sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan antara Some dengan Any Serta Penggunaannya dalam Bahasa Inggris

Dalam Bahasa Inggris, ada beberapa kata yang memiliki arti sama secara harfiah namun makna serta penggunaannya berbeda. Salah satunya adalah kata some dan any, dua kata yang sering dijumpai dalam berbagai konteks Bahasa Inggris. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih jauh mengenai kedua kata tersebut serta perbedaan dan penggunaannya.

Memahami Kata Some dan Any

Seperti yang diulas pada bagian pembuka, kata some dan any memiliki arti yang relatif sama secara harfiah dalam Bahasa Indonesia. Beberapa arti some dan any secara harfiah adalah beberapa, sesuatu, apa saja, sedikit, dan lain sebagainya. Kedua kata ini juga sering digunakan untuk melengkapi kalimat dalam Bahasa Inggris sehingga lebih dapat menekankan atau menjelaskan mengenai sesuatu.

Karena arti secara harfiah dari kedua kata ini relatif sama, maka yang membedakannya adalah penggunaan dari kata some dan any ini. Ada beberapa penggunaan yang membedakan kata some dan any, namun perbedaan yang terbesar adalah kalimat positif dan negatif. Kata some digunakan dalam kalimat positif, sedangkan kata any digunakan dalam kalimat negatif berbahasa Inggriss.

Penggunaan Kata Some

Penggunaan kata some dalam Bahasa Inggris secara garis besar terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu:

1. Some dalam Kalimat Positif

Penggunaan kata some dalam Bahasa Inggris yang pertama adalah pada kalimat positif, sesuai yang telah diulas pada bagian sebelumnya. Hal ini menjadi ciri khas yang perlu diingat untuk penggunaan kata some, yaitu selalu digunakan dalam kalimat positif. Jadi ketika kamu menemukan kata some dalam kalimat negatif, maka dapat dipastikan bahwa penggunaan tersebut tidak tepat.

Untuk lebih jelasnya mengenai kata some dalam kalimat positif dapat dilihat pada contoh berikut:

Nia needs pen, pencil, and some other things for preparing her new semester in the school (Nia membutuhkan pulpel, pensil, dan beberapa benda lain untuk persiapan semester barunya di sekolah)

2. Some dalam Kalimat Tanya

Penggunaan kata some yang selanjutnya adalah dalam kalimat tanya, atau tepatnya kalimat yang menggunakan tanda tanya pada akhir kalimat. Yang perlu diingat mengenai penggunaan kata some dalam kalimat tanya adalah kata ini tidak digunakan untuk memberikan pertanyaan. Melainkan kata some digunakan untuk:

  • Menawarkan sesuatu atau offer, misalnya seperti dalam contoh berikut:

Rocky, would you like some jam for your toast? (Rocky, kamu mau selai untuk roti bakarmu?)

  • Meminta sesuatu atau request, misalnya seperti dalam contoh berikut:

Sara, can you give me some advices for the national exam? (Sara, kamu bisa ngasih nasihat tentang ujian nasional?)

3. Some untuk Plural Noun

Penggunaan kata some yang terakhir adalah digunakan untuk plural noun atau kata jamak dalam Bahasa Inggris. Kata some dapat digunakan untuk countable plural noun atau kata jamak yang dapat dihitung, maupun uncountable plural noun atau kata jamak yang tidak bisa dihitung. Lebih jelasnya mengenai penggunaan kata some ini dapat dilihat pada contoh-contoh berikut:

  • Countable Plural Noun:

Samuel said that he want to look for some places to visit during his trip to Europe (Samuel bilang kalau dia mau mencari beberapa tempat untuk dikunjungi selama perjalannya ke Eropa)

  • Uncountable Plural Noun:

Lana wants to buy some sugar and salt to complete her dish (Lana mau membeli gula dan garam untuk melengkapi makanannya)

Penggunaan Kata Any

Setelah memahami penggunaan kata some, selanjutnya kamu perlu untuk mengetahui juga penggunaan kata any dalam Bahasa Inggris. Sama halnya seperti kata some, penggunaan kata any juga terbagi ke dalam tiga jenis yaitu:

1. Any dalam Kalimat Negatif

Jika kata some selalu digunakan pada kalimat positif dan tidak pernah digunakan pada kalimat negatif, maka kata any adalah sebaliknya. Kata any selalu digunakan pada kalimat negatif dalam Bahasa Inggris dan tidak pernah digunakan dalam kalimat positif. Untuk lebih jelasnya, penggunaan kata any dalam kalimat negatif bisa dilihat pada contoh berikut:

I don’t think there are any lessons left for the teacher to teach us (Aku merasa tidak ada pelajaran yang tersisa untuk diajarkan oleh Pak Guru pada kita)

2. Any dalam Kalimat Tanya

Penggunaan kata any yang selanjutnya adalah pada kalimat tanya, yaitu untuk memberikan pertanyaan. Jadi kalau kamu ingin membuat kalimat pertanyaan, pastikan untuk menggunakan kata any dan bukan kata some, ya! Lebih jelasnya mengenai penggunaan kata any tersebut bisa dilihat dalam contoh berikut:

Okay Sandy, do you have any question about what I explained before? (Oke Sandy, apa kamu punya pertanyaan tentang apa yang aku jelaskan sebelumnya?)

3. Any untuk Plural Noun

Untuk penggunaan kata any yang terakhir ini pada dasarnya sama dengan penggunaan kata some, yaitu bisa digunakan untuk plural noun. Kata any juga bisa digunakan baik untuk countable plural noun maupun uncountable plural noun. Namun tentu saja, yang membedakan adalah meskipun sama-sama digunakan untuk kata jamak; kata any digunakan dalam konteks kalimat negatif dan some untuk kalimat positif.

Misalnya seperti dalam contoh berikut:

  • Countable Plural Noun:

Gerry didn’t bring any clothes or things with him when he came to my house last night (Gerry tidak membawa baju atau barang apapun dengannya saat dia datang ke rumahku tadi malam)

  • Uncountable Plural Noun:

Rere told me that she’s really broke right now, and she didn’t have any money (Rere bilang padaku kalau dia benar-benar bangkrut sekarang, dan dia tidak punya uang sepeser pun)

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan kata some dan any serta penggunaannya yang tepat dalam Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Perbedaan To dan For Bahasa Inggris
Penggunaan Yet dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya
Perbedaan Passive Voice dan Active Voice
Salutation dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Penggunaan, dan Contohnya
Perbedaan Penggunaan Kata Will dan Going To
Perbedaan Biografi dan Autobiografi dalam Bahasa Inggris
Perbedaan: Well-Off vs Better-Off vs Better Of
Penggunaan Either…Or dan Neither…Nor dalam bahasa Inggris
Perbedaan Noun dan Pronoun
Perbedaan Adjective Modifiers vs Noun Modifiers