sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penutup Email dalam Bahasa Inggris

Ada beberapa ungkapan yang sering digunakan sebagai penutup email dalam Bahasa Inggris. Namun tahukah kamu kalau masing-masing ungkapan itu memiliki makna dan penggunaan yang berbeda? Menggunakan ungkapan yang kurang tepat akan membuat email kamu tidak ditutup dengan baik.

Karena itu penting untuk mengetahui apa saja ungkapan untuk menutup email kamu dengan tepat. Pembahasan kali ini akan mengulas ungkapan penutup email dalam Bahasa Inggris beserta penggunaannya. Simak sampai selesai penjelasannya, ya!

Best Regards

Kamu pasti sudah sering melihat dengan penutup email yang satu ini, bukan? Best regards (salam hormat) merupakan ungkapan penutup email yang terbilang paling aman. Ungkapan ini bisa digunakan untuk siapa saja, namun diutamakan bagi mereka yang sudah familiar dengan kamu.

Mulai dari email kepada klien bisnis, rekan kerja, sampai bos bisa menggunakan ungkapan penutup ini. Penutup ini bisa kamu gunakan untuk email yang sifatnya tidak terlalu formal, namun tidak terlalu informal juga.

Jadi best regards cocok jika kamu ingin mengirimkan email yang tidak terlalu santai tapi juga tidak ingin terlalu kaku. Kamu juga bisa menggunakan ungkapan kind regards yang memiliki arti serta penggunaan yang sama.

Contoh:

I’d like to inform you about the schedule change for next week’s agenda. There are total 10 changes in all departments.

The detail is attached below, kindly check it.

Best regards, Herman Dirgantara

(Saya bermaksud menginformasikan pergantian jadwal untuk agenda pekan depan. Ada total 10 perubahan untuk semua departemen.

Detailnya terlampir dibawah, silakan dicek.

Salam hormat, Herman Dirgantara)

All the best

Ungkapan all the best dapat diartikan dengan mendoakan semua yang terbaik untuk orang tersebut. Bisa juga diartikan dengan lebih simpel, yaitu semoga sukses. Kamu juga bisa menggunakan best wishes yang memiliki arti kurang lebih sama.

Baik all the best maupun best wishes digunakan kepada orang yang tidak terlalu dikenal, namun kamu ingin menjaga sopan santun. Kamu ingin menjaga hubungan baik tetap terjalin dengan orang tersebut meskipun tidak kenal dekat.

Contoh:

Mr. David,

It’s great to working with you over these few years. Thank you for your hard work and the good cooperation. Good luck for your future endeavour.

All the best for you.

(Bapak David,

Saya sangat senang bekerjasama dengan Anda beberapa tahun ini. Terima kasih atas kerja keras dan kerjasama baiknya. Semoga sukses untuk rencana masa depan Anda.

Saya doakan semua yang terbaik untuk Anda.)

Looking forward to

Ungkapan looking forward to secara harfiah dapat diartikan dengan “menunggu kabar selanjutnya”. Seperti artinya, ungkapan ini digunakan ketika kamu mengharapkan sesuatu terjadi dari email yang dikirim.

Misalnya ketika kamu mengajukan proposal kepada klien bisnis atau mengirimkan lamaran pekerjaan. Kamu juga bisa menggunakan ungkapan ini ketika menunggu jawaban dari orang yang dikirimkan email tersebut.

Contoh:

I’ve attached the proposal that already talked in the meeting today. Kindly review it and feel free to ask me any question.

Looking forward to the good news.

(Saya melampirkan proposal yang sudah dibahas di rapat hari ini. Silakan direview dan tanyakan saja jika ada pertanyaan.

Saya menunggu kabar baiknya.)

Thanks

Ungkapan thanks (terima kasih) digunakan ketika kamu mengirim email balasan setelah mendapat informasi dari orang tersebut. Kamu juga bisa menggunakan ungkapan ini sebagai penutup ketika menanyakan sesuatu sebagai kata terima kasih di awal.

Selain thanks, kamu juga bisa menggunakan ungkapan yang serupa seperti many thanks atau thank you. Namun perlu diingat juga kalau ungkapan ini digunakan kepada orang yang kamu sudah familiar dan dikenal dengan baik, ya.

Contoh:

Dear Hannan,

I want to ask about the finance plan report for the next quarter of our company. Can you send it as soon as possible? I really need to review it for the meeting two days after today.

Many thanks before.

Dianne.

(Hai Hannan,

Saya mau minta tolong untuk lihat laporan rencana keuangan untuk kuarter selanjutnya dari perusahaan kita. Bisa kamu kirim secepat mungkin? Saya butuh untuk review laporan itu buat rapat dua hari lagi.

Terima kasih banyak sebelumnya.

Dianne)

Yours sincerely

Ungkapan yours sincerely (dengan hormat) digunakan sebagai penutup email yang sifatnya formal. Bahkan bisa dibilang, ungkapan ini merupakan ungkapan yang sangat formal dan biasanya digunakan untuk kepentingan bisnis.

Misalnya pada email resmi perusahaan kepada para pelanggan yang dikirimkan secara serentak ke banyak penerima sekaligus. Atau email pemberitahuan resmi mengenai penagihan tunggakan biaya layanan dari perusahaan tertentu.

Selain yours sincerely, berikut beberapa ungkapan yang juga bisa digunakan untuk tujuan serupa:

  • Yours truly (hormat kami)
  • Sincerely yours (dengan hormat)
  • Yours faithfully (salam sejahtera)
  • Faithfully yours (salam sejahtera)

Lots of love

Penutup email yang satu ini sifatnya paling santai dan ditujukan untuk orang-orang terdekat. Misalnya keluarga, teman-teman, atau kekasih. Jadi sebenarnya bebas saja kamu mau menutup email tersebut dengan ungkapan-ungkapan seperti:

  • Lots of love (penuh cinta)
  • Missing you (kangen kamu)
  • Love and kisses (cinta dan cium)
  • Catch up soon (berkabar lagi ya)
  • Hugs (peluk)
  • Can’t wait to see you (nggak sabar ketemu kamu)
  • See you soon (sampai ketemu ya)

Demikian pembahasan mengenai ungkapan penutup email dalam Bahasa Inggris beserta penggunaannya. Pastikan kamu menggunakan ungkapan yang tepat untuk menutup email, ya.

Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Aturan Penggunaan Huruf Kapital dalam Bahasa Inggris
Frasa Bahasa Inggris yang Digunakan di Academic Writing
Writing Tip: Contraction Word dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Tanggal dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Sakit Dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Terima Kasih untuk Guru dalam Bahasa Inggris
Writing Tip: Tanda Tanya, Tanda Seru, Tanda Pisah, dan Tanda Kurung (Punctuation)
Pengertian dan Contoh Reported Speech
Contoh Surat untuk Guru (Dalam Rangka Hari Guru) dalam Bahasa Inggris
Contoh Private Letter untuk Orang Tua