sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan “Advice” vs “Advise”

“Advice” dan “advise” adalah dua kata dalam bahasa Inggris yang terlihat sama tetapi berbeda. Banyak English learners yang mengira bahwa kedua kata ini adalah contoh dari perbedaan ejaan kata American English (bahasa Inggris Amerika) dan British English (bahasa Inggris Britania), yang mana keduanya memiliki ejaan yang berbeda dengan arti yang sama. Akan tetapi, dugaan itu keliru karena kata “advice” dan “advise” tidak memiliki arti yang sama. Oleh karena itu, kita tidak boleh menggunakan keduanya sebagai sinonim dari satu sama lainnya.

Meskipun hanya dibedakan oleh satu huruf saja dalam ejaannya, “advice” dan “advise” memiliki fungsi yang tidak sama sehingga cara menggunakan keduanya di dalam kalimat pun berbeda. Lalu apa saja perbedaan “advice” dan “advise”? Penjelasan di bawah ini akan memberi tahu kita:

Advice

“Advice” tergolong ke dalam part of speech atau kelas kata noun (kata benda). Oleh karena itu, cara penggunaannya dalam kalimat harus mengikuti cara penggunaan noun. “Advice” di dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai “nasihat”, “anjuran”, “saran”, atau “petuah”.

“Advice” adalah mass noun atau uncountable noun (kata benda tidak bisa dihitung) sehingga “advice” tidak memiliki bentuk plural (jamak). Oleh karena itu, kita tidak boleh mengatakan “advices” atau “an advice”. Meskipun demikian, kita boleh menggunakan determiner khusus untuk uncountable noun, seperti much, some, a lot of, lots of, a bit of, a little of, an amount of, a piece of, dsb sebelum “advice”. Contoh:

  • Salah: She gave me many advices. (Dia memberi saya banyak nasihat) –> salah karena determiner “many” hanya boleh digunakan untuk kata benda yang bisa dihitung. “Advice” bentuk jamak tetaplah “advice” bukan “advices”
  • Benar: She gave me a lot of advice. (Dia memberikan saya banyak nasihat)

Contoh lain penggunaan “advice” dalam kalimat:

  • The doctor gave me some advice on how to lose my weight without affecting my health negatively. (Dokter memberikan saya beberapa anjuran tentang bagaimana menurunkan berat badan saya tanpa berdampak negatif pada kesehatan saya)
  • Do you have some advice on how to speak English fluently in a month? (Apakah kamu punya saran tentang bagaimana caranya bisa berbicara bahasa Inggris dengan fasih dalam sebulan?)
  • You should ask for legal advice from your lawyer before you take any legal action. (Kamu harus meminta saran hukum dari pengacaramu sebelum kamu melakukan tindakan hukum apapun)
  • His homeroom teacher gave him great advice on whether or not he should further his education after high school. (Wali kelas memberikannya nasihat tentang apakah ia harus melanjutkan pendidikannya setelah lulus SMA)
  • My mother’s advice really helped me a lot in deciding everything in life. (Nasihat ibu saya sangat membantu saya dalam menentukan apa saja dalam hidup)
  • They decided to follow their therapist’s advice and take a vacation. (Mereka memutuskan untuk mengikuti saran terapis mereka dan pergi liburan)
  • Chef Hanif gave advice to me that we need to only put two eggs into the dough to smoothen the cake’s texture. (Koki Hanif memberikan saya saran bahwa kita hanya perlu memasukkan dua butir telur ke dalam adonannya untuk melembutkan tekstur kue)

Advise

“Advise” termasuk ke dalam part of speech atau kelas kata verb (kata kerja) sehingga penggunaannya mengikuti cara penggunaan kata kerja lainnya dalam bahasa Inggris. Kita bisa menerjemahkan “advise” ke dalam bahasa Indonesia menjadi “menasihati”, “menganjurkan”, atau “menyarankan”.

“Advise” termasuk ke dalam regular verb (kata kerja beraturan). Bentuk past tense atau kata kerja bentuk dua (V2) dan past participle atau kata kerja bentuk tiga (V3) dari “advise” adalah “advised”. Di bawah ini adalah beberapa contoh kalimat dengan menggunakan kata “advise”:

  • My guidance counselor advised me to apply to University of Indonesia. (Pembimbing konseling saya menyarankan saya untuk mendaftar ke Universitas Indonesia)
  • I think your doctor will advise you to exercise more. (Menurut saya doktermu akan menganjurkanmu untuk lebih sering berolahraga)
  • My father advised a new job to me. (Ayah saya menyarankan pekerjaan baru untuk saya)
  • The teacher advised a new topic for the essay’s assignment to the class. (Guru menganjurkan topik baru untuk tugas esay kepada kelas)
  • They advice drinking at least eight glasses of water per day. (Mereka menyarankan untuk minum setidaknya delapan gelas air per hari)
  • We are advised not doing any legal action without telling our attorney first. (Kami dianjurkan untuk tidak melakukan tindakan hukum apapun tanpa memberi tahu pengacara kami terlebih dahulu)
  • Our accountant manager advises that we should either do pay cut or terminate some employees to save the company from the financial problem. (Manajer akuntan kami menganjurkan bahwa kita harus melakukan pemotongan gaji atau memecat beberapa karyawan untu menyelamatkan perusahaan dari masalah keuangan)
  • The maestro advised his pupils that in order to be great conductors, they must love, feel, and understand each note creating music. (Sang maestro menyarankan murid-muridnya bahwa untuk menjadi konduktor yang hebat, mereka harus mencintai, merasakan, dan mengerti setiap not yang membentuk musik)
  • My mother advised me to follow my heart when I have to decide something difficult. (Ibu saya menyarankan saya untuk mengikuti hati saya ketika saya harus memutuskan sesuatu yang sulit)

 

Perbedaan Penggunaan Either vs Neither
Perbedaan: Rise vs Raise
Memahami Perbedaan Holiday dan Vacation dalam Bahasa Inggris
Perbedaan “Economy”, “Economies”, “Economic”,  “Economically”
Perbedaan Less Vs Fewer
Perbedaan “Insight” dan “In Sight” Serta Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris
Perbedaan Grateful, Thankful, Blessed
Perbedaan Penggunaan Emigrate vs Immigrate
Perbedaan Penggunaan Do vs Be dalam Kalimat Tanya
Perbedaan Caption vs Quote