sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Assure vs Ensure

Dalam bahasa Indonesia, kata assume dan ensure memiliki makna yang sama yakni memastikan. Namun penggunaannya dalam kalimat berbahasa Inggris, keduanya tidak bisa disamakan. Terkadang hal ini pun membuat native speaker juga merasa kebingungan untuk menempatkan keduanya.

Seperti apa perbedaannya dan penggunaannya dalam sebuah kalimat? Agar lebih jelas, simak terus ulasan singkat berikut selengkapnya.

Beda antara assure dan ensure

Kata kerja assure digunakan ketika seseorang ingin menjanjikan sesuatu hal pada seseorang, sehingga mereka tidak ragu atau cemas dengan janji tersebut. Sementara ensure, digunakan untuk memastikan bahwa sesuatu tidak atau akan terjadi.

Simak beberapa contoh kalimat berikut.

  • He assured me that he will be there at the party location on time to ensure that all the arrangements are proper. (Dia meyakinkan saya bahwa dia akan berada di sana di lokasi pesta tepat waktu untuk memastikan bahwa semua pengaturannya tepat.)
  • The company required some hardworking and talented employees who assure effectiveness in operations, to ensure its success. (Perusahaan membutuhkan beberapa karyawan pekerja keras dan berbakat yang menjamin efektivitas dalam operasi, untuk memastikan)

Di contoh kalimat pertama, kata ‘assure’ digunakan untuk mengurangi ketegangan, sementara ‘ensure‘ untuk memberikan kepastian tentang sesuatu. Sementara di contoh berikutnya, ‘assure’ digunakan untuk mengartikan komitmen, sementara ‘ensure digunakan ‘untuk memastikan’ sesuatu.

Definisi Assure

Kata kerja assure memiiki makna membuat janji kepada orang lain dan mengatakan sesuatu dengan penuh percaya diri. Kata ini dibuat untuk meyakinkan orang lain agar tidak cemas atau  khawatir lagi.

Selain itu, kata kerja ini juga digunakan untuk memberikan sejumlah informasi secara positif saat ingin meyakinkan seseorang.  Coba perhatikan contoh kalimat berikut ini.

  • Gerry assured the client that the project would be completed the next day. (Gerry meyakinkan klien bahwa proyek tersebut akan selesai esok hari.)
  • I assure you that you will pass the examination. (Saya yakinkan kamu bakal lulus ujian.)
  • If you assure me police protection, then I will give my statement at the court about the crime. (Jika kamu meyakinkan saya dengan perlindungan polisi, maka saya akan memberikan pernyataan di pengadilan tentang tindak kriminal tersebut.)
  • Ruby assured Maya that she will come to the party. (Ruby meyakinkan Maya bahwa dia akan datang ke pesta.)

Definisi Ensure

Untuk meng-ensure (memastikan) sesuatu, umumnya seseorang harus memberikan jaminan bahwa sesuatu hal tersebut benar-benar terjadi atau tidak. Hak ini dilakukan hanya untuk memastikan sesuatu hal yang diucapkan benar-benar akan terjadi.

Perhatikan contoh kalimat berikut untuk memahami penggunaan ensure di dalam sebuah kalimat.

  • A new rule has been implemented in the company to ensure that all the employees arrive on time. (Aturan baru telah diterapkan di perusahaan untuk memastikan bahwa semua karyawan datang tepat waktu.)
  • If the deal is cracked, it will ensure the success of the company. (Jika kesepakatan itu retak, itu akan memastikan kesuksesan perusahaan.)
  • The Government is taking the necessary steps to ensure the safety of women. (Pemerintah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan keamanan perempuan.)
  • The judge considered all the aspects of the case, to ensure just and fair decision. (Hakim mempertimbangkan semua aspek kasus, untuk memastikan keputusan yang adil dan adil.)
  • The objective of teaching is to ensure better learning and understanding ability in the students. (Tujuan pengajaran adalah untuk memastikan kemampuan belajar dan pemahaman yang lebih baik pada siswa.)

Perbedaan mendasar antara Assure dam Ensure

Ada beberapa hal yang membuat assure dan ensure terlihat berbeda secara mendasar. Berikut beberapa perbedaan pada kedua kata yang terlihat mirip dan memiliki makna yang sama tersebut.

  • Assure merupakan kata kerja (verb) yang digunakan seseorang untuk memastikan bahwa sesuatu pasti akan terjadi atau menjadi kenyataan. Jadi kata ini digunakan untuk untuk menghilangkan keraguan dan kebingungan. Sebaliknya, ensure merupakan kata kerja (verb) yang digunakan ketika seseorang memastikan bahwa sesuatu akan terjadi atau tidak.
  • Kata ‘assure’ digunakan ketika seseorang menjanjikan sesuatu kepada orang lain. Sebaliknya, kata ‘ensure’ digunakan ketika kita ingin berbicara mengenai sesuatu hal atau situasi yang pasti akan terjadi atau tidak.
  • Dalam penggunaannya, assure digunakan untuk meyakinkan seseorang mengenai suatu masalah tertentu agar keraguannya hilang atau memberikan komitmen. Sebaliknya, kata ensure berarti mememberikan jaminan bahwa sesuatu akan terjadi atau tidak dengan yakin.

Contoh kalimat Assure dan Ensure

Assure

  • The teacher assured students that all their doubts regarding mathematics will be cleared. (Guru meyakinkan siswa bahwa semua keraguan mereka tentang matematika akan terhapus.)
  • The vendor assured the customer that if the product does not meet his requirements, it will be replaced. (Vendor meyakinkan pelanggan bahwa jika produk tidak memenuhi persyaratannya, maka akan diganti.)
  • She assured me that the contract will be renewed. (Dia meyakinkan saya bahwa kontraknya akan diperbarui.)

Ensure

  • The awareness programme on cleanliness held at the college ensures that every student is informed about its importance. (Program kesadaran tentang kebersihan yang diadakan di kampus memastikan bahwa setiap siswa diberi tahu tentang pentingnya kebersihan.)
  • To ensure smooth functioning of the business operations, the owner installed a new machinery in the factory. (Untuk memastikan kelancaran operasi bisnis, pemilik memasang mesin baru di pabrik.)
  • After taking a bribe, the bank manager ensured the customer, that the loan will be sanctioned. (Setelah menerima suap, pengelola bank meyakinkan nasabah, bahwa pinjaman itu akan dikenai sanksi.)

 

Perbedaan Necessity, Expectation, dan Obligation
Perbedaan It dan This Dalam Bahasa Inggris
Perbedaan It’s Dan Its Dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Who Cares, Who’s Care, Whom Care, Whose Care
Perbedaan Will, Would, Shall, Should, dan Could
Perbedaan Kata “Sick” dan “Ill”
Perbedaan: Lend, Borrow, Owe
Perbedaan Less Vs Fewer
Penggunaan “Because”, “Because Of,” dan “Due To “
Perbedaan penggunaan akhiran S dan ‘S (Apostrope S)