sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan antara Still, Yet, dan Already dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris sebenarnya adalah bahasa yang cukup sederhana untuk dipelajari. Akan tetapi, terdapat beberapa kata yang memiliki kesamaan dengan kata lainnya sehingga cukup sulit untuk membedakannya. Contohnya adalah tiga adverbia yang sering menimbulkan kesulitan untuk dibedakan, yaitu still, yet, dan already.

Ketiga kata tersebut digunakan ketika suatu tindakan akan terjadi, atau diperkirakan akan terjadi, atau tidak diperkirakan akan terjadi di waktu menjelang kejadiannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan yang lebih mendalam mengenai perbedaan antara still, yet, dan already.

Still

Still digunakan untuk mengutarakan sebuah tindakan atau situasi yang telah terjadi dan masih terus berlanjut hingga saat ini karena masih belum selesai. Biasanya kosakata ini digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang terjadi lebih lama dibandingkan apa yang diperkirakan.

Sederhananya, adverbia ini digunakan untuk membicarakan sesuatu yang belum selesai meskipun diperkirakan sudah tidak terjadi lagi sekarang. Biasanya still selalu berada sebelum kata kerja ataupun kata sifat dalam sebuah kalimat. Sementara jika dalam satu kalimat terdapat dua kata kerja, maka still akan ditempatkan di antara kedua kata kerja tersebut. Akan tetapi, jika kata kerja pertamanya dalam bentuk negatif, maka still akan berada sebelum kata kerja pertama tersebut.

Berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaan still dalam sebuah kalimat bahasa Inggris beserta dengan terjemahannya:

  • You have been late for more than an hour and I am still waiting for you (Anda sudah telat lebih dari satu jam dan saya masih di sini menunggu Anda)
  • She still haven’t finished her homework for tomorrow (Dia masih belum menyelesaikan pekerjaan rumahnya untuk besok)
  • He still got all those photos with his ex-girlfriend (Dia masih memiliki semua foto bersama mantan kekasihnya)
  • Is your father still working in the library? (Apakah Ayah Anda masih bekerja di perpustakaan?)
  • My grandmother is seventy this year and she still cooks for herself (Nenek saya berumur tujuh puluh tahun tahun ini dan dia masih memasak sendiri)
  • Do you still like watching movies at the theatre? (Apakah Anda masih suka menonton film di bioskop?)
  • I still have work to do so I can’t go to the party tonight (Saya masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan jadi saya tidak bisa datang ke pesta malam ini)
  • My daughter is still asleep, please don’t talk too loud (Anak saya masih tidur, tolong jangan berbicara terlalu keras)
  • I am still eating the pizza that I ordered half an hour ago (Saya masih memakan pizza yang telah saya pesan setengah jam yang lalu)
  • I still like him even if he doesn’t like me back (Saya masih menyukainya bahkan jika dia tidak menyukai saya)
  • Elijah still hasn’t quit smoking since high school (Elijah masih belum berhenti merokok dejak SMA)

Yet

Yet digunakan untuk tindakan yang diperkirakan akan terjadi di masa depan. Adverbia ini tidak digunakan untuk masa lampau. Bisa juga digunakan untuk menanyakan apakah hal yang diperkiran sudah terjadi atau belum dan biasanya ditaruh pada akhir kalimat negatif atau pertanyaan.

Terkadang yet digunakan dalam kalimat yang afirmatif, artinya dalam kalimat tersebut maka maknanya akan mirip dengan penggunaan still. Akan tetapi penggunaan dengan cara ini tidak terlalu umum dan dianggap lebih formal.

Berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaan yet dalam bahasa Inggris beserta dengan terjemahannya:

  • Are you ready to go yet? (Apakah Anda sudah siap untuk pergi?)
  • I haven’t told him about that yet, I’m still looking for the right time (Saya masih belum memberitahu hal itu kepadanya, saya masih mencari waktu yang tepat)
  • She can’t go home yet because she is working late (Dia masih belum bisa pulang karena dia kerja lembur)
  • I have yet to understand the subject of philosophy but I will continue to study harder (Saya masih belum mengerti subjek tentang filsafat namun saya akan terus belajar lebih giat lagi)
  • He doesn’t like to swim yet because he is still afraid of drowning. (Dia masih belum suka berenang karena dia masih takut akan tenggelam)
  • I have not seen that movie yet but I would like to watch it (Saya belum menonton film itu namun saya ingin menontonnya)

Already

Already digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang telah terjadi atau mungkin telah terjadi sebelum dibicarakan. Terkadang adverbia ini dapat menunjukkan bahwa sang pembicara merasa terkejut atau bahwa suatu hal yang telah terjadi itu tidak diperkirakan.

Adverbia ini juga digunakan untuk menunjukkan tindakan yang telah terjadi lebih cepat daripada yang diperkirakan. Kata ini digunakan dalam kalimat afirmatif baik pada saat ini atau masa lampau, namun tidak pernah untuk masa depan. Penempatan kata ini biasanya berada setelah subjek dan sebelum kata kerja.

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan already dalam kalimat bahasa Inggris beserta dengan terjemahannya:

  • I already send the email that you asked me for. (Saya sudah mengirimkan surel yang Anda minta untuk saya kirimkan)
  • I could already smell the chicken broth from the living room. (Saya sudah bisa mencium wangi kaldu ayamnya dari ruang tamu)
  • He already seen that film 10 times before (Dia sudah menonton film tersebut 10 kali sebelumnya)
  • Is my sister already here? (Apakah saudari saya sudah ada di sini?)
  • Have you already tried to turn it off and turn it on again? (Apakah Anda sudah mencoba untuk mematikannya lalu menyalakannya kembali?)
  • She usually already arrives at this time of day (Dia biasanya sudah tiba jam segini)

Itulah dia penjelasan mengenai perbedaan antara still, yet, dan already dalam bahasa Inggris. Semoga penjelasan kali ini dapat membuat Anda mengerti dengan mudah dalam menggunakan ketiga adverbia tersebut untuk sehari-hari. Jangan lupa untuk selalu berlatih menggunakannya setiap hari agar semakin mahir dalam berbahasa Inggris.

 

Perbedaan Fraud, Abuse, dan Cheating
Perbedaan I Too, I Also, Me Too, dan Me Also
Perbedaan Somehow Vs Anyhow Vs Somewhat Vs Somewhere
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Perbedaan Penggunaan Do vs Be dalam Kalimat Tanya
Perbedaan antara TOEFL IBT dan PBT
Perbedaan Penggunaan Early, Fast, Soon, Quickly, Rapidly dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Necessity, Expectation, dan Obligation
Apa Perbedaan TOEFL dan IELTS?
Perbedaan Wake, Waken, dan Awake