sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan: Avenge vs Revenge vs Vengeance

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, antara avenge, revenge dan vengenance memiliki arti atau makna yang sama yakni balas dendam. Namun ketiga kata tersebut tidak bisa menggantikan antara satu sama lain.

Sebab bisa merubah makna dari sebuah kalimat. Lantas, apa sih yang membedakan dari ketiga kata tersebut? Buat kamu yang pengen serius belajar bahasa Inggris, simak dulu ulasan berikut selengkapnya.

Bedanya Avenge, Revenge, dan Vengenance

Avenge

Dalam kosakata bahasa Inggris, avenge merupakan sebuah kata kerja (verb) yang memiliki makna balas (dendam). To avenge maknanya memberikan hukuman atau tindakan pembalasan atas perbuatan yang salah sebagai bentuk untuk memberikan keadilan.

Kosakata ini sendiri merupakan kata kerja (verb) murni, jadi cukup jarang ditemui kata avenge dalam bentuk gerund (verb+ING). Misalnya, kata avenge pernah ditemui dalam bentuk avenger tetapi hampir tidak pernah ditemukan kata avenge yang diubah ke dalam bentuk gerund menjadi avenging. Coba perhatikan beberapa contoh kalimat dengan kosakata avenge berikut ini.

  • He vowed to avenge his younger sister’s death. (Dia bersumpah untuk membalaskam dendam atas kematian adik perempuannya.)
  • James avenged himself on his wife’s killers. (James membalaskan dendamnya pada pembunuh istrinya.)
  • She wants to avenge the murder of her husband. (Dia ingin memmbalaskan dendam atas pembunuh suaminya.)
  • Forgive thy enemy, do not avenge thyself except by doing her good. (Maafkanlah musuhmu, jangan balas dendam kecuali dengan berbuat baik.)
  • Her older brother avenged her death by working to have the man arrested, and convicted. (Kakak laki-lakinya membalaskan dendam atas kematiannya dengan berusaha agar pria tersebut ditangkap, dan dihukum.)

Revenge

Selanjutnya kata revenge yang merupakan homofon atau kata dengan pelafalan dan makna yang nyaris sama dengan kata avenge. Namun, berbeda dengan avenge, revenge juga bisa digunakan sebagai verb (kata kerja) atau noun (kata benda).

Dalam kamus bahasa Inggris (wiktionary),  revenge diartikan sebagai “Any form of personal retaliatory action against an individual, institution, or group for some perceived harm or injustice.” (Segala bentuk tindakan pembalasan pribadi terhadap individu, institusi, atau kelompok atas beberapa kerugian atau ketidakadilan yang dirasakan.)

Dilihat dari maknanya, tentu terlihat jelas perbedaan revenge dan avenge. Jika cakupan avenge lebih luas, maka revenge cenderung ke arah yang lebih subyektif dan emosional. Singkatnya, kata revenge lebih untuk menggambarkan balas dendam karena rasa sakit hati secara personal.

Sementara avenge lebih untuk membuat seseorang mendapatkan balasan setimpal atas perbuatan buruknya. Supaya lebih jelas, perhatikan contoh kalimat berikut ini.

  • She swore to take revenge on her political enemies. (Dia bersumpah untuk membalas dendam pada musuh politiknya.)

Dalam bahasa Inggris yang lebih formal atau bahasa sastra, revenge (balas dendam) juga bisa digunakan sebagai kata kerja (verb). Perhatikan contoh kalimat berikut.

  • He was later revenged on his wife’s killers. (Dia kemudian membalaskan dendam pada pembunuh istrinya.)
  • “Arsenal revenged its loss to Manchester United last time with a 5-0 drubbing this time.” (Arsenal membalas atas kekalahan saat bertanding dengan Manchester United waktu lalu dengan angka 5-0 di pertandingan kali ini.)
  • Indifference is the sweetest revenge.” (Ketidakpedulian merupakan balas dendam termanis.)
  • “When Sam left his wife, she tried to set fire to the house in revenge.” (Ketika Sam meninggalkan istrinya, sang istri mencoba membakar rumah sebagai balas dendam.)

Namun, kata revenge tak bisa digunakan untuk revenge something. Seperti kalimat berikut.

  • He vowed to revenge his younger sister’s death. (Dia bersumpah untuk balas dendam kematian adik perempuannya.)

Kalimat di atas merupakan kalimat yang salah atau keliru. Seharusnya, kata revenge diganti dengan avenge, agar kalimatnya lebih tepat.

Vengenance

Sementara vengeance, merupakan sinonim dari kata revenge sehingga maknanya tidak jauh berbeda. Vengeance sendiri merupakan kata benda (noun) yang memiliki makna balas dendam atas penghinaan, cedera, maupun kesalahan lain yang dirasakan oleh seseorang. Vengeance juga bisa diartikan sebagai keinginan untuk membalas dendam.

Perhatikan contoh kalimat berikut ini.

Balas dendam (vengeance) terhadap sesuatu, “She sought vengeance against those who had humiliated her.” (Dia membalas dendam terhadap orang-orang yang telah mempermalukannya)

Balas dendam untuk sesuatu (vengeance for), “She sought vengeance for the murder of his father.” (Dia berusaha membalas dendam atas pembunuhan ayahnya.)

Balas dendam pada atau atas sesuatu (vengeance on/upon),

    • She silently vowed vengeance on them all.” (Dia secara diam-diam bersimpangan akan membalas dendam pada merek semua.)
    • Voters are ready to wreak vengeance on all politicians.” (Para pemilih siap untuk membalas dendam pada semua politisi.)
    • She swore vengeance on the man who betrayed her.” (Dia bersumpah akan membalas dendam pada orang yang mengkhianatinya.)

Contoh kalimat lainnya.

  • “She wanted vengeance after her bike was stolen.” (Dia ingin membalas dendam setelah sepedanya dicuri)
  • My vengeance has been achieved, and your world saved.” (Pembalasan dendam saya sudah tercapai dan duniamu telah terselamatkan.)
  • “Joe promised to pay for the window that he broke and the neighbor said that he would not take any vengeance.” (Joe berjanji untuk membayar jendela yang dia pecahkan dan tetangganya mengatakan bahwa dia tidak akan membalas dendam.)
  • She denounced vengeance against her friend. (Dia mencela balas dendam terhadap temannya.)

Nah, itu tadi beberapa perbedaan dari avenge, revenge dan vengenance. Dengan mengetahui perbedaannya, kamu jadi lebih paham bagaimana harus menempatkan ketiga kata tersebut.

 

Perbedaan ‘Grateful’ VS ‘Thankful’
Perbedaan That dan Which Beserta Contohnya
Penggunaan “Whom” vs “Whose “
Perbedaan Gonna (Going To) dan Will
Perbedaan Penggunaan Just, Already, Still, Yet
Perbedaan antara TOEFL IBT dan PBT
Perbedaan Penggunaan Emigrate vs Immigrate
Perbedaan ‘Goose’ dan ‘Geese’
Perbedaan For Vs Over (In Terms Of Time Span)
Perbedaan Their, They’re, dan There