sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penulisan Alamat Dalam Bahasa Inggris

Kebutuhan untuk menuliskan alamat biasanya terjadi saat proses surat-menyurat. Namun saat ini kebiasaan surat-menyurat semakin tergerus dengan berkembangnya teknologi yang semakin mempermudah pertukaran informasi. Walaupun perkembangan teknologi ini nyatanya tidak menghentikan hal surat-menyurat utamanya dalam urusan yang sifatnya formal seperti urusan bisnis.

Menuliskan alamat juga terus dilakukan saat ini apalagi dengan berkembang pesatnya jual beli secara daring. Namun berbeda dengan penulisan alamat pada surat-menyurat yang biasanya memiliki format tertentu, pada jual beli daring orang-orang lebih bebas menuliskan alamat mereka sesuai kebutuhan masing-masing.

Pastikan alamat yang Anda tulis memuat hal-hal yang penting dan dapat mempermudah pihak pengantar surat atau paket menemukan alamat yang dituju. Anda dapat menuliskan hal-hal di luar alamat seperti penunjuk lokasi misalnya letak bangunan, warna bangunan, atau sesuatu yang menjadi pembeda di sekitar bangunan yang dituju.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam penulisan alamat yakni peletakan alamat penerima dan pengirim surat. Seperti halnya jika menulis alamat dalam bahasa Indonesia, alamat pengirim dan penerima sama-sama diletakkan di halaman yang sama yakni halaman depan amplop surat. Alamat pengirim surat diletakkan di bagian kiri atas amplop sementara alamat penerima surat diletakkan di bagian tengah amplop.

Terlepas dari hal-hal tersebut di atas, kali ini kita akan fokus pada penulisan alamat yang lazim digunakan dalam bahasa Inggris. Hal ini berarti akan ada perbedaan yang cukup mendasar dengan penulisan alamat versi bahasa Indonesia.

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PENULISAN ALAMAT

Langkah-langkah penulisan alamat:

  1. Tuliskan nama penerima

Hal pertama yang perlu Anda tuliskan adalah nama penerima. Penulisan nama ini bergantung pada cara Anda menyebut nama mereka atau nama organisasi yang dituju. Anda juga dapat menambahkan gelar pada nama mereka jika dibutuhkan. Walaupun biasanya untuk keluarga atau orang-orang yang dekat dengan Anda tidak terlalu memerlukannya.

Contoh :

    • Andi (menyingkat nama yang awalnya Muhammad Andi menjadi M. Andi)
    • Muhammad Andi (menuliskan nama lengkap penerima jika perlu)
    • Muhammad Andi (menambahkan gelar pada awal nama)
    • Muhammad Andi (menambahkan gelar pada awal nama)
  1. Tuliskan care of atau courtesy of

Setelah menuliskan nama, di baris berikutnya Anda dapat menuliskan care of atau courtesy of yang dapat diartikan “dengan alamat”. Penulisan keduanya adalah opsional. Anda dapat menuliskannya jika Anda mengetahui bahwa penerima surat sedang berada di alamat tertentu dan bukannya di alamat tetap penerima surat. Care of atau courtesy of disingkat c/o.

Contoh :

    • Andi
      c/o Willy Andi
    • Andi
      c/o Hotel Bunga

(Ini berarti M. Andi sebagai penerima surat sedang berada di alamat Willy Andi pada contoh pertama dan pada contoh kedua berarti M. Andi sedang berada di Hotel Bunga)

  1. Tuliskan nama jalan atau kode pos

Pada baris berikutnya Anda dapat menuliskan nama jalan. Pastikan nama jalannya lengkap. Jika ada penunjuk arah yang Anda tahu maka sebaiknya dituliskan. Jangan lupa nomor bangunan. Anda dapat menggunakan beberapa singkatan umum untuk alamat seperti BLVD (boulevard), CTR (center), CT (court), APT (apartment), ST (street), PKWY (parkway), RD (road), dan lain-lain . Singkatan ini membantu jika alamat yang dimaksud cukup panjang. Tapi pastikan singkatannya umum dan diketahui khalayak umum.

Jika Anda mengirim surat ke PO BOX, maka cukup menuliskan kode pos yang dituju tanpa perlu alamat kantor pos tersebut.

Contoh :

    • Andi
      Bunga Rampai Barat Street, #52
    • Andi
      PO BOX 10255

(Ini berarti penerima surat beralamatkan di jalan bunga rampai barat nomor 52 pada contoh pertama dan pada contoh kedua tidak terdapat alamat tapi hanya PO BOX beserta kode posnya)

  1. Tuliskan nama kota, provinsi, dan kode pos

Setelah itu, pada baris berikutnya tuliskan nama kota, provinsi, dan kode pos. Untuk diketahui dalama penulisan alamat yang berlaku di Amerika Serikat, provinsi digantikan dengan state (negara bagian) dan penulisannya hanya terdiri dari 2 huruf yang merupakan inisial negara bagian tersebut.

Contoh :

    • Andi
      Bunga Rampai Barat Street, #52
      Jakarta Timur, DKI Jakarta, 10570
    • Andi
      507 Boulevard Avenue, #100
      Los Angeles, CA, 90091
  1. Tuliskan nama negara tujuan jika beda negara

Jika Anda mengirim ke negara berbeda maka jangan lupa untuk menuliskan negara yang dituju. Masukkan negara tujuan tersebut sebaris dengan nama kota, provinsi / negara bagian, nama negara, dan terakhir kode pos.

  1. Tuliskan attention sebelum nama penerima

Penulisan attention dalam hal ini berarti ditujukan pada orang tertentu. Jika dalam bahasa Indonesia penggunaan attention sama halnya dengan u.p. atau untuk perhatian. Attention ditulis sebelum nama penerima. Anda dapat menambahkan jabatan atau gelar profesional penerima surat jika Anda mengetahuinya.

Contoh :

Attn : Willy Andy, VP
Bunga Rampai
Bunga Rampai Barat Street, #52
Jakarta Timur, DKI Jakarta, 10570

Catatan : VP dalam hal ini adalah singkatan dari Vice President.

  1. Penggunaan tanda koma

Saat menuliskan alamat, gunakan tanda koma untuk memisahkan nama jalan, kota, provinsi atau negara bagian.

Selain ketujuh hal di atas, ada beberapa hal lainnya yang perlu Anda ketahui saat menuliskan alamat surat dan mengirimkannya :

    • Perangko surat letaknya di ujung bagian kanan atas amplop. Penggunaan perangko biasanya bergantung pada surat atau paket yang Anda kirimkan.
    • Pastikan tulisan Anda terbaca dengan jelas. Ada baiknya gunakan huruf kapital dan tinta hitam atau jika memungkinkan Anda dapat mengetik alamat menggunakan komputer dan kemudian menempelkan kertas alamat tersebut ke amplop surat.

 

Cara Menulis Esai
Membuat Surat Keterangan Kerja dalam Bahasa Inggris
Cara Mudah Menulis Cerita Pendek Berbahasa Inggris
Quotes Bahasa Inggris Mengenai Cinta
Contoh Surat Pengingat Pembayaran Jatuh Tempo dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Lamaran Bahasa Inggris untuk Pekerjaan Administrasi
Contoh Surat Pernyataan Bersalah (Mengaku Salah) dalam Bahasa Inggris
Contoh Email untuk Teman yang Sudah Pindah
Apakah yang dimaksud dengan Paradoks (Paradox)?
Frasa dalam Penulisan Ilmiah (English Phrases For Scientific Writing)