sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan “Whom” vs “Whose “

Ketika belajar Bahasa Inggris maka banyak sekali hal yang harus kita perhatikan, anda pasti seringkali menemukan kata ganti ketika belajar bahasa Inggris bukan? Biasanya kata ganti di dalam Bahasa Inggris ini disebut sebagai pronoun.

Pronoun sendiri terdiri dari beberapa jenis yang harus anda ketahui sebelum anda belajar yaitu ada subject pronoun, reflexive pronoun, relative pronoun, dan object pronoun, dan ada yang lainnya. Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda semua untuk belajar mengenai relative pronoun.

Kali ini kami akan mengajak anda untuk memahami bagaiman penggunaan whom dan whose yang benar. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

Pengertian Relative Pronoun

Sebelum membahas mengenai penggunaan who dan juga penggunaan whose, maka pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda semua untuk tahu dulu apa itu relative pronoun. Jadi relative pronoun merupakan pronoun yang berfungsi untuk menghubungkan dua kalimat yaitu untuk menerangkan kata benda atau noun.

Kata benda atau noun yang dimaksud disini adalah manusia, hewan, ataupun benda. Sedangkan untuk relative pronoun dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Who
  • Whom
  • Which
  • Whose
  • That

Pada kesempatan kali ini kami tidak membahas semuanya, namun akan membahas mengenai beberapa saja yaitu whom dan juga whose. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya.

Penggunaan whom

Setelah mengetahui informasi mengenai relative pronoun, maka kali ini kami akan mengajak anda lebih dulu untuk memahami bagaimana penggunaan dari whom atau yang di dalam Bahasa Indonesia sendiri memiliki arti siapa atau yang.

Jadi, whom digunakan untuk menggantikan objek manusia / orang yang bukan benda. Jika diartikan maka whom disini memiliki arti yang. Supaya lebih jelas lagi bagaimana penggunaan dari whom, maka pada kesempatan kali ini kami juga akan memberikan beberapa contoh kalimatnya:

The man gave me some information (Pria itu memberikan beberapa informasi)

Dari kalimat di atas maka bisa dijelaskan bahwa the man sebagai subject, kemudian gave memiliki keterangan sebagai verb, dan some information merupakan merupakan adjective.

I called him (Aku memanggilnya)

Dari kalimat di atas maka bisa dijelaskan bahwa I adalah subject, kemudian called adalah verb, dan him adalah object.

Kemudian him yang ada di kalimat kedua ini mengacu kepada the man yang ada di kalimat pertama dan merupakan object atau objek untuk itu. Sehingga realive pronoun yang digunakan untuk kalimat ini adalah whom. Jika kedua kalimat di atas digabungkan maka akan menjadi seperti ini:

The man I called gave me some information (Pria yang aku telepon memberikanku beberapa informasi)

Contoh penggunaan whom

Jika tadi kita sudah tahu bagaimana penggunaan whom, maka pada kesempatan kali ini kami juga akan memberikan informasi mengenai contoh dari penggunaan whom. Berikut adalah beberapa contoh kalimat whom beserta dengan terjemahannya:

  • The woman whom I met was friendly (Wanita yang aku temui ramah)
  • The man whom we visited gave us a light snack (Pria yang kami kunjungi memberi kami makanan ringan)
  • The children whom we watched in the park were feeding bird (Anak-anak yang kami awasi di taman sedang memberi makan burung)

Penggunaan whose

Setelah tadi kita tahu bagaimana cara menggunakan whom yang memiliki arti ‘yang’ Sekarang ini kami akan mengajak anda juga untuk tahu bagaimana penggunaan dari whose karena masih banyak sekali orang yang salah meggunakan dan tidak paham mengenai whose atau whom. Jadi, whose ini digunakan untuk menggaantikan kata ganti kepunyaan atau possesive pronoun.

Untuk membuat lebih mudah anda memahaminya, whose ini tidak bisa diartikan jika tidak membahas seluruh kalimat. Jadi whose ini digunakan untuk menanyakan maupun untuk menyebutkan kepemilikan. Jadi ketika orang menggunakan whose maka artinya ia ingin mengetahui siapa pemilik dari benda yang ditanyakannya. Jadi apakah anda sudah tahu mengenai whose?

Whose tidak hanya bisa digunakan di awal kalimat, namun juga digunakan di tengah kalimat. Lalu perbedaan itu apakah memberikan perbedaan arti? Jawabannya adalah tidak. Peletakan whose di tengah kalimat juga tetap berfungsi untuk menjelaskan kepemilikan seseorang. Supaya anda lebih memahami penggunaan dari whose maka kami akan memberikan informasi contohnya di bawah ini ya.

Contoh penggunaan whose

  • The woman whose phone was stolen called the police (Wanita yang ponselnya dicuri menelpon polisi)
  • I know a boy whose brother is a singer (Aku tau laki-laki yang kakaknya adalah penyanyi)
  • Putri is married to a man whose father is the mall owner (Putri menikah dengan pria yang ayahnya adalah pemilik mall)
  • Whose bag is lost? (Tas siapa yang hilang?)
  • Whose jacket are you wearing? (Jaket siapa yang kamu pakai?)
  • Eric is the person whose bag is lost (Eric adalah orang yang tasnya hilang)
  • Amel is the girl whose hair is blonde (Amel adalah gadis yang berambut pirang)

Itu tadi beberapa cotoh mengenai penggunaan whom dan juga whose yang harus anda ketahui. Semoga artikel yang kami berikan kali ini mengenai penggunaan whom dan whose ini serta contoh-contoh yang sudah kami berikan bisa berguna dan juga bermanfaat bagi anda yang mungkin belum memahaminya. Jika merasa berguna maka anda bisa share artikel ini ke teman-teman yang sedang belajar bahasa Inggris juga ya!

 

Perbedaan ‘Passed’ vs ‘Past’
Makna dan Penggunaan Kata “Even Though” Dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Many vs Much
Penggunaan “Yet” vs “Already”
Perbedaan Maybe vs Perhaps
Penggunaan Kata Should
Perbedaan Attain vs Obtain
Contoh Penggunaan Get & Got
Penggunaan ‘Those’
Penggunaan Kata Just & Only