sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan Kata ‘Although’ and ‘However’

Kata although dan however memiliki arti yang serupa, sehingga tak sedikit orang yang bingung bagaimana menggunakan masing-masing kata tersebut. Baik although maupun however dapat diartikan dalam Bahasa Indonesia sebagai “meskipun” atau “walaupun”. Namun kita perlu memahami bagaimana penggunaannya yang tepat agar tidak salah makna.

Pada pembahasan ini, kita akan mengulas makna dan penggunaan dari kata although serta however dalam Bahasa Inggris. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini, ya!

Makna dan Penggunaan Kata “Although”

Although merupakan conjunction atau kata penghubung yang digunakan untuk menghubungkan dua klausa dalam satu kalimat. Kata ini bisa diletakkan di depan maupun tengah kalimat sesuai dengan kebutuhan. Dalam Bahasa Indonesia, although dapat diartikan sebagai meskipun, walaupun, kendati, biarpun, dan maupun.

Berikut penggunaan kata although dalam kaidah Bahasa Inggris.

  • Pernyataan berlawanan

Kata ini digunakan untuk menjelaskan anak kalimat yang memiliki pernyataan berlawanan dengan klausa utama. Seperti yang dapat dilihat pada contoh-contoh berikut:

    • Although Gilang is not widely known, his reputation among people is very great. (Walaupun Gilang tidak dikenal luas, reputasinya diantara orang-orang sangat bagus)
    • Although the storm has stopped for now, the destruction left behind in the village is enormous. (Meskipun badai sudah berhenti untuk sekarang, kerusakan yang ditinggalkan di desa sangat dahsyat)
  • Pernyataan tak terduga

Although juga dapat digunakan untuk menekankan klausa utama yang mengejutkan atau tidak terduga. Seperti pada penggunaan sebelumnya, kata although dalam penggunaan ini juga diletakkan pada anak kalimat. Berikut contoh penggunaannya pada kalimat:

    • I can remember seeing that unique artist on TV, although I was only seven at that time. (Saya bisa ingat kalau pernah melihat seniman unik itu di TV, meski saya masih tujuh tahun waktu itu)
    • Although Rahmat was twice as old as us, he became the soul of the organization. (Meskipun Rahmat dua kali lebih tua dari kita, dia menjadi jiwa organisasi)
  • Memperkuat pernyataan

Penggunaan kata although yang selanjutnya adalah untuk memperkuat pernyataan pada klausa utama. Although ini digunakan pada anak kalimat yang memberikan informasi tambahan atau penguat atas klausa utama tersebut. Seperti yang dapat dilihat pada contoh berikut:

    • Raka is truly in love with her, although he never says anything regarding his feelings. (Raka sungguh-sungguh jatuh cinta padanya, meski dia tidak pernah bilang apa-apa tentang perasaannya)
    • Although Indah didn’t show her affection openly, she’s really a good girl. (Walaupun Indah tidak menunjukkan perhatiannya dengan terbuka, dia benar-benar gadis yang baik)

Kata although juga dapat digunakan saat kita ingin menyatakan sesuatu yang dianggap tidak begitu penting dibanding hal lain dalam kalimat tersebut. Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • This bag is pretty and lasts a long, although it’s more expensive than the other brand. (Tas ini cantik dan tahan lama, meski lebih mahal dari brand satunya)
    • Although the preparation was not ideal, the event is going smoothly. (Meskipun persiapannya tidak ideal, acara itu berjalan dengan lancar)

Makna dan Penggunaan Kata “However”

However dapat berperan sebagai adverb (kata keterangan) dan conjunction (kata penghubung). Kata ini bisa diletakkan dalam satu kalimat, namun bisa juga untuk menghubungkan dua kalimat. Dalam Bahasa Indonesia, kata however dapat diartikan sebagai namun, tetapi, meskipun, biarpun, kiranya, rupanya, dan bagaimanapun.

Berikut penggunaan kata although dalam kaidah Bahasa Inggris.

  • Pernyataan berlawanan

Seperti although, kata however juga dapat digunakan untuk pernyataan yang berlawanan. Namun bedanya, however dapat digunakan untuk menghubungkan dua kalimat. Seperti yang dapat dilihat pada contoh berikut:

    • People tend to put on weight in middle age. However, gaining weight is not inevitable at all. (Orang cenderung naik berat badannya saat berusia separuh baya. Meski begitu, naiknya berat badan bukan tidak bisa dihindari sama sekali)
    • The chance still seems impossible for now. However, this condition will improve along with time. (Kemungkinan itu masih terlihat tidak mungkin untuk sekarang. Meski begitu, kondisi ini akan membaik seiring berjalannya waktu)
  • Sesuatu yang tidak bisa diubah

Kata however dapat digunakan untuk menyatakan sesuatu yang tidak bisa diubah apapun yang kita lakukan. Seperti yang dapat dilihat pada contoh berikut:

    • However hard Nina tried to improve her life, nothing seemed to work. (Bagaimanapun kerasnya Nina berusaha untuk memperbaiki hidupnya, tidak ada yang tampak berhasil)
    • The business idea was strange so it’ll fail anyway, however we pushed our effort. (Ide bisnis itu aneh jadi itu akan gagal juga, bagaimanapun kita berusaha)
  • Jumlah sebanyak apapun

Penggunaan however yang selanjutnya adalah untuk menyatakan sesuatu dalam jumlah sebanyak apapun. Seperti yang dapat dilihat pada contoh berikut:

    • However hungry Randy is, he never seem to be able to finish off this whole pizza by himself. (Seberapa lapar pun Randy, dia tidak akan bisa menghabiskan semua pizza ini sendirian)
    • If Ratna likes a bag, she’ll buy it however much it costs. (Kalau Ratna suka sebuah tas, dia akan beli itu berapapun harganya)
  • Pernyataan mengejutkan

Kata however juga dapat digunakan untuk menunjukkan sebuah pernyataan yang mengagetkan dan mengejutkan. Seperti yang dapat dilihat pada contoh berikut:

    • This villa is really beautiful! However did you find this place in such a remote location? (Villa ini cantik banget! Bagaimana bisa kamu menemukan tempat ini di lokasi terpencil begini?)
    • Your father is really strict, right? However did you manage to get him give you permission? (Ayah kamu keras banget, kan? Bagaimana bisa kamu membuat dia memberi izin?)

Demikianlah pembahasan tentang makna serta penggunaan kata although dan however dalam kaidah Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Frasa/Kata/Kalimat untuk Mengekspresikan Keterkejutan
Kata Penghubung dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Some vs Any
Perbedaan Penggunaan Her, Him, She, & He
Penggunaan “Had Better”
Daftar Kata ‘Contraction’
Simbol & Kata Bahasa Inggris yang Berhubungan dengan Matematika
Penjelasan Mengenai Penggunaan “How About” dalam Bahasa Inggris
Kata-Kata Pembuka Presentasi Dalam Bahasa Inggris
Penggunaan So Vs Such