sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Breath dan Breathe

Ada banyak sekali kemiripan kata dalam bahasa Inggris yang seringkali membuat kita bingung saat mempelajarinya. Apalagi jika perbedaan dari dua kata hanyalah berupa satu huruf saja; bukan hal yang aneh bila kita dibuat bingung dalam memahaminya.

Namun, sebenarnya bahasa Inggris tidaklah sesulit itu. Kita hanya membutuhkan kesabaran untuk mencerna setiap kesulitan agar bisa terbiasa.

Kali ini, kita akan membahas tentang dua kata dari bahasa Inggris yang amat mirip wujudnya; yakni “breath” dan “breathe”. Dua kata ini jika kita bandingkan dengan bahasa Indonesia sebenarnya memiliki kemiripan hubungan dengan “makanan” dan “makan”.

Jika kita sudah memahami betul apa yang menjadi pembeda antara “makanan” dan “makan”; maka kita tidak akan kesulitan dalam memahami perbedaan “breath” dan “breathe” serta pasangan kata yang mirip lainnya.

Agar lebih faham, kita akan membahas perbedaan antara kedua kata tersebut satu persatu.

Pelafalan

Pronunciation dari “breath” adalah breTH, sedangkan “breathe” dilafalkan brēT͟H. Bunyi “e” dalam “breath” sama seperti bunyi “e” di tengah kata “pendekar” dalam bahasa Indonesia. Sedangkan bunyi “ē” dalam “breathe” diucapkan seperti bunyi “i” pada kata “mie” dalam bahasa Indonesia.

Definisi

Breath adalah sebuah noun atau kata benda, yang didefinisikan sebagai
the air taken into or expelled from the lungs” atau udara yang dihirup dan dikeluarkan dari paru-paru.

Breath juga bisa merujuk pada “a full cycle of breathing” atau siklus pernafasan yang lengkap. Singkatnya, “breath” bisa diartikan sebagai “nafas” dalam bahasa Indonesia.

Breath bisa dikatakan sebagai uncountable noun maupun countable noun. Breath merupakan uncountable noun jika merujuk pada jumlah udara atau gas yang dihirup atau dihasilkan dalam proses pernafasan.

Dan breath dikatakan sebagai countable noun ketika merujuk pada jumlah nafas yang ditarik atau siklus pernafasannya. Bentuk plural (jamak) dari breath adalah “breaths”.

Breathe didefinisikan dengan “to take air into the lungs and then expel it” atau “menghirup udara ke paru-paru lalu menghembuskannya”; atau dalam bahasa Indonesia diartikan dengan “bernafas”. Breathe merupakan verb atau kata kerja, yang bisa digunakan sebagai kata kerja intransitive (tidak memerlukan objek) maupun transitive (memerlukan objek).

Umumnya, objek yang dipakai dalam verb “breathe” adalah “air” atau “oxygen”; namun dalam konteks tertentu khususnya dalam bidang seni, objek dari breathe bisa berupa benda-benda lainnya.

Bentuk lampau atau past tense dan past participle dari “breathe” adalah “breathed”, sedangkan bentuk present participlenya adalah “breathing”. Frasa “breathe in” bermakna serupa dengan “inhale”, dan “breathe out” merupakan sinonim dari “exhale”.

Hubungan dari “breath” dan “breathe” adalah produk atau hasil dengan aktivitas yang menghasilkan.

Penggunaan

Sebab breath dan breathe berasal dari kelas kata yang berbeda (noun dan verb), maka penggunaannya dalam kalimat pun berbeda pula. Umumnya, kata breath dan breath tidak dimasukkan ke dalam satu kalimat yang sama sebagai verb dan direct object meskipun kenyataannya kedua kata tersebut saling berhubungan.

Perhatikan contoh di bawah ini.

  • In doing yoga, you might need to hold a pose for five breaths
  • I need to go outside; I can hardly breathe here.

Kalimat pertama menunjukkan cara penggunaan “breath” sebagai kata benda (countable), dan kalimat kedua menunjukkan contoh penggunaan “breathe” sebagai kata kerja “intransitive”.

Idiom

Kata breath dan breathe masing-masing juga banyak digunakan dalam beberapa idiom. Contohnya adalah sebagai berikut.

  • “To take one’s breath away” memiliki arti “to surprise him”. Maka, kalimat “the fact that Ron finally graduated is taking my breath away” memiliki arti “fakta bahwa Ron akhirnya lulus mengejutkanku”.
  • “To hold one’s breath” memiliki arti “to hope”. Maka, kalimat “Ron shouldn’t hold his breath” berarti “Ron tidak seharusnya berharap”.
  • “To say something under one’s breath” memiliki arti “to say ot quietly”. Maka, kalimat “He said under his breath that he loved me” berarti “Dia berbisik bahwa dia mencintaiku”.
  • “To need room to breathe” memiliki arti “to need freedom or more space to do something”. Maka ketika seseorang mengatakan “Rina needs room to breathe”, maksudnya adalah Rina butuh kebebasan untuk melakukan sesuatu.
  • To breathe easily” memiliki arti “to feel relieved”. Maka ketika seseorang mengatakan “I can breathe easily now”, ia menyatakan bahwa ia sudah merasa lega.

Latihan Soal

Fill in either breathe or breath in the blanks. You might need to change the form a little bit.

  1. Yesterday we found a man lying by the lake close to our house. His eyes were closed. I thought he was dead; but then my father told me that he was still _________
  2. You’re hugging me too tight—I can’t _________!
  3. The reason why people feels uncomfortable being around Tom is because his ______ smells.
  4. It’s been a week and Riana is still holding her _________
  5. I thought she has finally __________ easily yesterday; turns out that she is still worrying until now.
  6. We all ___________ the same air. Don’t feel inferior.
  7. “I really don’t know what to do,” she said under her ______ as tears started to stream down her face.
  8. Doesn’t she feel tired? She needs to catch her ______

Jawaban

  1. breathing
  2. breathe
  3. breath
  4. breath
  5. breathed
  6. breathe
  7. breath
  8. breath

 

Perbedaan I Too, I Also, Me Too, dan Me Also
Quantifier: Perbedaan Many, Much dan A Lot Of
Perbedaan: Affect vs Effect
Perbedaan Lose, Lost, Loose, Loss, Loosen
Perbedaan Penggunaan Either vs Neither
Perbedaan Their, They’re, dan There
Perbedaan Wealth, Wealthy, Well-Off, Rich, Dan Affluent
Anggota Keluarga (Perbedaan uncle, aunt, cousin, son, daughter, niece, nephew, dll)
Perbedaan Kata Benda Plural vs Singular
Perbedaan Proverb, Idiom, dan Expression


 
Perbedaan Preposition In vs On vs Under
Bahasa Formal English dan Informal English
Contoh Ucapan Selamat Natal dalam Bahasa Inggris
Kesalahan Belajar Bahasa Inggris yang Umum
Apa Itu Oxymoron?
Imperatives: Cara Memberi Perintah dalam Bahasa Inggris
Cara Memberi Nasihat dalam Bahasa Inggris (Giving Advice)
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan Naik Angkutan Umum Bus Kota
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan ketika Menanyakan Arah
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Tempat Hiburan Malam