sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penjelasan Mengenai Penggunaan “How About” dalam Bahasa Inggris

Bertanya dan menjawab merupakan sebuah aktivitas yang setiap saatnya terjadi dalam kehidupan kita. Banyak yang dapat ditanyakan, baik itu tentang kegiatan yang biasa menjadi rutinitas atau pendapat akan sesuatu yang sedang marak diperbincangkan di masyarakat.

Bahasa Indonesia memiliki banyak variasi yang dapat dipergunakan jika kita ingin menanyakan tentang sesuatu kepada seseorang. Karena demikian banyaknya pilihan dan variasi yang tersedia, proses bertanya dan mendapatkan jawaban tentu akan jadi jauh lebih mudah. Namun, bagaimana dengan Bahasa Inggris, yang masih banyak dipelajari di banyak negara sebagai bahasa internasional seperti di Indonesia?

Dalam Bahasa Inggris, kita mengenal adanya pertanyaan 5W + 1H: (who (siapa), what (apa), when (kapan), where (dimana), why (mengapa) + how (bagaimana)). Kita juga tahu adanya closed questions (pertanyaan-pertanyaan tertutup) dengan jawaban yes (ya) dan no (tidak).

Kali ini, jenis pertanyaan yang kita akan bahas dalam artikel ini adalah pertanyaan yang menggunakan how about (bagaimana jika…). Kapan saja dan dalam situasi seperti apakah kita dapat menggunakan pertanyaan seperti ini?

Pertama-tama, yang harus kita ketahui adalah “how about” sendiri digunakan dalam situasi yang tidak formal. Dengan kata lain, pertanyaan ini dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari di dalam lingkaran pertemanan atau keluarga (di sini dapat merujuk kepada saudara kita) kita. Penggunaannya pun hanya pada saat kita saling mengobrol dengan orang lain dan tidak digunakan dalam penulisan Bahasa Inggris.

Kalau sudah memahami ciri utama dari kalimat tanya “how about”, mari kita langsung masuk ke waktu penggunaan kalimat ini dan contoh-contohnya.

  1. How about” yang digunakan untuk memberikan sugesti/saran (“how about” that used to make a suggestion/advice)

Fungsi pertama dari penggunaan “how about” dalam struktur kalimat Bahasa Inggris adalah untuk memberikan suatu saran atau sugesti dari kita kepada seseorang, atau sebaliknya. Ketika membuat kalimat dengan memasukkan “how about”, kalimat tanya ini akan diikuti dengan nouns (kata benda), pronouns (kata ganti untuk orang), atau –ing verbs (kata kerja yang memiliki akhiran –ing).

Contoh 1:

    • How about we clean the entire house and also the backyard? (bagaimana kalau kita membersihkan seluruh rumah dan juga halaman belakang?)
    • How about going to a Japanese restaurant and eat a bowl of delicious ramen? (bagaimana kalau kita pergi ke restoran Jepang dan memakan semangkuk ramen yang lezat?)

Mari kita lihat lebih lanjut ketika kalimat tanya ini kita gunakan dalam kalimat percakapan sehari-hari.

Contoh 2:

Serena: Have you heard? Mom said that we will be visiting Grandma and Grandpa on Saturday. Weekends are ‘family time only’ and since Mom and Dad miss them so much, they will take us to their house.

Willa: Aww, that sounds nice, I miss them, too! By the way, it would be awesome if we prepare our own gifts for both Grandpa and Grandma.

Serena: Hmmm… your idea sounds interesting! Ah, I know! How about we go to my friend’s craft store tomorrow afternoon and buy them painting and also knitting supplies? You know they love those art-related activities.

Willa: Serena, you are a genius! That idea sounds so awesome. I’m totally in with your idea!

(Serena: Sudah dengar, belum? Ibu bilang bahwa kita akan mengunjungi Nenek dan Kakek pada hari Sabtu. Akhir pekan adalah ‘waktu hanya untuk keluarga’ dan karena Ibu dan Ayah sangat merindukan mereka, Ayah dan Ibu akan membawa kita serta.

Willa: Aww, kedengarannya bagus, aku juga rindu mereka! Omong-omong, akan sangat bagus jika menyiapkan hadiah dari kita masing-masing untuk Kakek dan Nenek.

Serena: Hmmm… idemu itu terdengar menarik! Ah, aku tahu! Bagaimana kalau kita pergi ke toko kerajinan milik temanku besok siang dan membelikan mereka peralatan melukis dan merajut? Kau juga tahu bahwa mereka menyukai aktivitas yang berhubungan dengan seni.

Willa: Serena, kau jenius! Ide itu terdengar sangat luar biasa. Aku ikuti idemu!)

  1. How about” yang digunakan untuk bertanya balik kepada seseorang (“How about” that is used to ask someone back)

Fungsi dari kata tanya “how about” yang kedua adalah untuk bertanya balik atau mennyakan informasi kepada seseorang saat sedang mengobrol tentang suatu topik.

Contoh:

    • I want to go to the cosmetic store to buy some lip balms. How about you, are you coming with me? (aku mau pergi ke toko kosmetik untuk membeli beberapa pelembab bibir. Bagaimana denganmu, apa kau mau ikut denganku?)
    • I graduated from Brawijaya University 3.5 years ago. How about you, Yoga? Which university did you go to? (aku lulus dari Universitas Brawijaya 3.5 tahun yang lalu. Bagaimana denganmu, Yoga? Kau dulu kuliah di universitas mana?)

Mari kita lihat penggunaannya lebih lanjut dalam bentuk percakapan di bawah ini:

Vivin: I’m going to buy a garlic bread. How about you, do you want some, as well?

Rania: Yes, I do love some garlic breads. Oh, and can you help me buying a mineral water, please? I recently try to avoid drinks that contain soda. Those drinks are poisonous for my stomach.

Vivin: Sure, I will buy you a bottle. You do have to drinks lots of water, given that you are now suffered from an acute stomach ulcer. You lied on the hospital bed last month was freaking me out.

(Vivin: Aku akan pergi membeli roti bawang. Bagaimana dengan kau, apa kau juga mau?

Rania: Ya, aku suka sekali roti bawang. Oh, dan bisakah kau membelikanku air mineral, tolong? Belakangan ini aku mencoba menghindari minuman-minuman yang mengandung soda. Minuman seperti itu beracun untuk perutku.

Vivin: Tentu, aku akan membelikanmu sebotol. Kau itu memang harus banyak minum air, karena kau punya penyakit maag akut sekarang. Kau yang terbaring di ranjang rumah sakit sebulan yang lalu membuatku ngeri.)

Itulah dia penjelasan mengenai kapan sajakah kita dapat menggunakan “how about” dan contoh-contohnya dalam kalimat serta percakapan dengan menggunakan Bahasa Inggris. semoga artikel ini dapat membantu proses belajar Bahasa Inggris teman-teman.

 

Penggunaan ‘Or’ vs ‘Nor’
Contoh Penggunaan These
Penggunaan Kata ‘Thought’
Penggunaan Kata “Themselves”
Penggunaan Kata ‘Etc.’
Penggunaan Myself vs Yourself
Penggunaan ‘How’
Kosakata tentang Natal serta Penggunaannya dalam Bahasa Inggris
Contoh Cause Effect & Penjelasannya – Part 2
Penggunaan “Humiliating”, “Embarrassing”, dan “Ashamed”