sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Among dan Between

Bagi sebagian orang kata among dan between sepertinya adalah kata yang memiliki makna yang sama. Tak jarang mereka salah dalam penggunaannya. Dua kata ini memang memiliki arti yang sama. Keduanya berarti diantara namun memiliki makna yang berbeda.

Kedua kata ini merupakan kata preposisi. Preposisi adalah kata yang berfungsi untuk menunjukkan letak. Dalam bahasa inggris juga terdapat preposisi lain selain among dan between, seperti in, beside, in front of dan lain sebagainya.

Selanjutnya dalam artikel ini kita akan membahas lebih jauh tentang perbedaan antara kata among dana between.

1. Makna

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa among dan between memeliki arti yang sama yaitu between. Namun memiliki makna yang berbeda.

  • Among memiliki arti diantara yang cenderung menunjukkan keadaan diantara banyak. Misalnya ketika kita mengatakan rumah Rina terlihat begitu indah diantara rumah orang-orang di desanya.  Kalimat ini menunjukkan bahwa Rumah tersebut berada diantara banyak rumah lainnya.

Contoh:

    • “Veer is the smartest students among his schoolmates when he is in the Junior high school” (Veer adalah siswa terpandai diantara teman sekolahnya ketika dia duduk di bangku sMP)
    • “You know we won’t know who is the culprit among the employees” (Kamu tahu kita tidak mungkin mengetahui siapa pelakunya diantara para pegawai)
    • “ This cake is popular among the students. They say that this cake is having a simple taste and cheap price that they can afford!” (Kue ini populer diantara para pelajar. Mereka bilang bahwa kue ini memiliki rasa yang sederhana dan harga yang murah yang bisa mereka jangkau!)
    • “Hello Finn, you know what is the gossips spreads about you among the intern?” (Hello Finn, kamu tahu gossip apa yang beredar tentangmu diantara para pemagang?)
  • Between juga dapat diartikan sebagai diantara. Namun Between digunakan untuk menyatakan sesuatu yang berada diantara dua pilihan atau benda. Contohnya adalah ketika kita akan mengatakan Sari duduk diantara Radit dan Ditya. Maka kalimat tersebut dalam bahasa inggris harus menggunakan preposisi between.

Contoh:

    • “You will see a big building over there! The office is between post office and “Netherland Café” (Kamu akan melihat sebuah bangunan besar di sebelah sana! Kantor itu terletak diantara kantor pos dan “café netherland”)
    • “If I’m not mistake, Sofia’s car is the one that parked between the White SUV and the red minivan over there.” (Jika tidak salah, mobil Sofia adalah mobil yang terparkir diantara mobil SUV putih dan Minivan merah disebelah sana)
    • “I’m confused. Which one should I choose between these two shoes? The black is great and the navy color is also beautiful” (Aku bingung. Mana yang harus aku pilih diantara kedua sepatu ini? Yang hitam menakjubkan dan yang berwarna navy juga cantik)
    • “You know I can’t get out of the parking area. My car is stuck between the two cars and I can’t call the owner! It’s so annoying!” (Kamu tahu bahwa aku tidak bisa keluar dari area parker. Mobilku tertahan diantara dua mobil dan aku tidak bisa menghubungi pemiliknya! Ini sangat menyebalkan!)

2. Penggunaan

Selanjutnya adalah perbedaan antara penggunaan kedua kata ini. Sebenarnya penggunaan kata among  dan between masih berhubungan dengan maknanya. Sehingga kita harus bisa mencocokkanya.

  • Among, digunakan apabila kita ingin menyatakan salah satu benda yang ada dalam suatu grup atau kelompok.

Contoh:

    • “Diva is over there among the other participants. I’m sure she will win, at least being top five of this beauty pageant” (Diva ada di sebelah sana diantara para peserta. Aku yakin dia akan menang, paling tidak menjadi lima besar dari kontes kecantikan ini!)
    • “I can’t find my bag among these bags! Could you please help me?” (Aku tidak bisa menemukan tasku diantara tas-tas ini! Bisakah kamu membantuku?)
    • “Can you see Rein? He is among the contestant. I want to give him this!” (Bisakah kamu melihat Rein Dia berada diantara para kontestan. Aku ingin memberinya ini!)
    • “Wow, it’s amazing to be here among the best businessman across the world. It feels so good to be here and sharing ideas with them” (Wow, ini benar-benar menakjubkan berada disini diantara pebisnis terbaik dari berbagai negara di dinia. Ini terasa sangat menyenangkan berada disini dan berbagi ide dengan mereka)
  • Between
    • Digunakan untuk menyampaikan suatu hal /benda yang terletak diantara dua benda/hal.

Contoh:

      • “You can find the book in the self. The book is between the dictionary and encyclopedia” (Kamu bisa menemukan buku itu di rak buku. Bukunya ada diantara kamus dan ensiklopedia)
      • “Dan you see the doll? it is between the book and the bag!” (Bisakah kamu melihat boneka itu? boneka itu terletak diantara buku dan tas!)
    • Digunakan untuk menyatakan dua hal yang berlawanan namun dalam satu konteks.

Contoh:

      • “I don’t know if she is afraid or don’t care about the thing. She just didn’t do it anymore” (Aku tidak tahu apakah dia tajut atau tidak peduli dengan hal itu. dia tidak lagi melakukannya)
      • “There are just a slight difference between brave and stupid!” (Hanya ada perbedaan tipis antara berani dan bodoh!)
    • Digunakan untuk menjelaskan tiga hal yang berbeda sekaligus dalam satu kalimat.

Contoh:

      • “Andin can’t decide between rose, jasmine and Tulip for his wedding bucket. She just love all of three flowers” (Andin tidak bisa memutuskan diantara mawar, melati dan tulip untuk buket pernikahannya. Dia memang menyukai ketiga bunga itu)
      • “I’m still thinking to decide which unit I will rent for this year. I can’t choose between the 234 unit, 456 unit, or 123 unit of the flat.” (Aku masih berpikir untuk memutuskan unit mana yang aku sewa tahun ini. Aku tidak bisa memilih diantara unit 234, unit 456 atau unit 123 dari apartemen itu.)

Demikian adalah perbedaan antara among dan between. Meskipun keduanya memiliki arti yang sama, namun memiliki makna serta kegunaannya dalam kalimat yang berbeda.

 

Quantifier: Perbedaan Many, Much dan A Lot Of
Perbedaan IELTS Academic dan General Training
Perbedaan Penggunaan Do vs Be dalam Kalimat Tanya
Apa Perbedaan TOEFL dan IELTS?
Perbedaan Preposition In vs On vs Under
Perbedaan Penggunaan Just, Already, Still, Yet
Perbedaan Penggunaan Little dan A Little dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Proverb, Idiom, dan Expression
Perbedaan Bahasa Inggris Britis (UK) dan Amerika (US)
Perbedaan Who Cares, Who’s Care, Whom Care, Whose Care