sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan Kata “Much” dan “More” dalam Bahasa Inggris

Kita tentu sering mendapati kata much dan more dalam berbagai konteks Bahasa Inggris. Kedua kata tersebut memiliki kesamaan untuk menunjukkan kuantitas atau jumlah sesuatu. Namun jika much berarti banyak, kalau more berarti lebih. Makna dan penggunaan kedua kata ini tentu saja berbeda juga.

Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai penggunaan kata much dan more dalam Bahasa Inggris. Berikut dengan contohnya untuk masing-masing penggunaan kata agar lebih dapat dipahami dengan baik.

Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini, ya!

Much

Seperti yang sudah diulas sedikit diatas, kata much pada dasarnya berarti banyak. Banyak yang ditunjukkan oleh kata much adalah untuk sesuatu yang tidak bisa dihitung satuan. Selain itu, kata much juga dapat digunakan untuk berbagai konteks lainnya selain menunjukkan banyaknya sesuatu.

Lebih jelasnya, berikut beberapa penggunaan kata much dalam Bahasa Inggris:

  • Menunjukkan Banyaknya Sesuatu

Penggunaan kata much yang pertama adalah untuk menunjukkan kuantitas atau banyaknya sesuatu. Sesuatu yang ditunjukkan ini adalah kata benda yang tidak dapat dihitung, yang dikenal juga dengan sebutan uncountable noun. Misalnya seperti pada contoh berikut:

    • My mother always put much sugar in her dish. (Ibuku selalu membubuhkan banyak gula di masakannya)
    • How much money do you have in your pocket now? (Berapa banyak uang yang kamu punya di dompet sekarang?)

Kata much pada penggunaan ini tidak selalu harus diikuti dengan noun atau kata benda. Much dapat digunakan untuk menunjukkan besarnya atau tingkatan sesuatu tanpa diikuti noun. Misalnya seperti pada contoh berikut:

    • I’ve got much sleep last night, so I’m feeling refreshed now. (Aku tidur lama semalam, jadi sekarang aku merasa segar)
    • I really have much to do, so I can’t hang out with you. (Aku beneran lagi banyak kerjaan, jadi nggak bisa main sama kamu)
  • Menunjukkan Sesuatu yang Berlebihan

Penggunaan kata much yang selanjutnya adalah untuk menunjukkan hal yang berlebihan. Bisa jadi hal tersebut terlalu ekstrim, berat, atau sulit untuk diterima. Kata much dalam konteks ini yang digunakan biasanya bit much (agak berlebihan) atau too much (terlalu berlebihan).

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh-contoh berikut:

    • I know that you’re really hungry, but three packs of noodle are a bit much for one meal, right? (Aku tahu kamu lapar banget, tapi tiga bungkus mie sekali makan agak berlebihan, kan?)
    • Our workload is too much to handle, and I think we need to report this to the management. (Beban kerja kita terlalu banyak untuk dikerjakan, dan aku rasa kita perlu melaporkan ini ke pihak manajemen)
  • Menunjukkan Sesuatu yang Berkualitas

Kata much dapat digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang bagus atau memiliki kualitas bagus. Bisa juga digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang indah atau rupawan.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • This village may look like an isolated place, but you must know that there’s much to enjoy (Desa ini mungkin kelihatannya seperti tempat terpencil, tapi kamu harus tahu kalau banyak yang bisa dinikmati disini)
    • He’s maybe not much to look at, but he’s really a good guy. (Dia mungkin nggak ganteng, tapi dia benar-benar cowok yang baik)

More

Kata more secara umum dapat diartikan dengan sesuatu yang lebih, seperti lebih banyak atau lebih besar. Namun sama seperti kata much, kata more juga memiliki berbagai penggunaan yang bisa disesuaikan dengan konteks yang dibutuhkan.

Berikut beberapa penggunaan kata more dalam Bahasa Inggris:

  • Menunjukkan Perbandingan

Penggunaan kata more yang pertama adalah untuk menunjukkan perbandingan atau dikenal juga dengan sebutan comparative. Biasanya more untuk perbandingan diikuti dengan kata than untuk membandingkan dua hal. Seperti yang dapat dilihat pada contoh berikut:

    • We should try to learn more than we did yesterday. (Kita harus berusaha belajar lebih banyak dari kemarin)
    • I think this mountain is more difficult than the one we climbed last year. (Aku rasa gunung ini lebih sulit dibanding yang kita daki tahun lalu)

Namun kata more tidak selalu dipasangkan dengan than dalam menunjukkan perbandingan. Kita bisa juga menggunakan kata more saja saat membandingkan hal-hal. Seperti pada contoh berikut:

    • Why you get rid the old sofa? I’m more comfortable with it, though. (Kenapa kamu buang sofa yang lama? Padahal aku lebih nyaman di sofa yang itu)
    • I’m a night owl, I can concentrate more in the night and do a better job. (Aku adalah orang malam, aku lebih bisa berkonsentrasi di malam hari dan melakukan pekerjaan lebih baik)
  • Menunjukkan Jumlah Lebih Banyak

Kata more dapat juga digunakan untuk menunjukkan jumlah yang lebih banyak. Untuk penggunaan ini, kata more dapat diterapkan baik pada countable noun (kata benda yang bisa dihitung) maupun uncountable noun (kata benda yang tidak bisa dihitung).

Misalnya seperti yang dapat dilihat pada contoh-contoh berikut:

    • I need more time to finish this work perfectly. (Aku butuh waktu lebih untuk menyelesaikan pekerjaan ini dengan sempurna)
    • There are more students who come late this morning. (Ada lebih banyak murid yang datang terlambat pagi ini)
  • Menunjukkan Jumlah Tambahan

Penggunaan kata more yang terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah untuk menunjukkan jumlah tambahan. Misalnya seperti dapat dilihat pada contoh berikut:

    • I think we need one more person to help finish this work. (Aku rasa kita butuh satu orang lagi untuk membantu menyelesaikan pekerjaan ini)
    • Two more bowls, please. (Tambah dua mangkuk lagi, ya)

Demikianlah pembahasan mengenai penggunaan kata much dan more dalam Bahasa Inggris. Pastikan untuk memahaminya dengan benar agar dapat menggunakan kedua kata tersebut secara tepat. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Grammar-Pronoun: Apa itu Relative Pronoun?
Kata, Kalimat, atau Ungkapan yang Mengekspresikan Terima Kasih dan Rasa Syukur
Penggunaan ‘Alone’ vs ‘Itself’
Verb Mood: Indicative, Imperative, Subjunctive, dan Infinitive
Contoh Kata-kata MC dalam Bahasa Inggris
Grammar-Noun: Common Noun vs Proper Noun
Penggunaan “Gonna” dan “Wanna”
Grammar-Noun: Apa itu Common Noun?
Penggunaan Kata “Also”
Membuat Kalimat Tanya dengan Menggunakan Why, Who, Whom, dan How