sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan “There Is” dan “There Are”

Dalam kalimat Bahasa Inggris kita sering menemukan kata there is dan there are. There is dan there are berarti ada, yang maknanya akan lengkap dengan diikuti oleh noun atau kata benda. Perbedaan kedua kata ini adalah to be yang mengikuti there, yaitu is dan are.

Dari kedua to be tersebut, sudah dapat dilihat bahwa is merupakan to be untuk kata tunggal dan are adalah to be untuk kata jamak. Inilah yang kemudian menjadi pembeda besar untuk there is dan there are. Dimana there is adalah bentuk tunggal dan there are adalah bentuk jamak.

Yang menentukan penggunaan dari kedua kata itu adalah noun yang mengikutinya, apakah noun tersebut bersifat tunggal atau jamak. Jika noun bersifat tunggal, maka yang digunakan adalah there is. Dan jika noun bersifat jamak, maka yang digunakan adalah there are.

Untuk lebih jelasnya mengenai there is dan there are, berikut beberapa penggunaannya dalam kaidah Bahasa Inggris yang baik dan benar.

There Is

There is memiliki tiga penggunaan, yaitu:

  1. Singular noun

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, there is digunakan untuk noun yang bersifat tunggal atau singular. Kata there is dapat digunakan baik pada kalimat positif, kalimat negatif, maupun kalimat introgatif.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • I see there is a person standing alone in the middle of street. (Aku lihat ada seseorang berdiri sendirian di tengah jalan)
    • It’s raining so hard and there is not even a single person (Hujan deras sekali dan tidak ada satu orang pun di luar)
    • Is there an educational book in your room? I doubt it, honestly. (Apa ada buku pendidikan di kamar kamu? Aku sih ragu, sebenarnya)
  1. Uncountable noun

Selain itu, there is juga digunakan untuk uncountable noun atau kata yang tidak bisa dihitung. Jadi ketika kita hendak menulis kalimat dengan uncountable noun di dalamnya, kita menggunakan there is di bagian awal. Bukan menggunakan there are.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • My mother said there is milk in the fridge and I must finish it up. (Ibuku bilang ada susu di kulkas dan aku harus menghabiskannya)
    • I don’t understand why there is sugar in the kitchen even though our family doesn’t like sweet. (Aku nggak ngerti kenapa ada gula di dapur meskipun keluarga kami nggak suka manis)
    • Anyone can see there is love between the two of them, but they deny it so hard. (Siapapun bisa lihat ada cinta diantara dua orang itu, tapi mereka sangat menyangkalnya)
  1. Series of items

There is juga digunakan untuk rangkaian kata yang bersifat tunggal, meskipun ada beberapa kata dalam satu kalimat. Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • There is a book, a pen, and a bag on my desk. (Ada sebuah buku, sebuah puplen, dan sebuah tas diatas mejaku)
    • This is a big apartment; there is a living room, a bedroom, a kitchen, and even a reading room inside. (Ini apartemen yang besar; ada ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan bahkan ruang baca di dalamnya)
    • My family tree is simple; there is a father, a mother, and me as a child. (Silsilah keluargaku simpel; ada seorang ayah, seorang ibu, dan aku sebagai seorang anak)

There Are

There are memiliki tiga penggunaan, yaitu:

  1. Plural noun

Kebalikan dari there is, there are digunakan untuk noun yang bersifat jamak atau plural. Namun sama halnya dengan there is, there are dapat diterapkan pada berbagai jenis kalimat. Mulai dari kalimat positif, kalimat negatif, sampai kalimat introgatif.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • I try to survive because there are many opportunities to get even though it’s really hard. (Aku mencoba bertahan karena ada banyak kesempatan untuk didapat meskipun ini sangat sulit)
    • It’s late at night, so there are not many people in the town. (Ini sudah larut malam, jadi tidak ada banyak orang di kota)
    • Are there textbooks in the new stationary shop? (Apa ada buku-buku pelajaran di toko alat tulis baru itu?)
  1. A lot of

There are juga digunakan pada noun yang menggunakan a lot of, yang berarti banyak dan tentunya ini bersifat plural. Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • Even though it’s raining, there are a lot of people passing by on the road. (Meskipun sedang hujan, ada banyak orang yang berlalu lalang di jalan)
    • There are a lot of cars in the parking lot, so I can’t park my car here. (Ada banyak mobil di parkiran, jadi aku nggak bisa parkir mobilku disini)
    • The sky is really clear tonight so I can see there are a lot of stars (Langit cerah sekali malam ini jadi aku bisa lihat banyak bintang diatas sana)
  1. How many

There are digunakan juga saat kita akan membuat kalimat tanya dengan kata how many. Pastikan juga untuk menggunakan plural noun dalam kalimat tanya tersebut. Misalnya seperti pada contoh berikut:

    • How many questions are there on the last Mathematics exam? (Ada berapa pertanyaan pada ujian Matematika terakhir?)
    • How many people are there in your class? (Ada berapa orang di kelas kamu?)

Demikianlah pembahasan tentang penggunaan there is dan there are dalam Bahasa Inggris. Pastikan untuk memahami masing-masing penggunaannya dengan baik agar dapat menerapkan secara tepat. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Penggunaan Kata Just & Only
Penggunaan Kata “At”
Penggunaan Kata “Even”
Contoh Penggunaan Kata Go dan Goes
Penggunaan i.e vs e.g
Penggunaan ‘at’, ‘in’, ‘on’
Salutation dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Penggunaan, dan Contohnya
Perbedaan “Insight” dan “In Sight” Serta Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris
Penggunaan Do, Does, dan Did Beserta Contohnya
Perbedaan Penggunaan Other dan Another dalam Bahasa Inggris