penggunaannya dalam kalimat melalui penjelasan di bawah ini:

Something happened before something else

Salah satu fungsi “already” adalah untuk menyatakan sesuatu yang telah terjadi sebelum sesuatu lainnya. Pada konteks ini, kalimat dengan “already” biasanya menggunakan present perfect tense atau past perfect tense. Mari kita lihat contohnya dalam kalimat untuk lebih jelasnya:

  • She has already come and it is two hours before the party. (Dia telah tiba dua jam sebelum pesta)
  • The bus has already left and we are still on our way to the bus stop. (Busnya sudah berangkat dan kami masih dalam perjalanan kami menuju halte bus)
  • The plane had landed already before we got to the airport. (Pesawatnya sudah mendarat sebelum kita sampai di bandara)
  • I can’t wait for this month’s payday to come as I have spent my last month’s salary already. (Saya tidak sabar untuk gajian bulan ini karena saya sudah menghabiskan gaji saya bulan lalu)
  • Before our parents arrived, we had already done our chores. (Sebelum orangtua kami tiba, kami sudah mengerjakan pekerjaan rumah kami)

Something happened earlier than expected

Fungsi lainnya dari “already” adalah untuk menyatakan sesuatu yang terjadi lebih awal atau lebih cepat dari yang diharapkan atau perkirakan. Pada konteks ini, pada umumnya “already” menggunakan present perfect tense atau past perfect tense. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaannya dalam kalimat:

  • Bella has already sent the report. (Bella telah mengirimkan laporannya)
  • Jack has already done his school assignments. (Jack telah mengerjakan tugas sekolahnya)
  • They had already arrived in Paris one hour earlier. (Mereka telah tiba di Paris satu jam lebih awal)
  • I can’t believe that the tickets to Ariana Grande concert have been sold out already. (Saya tidak percaya bahwa tiket konser Ariana Grande telah habis terjual)
  • The children have finished their meal already. (Anak-anak telah menghabiskan makanan mereka)
  • She had left already. (Dia sudah pergi)

Tenses

“Already” pada umumnya digunakan pada kalimat yang menggunakan present perfect tense dan past perfect tense. Meskipun demikian, tergantung konteks dan artinya, kita juga bisa menggunakan “already” dalam kalimat berbentuk simple present tense, present continuous tense, dan simple past tense. Dalam American English (bahasa Inggris Amerika) utamanya, “already” sering dipakai dalam kalimat dengan simple past tense.

Contoh:

  • I have already called the ambulance to come here. (Saya sudah menelepon ambulan untuk datang ke sini) –> present perfect
  • He had already bought some milk. (Dia telah membeli susu) –> past perfect
  • John already knows about the surprise party that we are going to throw for him. (John sudah tahu tentang pesta kejutan yang akan kita adakan untuknya) –> simple present
  • Don’t worry. We are already working on our plan. (Jangan khawatir. Kita telah sedang menjalankan rencana kita) –> present continuous
  • Amy spent her money already. (Amy telah menghabiskan uangnya) –> simple past

Position

“Already” tergolong ke dalam adverb (kata keterangan) sehingga kita bisa melatakkannya di berbagai posisi dalam kalimat. Berikut ini adalah peletakkan “already” dalam kalimat:

  1. Di antara auxiliary verb dan main verb

Auxiliary pada perfect tense adalah kata bantu “have” dan “has”, dan pada past perfect adalah kata bantu “had”. Auxiliary ini diletakkan sebelum main verb (kata kerja utama).

Contoh: She has already seen the movie. (Dia telah menonton filmnya) –> “has” adalah auxiliary verb dan “seen” adalah main verb

  1. Setelah “be”

“Be” adalah “are”, “am”, dan “is” yang digunakan pada kalimat berbentuk simple present dan present continuous.

Contoh: They are already here. (Mereka telah ada di sini)]

  1. Di antara subjek dan verb

Contoh: She already knows that we are going to go to Hawaii. (Dia sudah tahu bahwa kita akan pergi ke Hawaii) –> “she” adalah subjek dan “knows” adalah verb (kata kerja)

  1. Di akhir kalimat

Contoh: They have eaten already. (Mereka sudah makan)

Questions

“Already” biasanya dipakai dalam kalimat afirmatif (positif) dan terkadang dalam kalimat tanya. Jangan pernah gunakan “already” dalam kalimat negatif.

Contoh-contoh yang telah kita lihat di atas adalah contoh kalimat afirmatif dengan menggunakan “already”. Di bawah ini adalah beberapa contoh kalimat tanya dengan menggunakan “already”:

  • Have you already talked to him? (Apakah kamu sudah berbicara dengannya?)
  • Has Nina fixed her car already? (Apakah Nina sudah memperbaiki mobilnya?)
  • How does John already know about the surprise party that we are going to throw for him? (Bagaimana John bisa tahu tentang pesta kejutan yang akan kita adakan untuknya?)
  • Are they here already? (Apakah mereka sudah ada di sini?)
  • Are you already working on the project? (Apakah kamu sudah sedang mengerjakan proyeknya?)
  • Did the plane take off already? (Apakah pesawatnya sudah berangkat?)
  • Did you already add me as your friend on Facebook? (Apakah kamu sudah menambahkan aku sebagai temanmu di Facebook?)

 

Kata Ganti Kepemilikan
Penggunaan Kata “At”
Kumpulan Kata-Kata Bahasa Inggris yang Sudah Tidak Digunakan Lagi
Penggunaan “Do A Favor”
Kosakata Bagian-bagian Rumah dalam Bahasa Inggris: Nama dan Contoh Penggunaannya
Penggunaan Is vs Are
Penggunaan Who vs Whom
35 Kata Adjective dan Contoh Kalimatnya
Penggunaan Kata “Each”
Penggunaan I vs Me