sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Cap dan Hat dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris semakin banyak digunakan di seluruh dunia semakin hari. Banyak orang yang berlomba-lomba mengikuti les dan pelatihan lainnya agar dapat menguasai bahasa asing satu ini. Dengan berbekal kemampuan berbahasa Inggris, seseorang mampu membuka pintu kesempatan yang lebih luas lagi secara global baik dalam dunia pendidikan maupun pekerjaan. Oleh karena itu, penting sekali untuk dapat menggunakan bahasa Inggris saat ini.

Akan tetapi, bahasa Inggris memiliki beberapa hal yang membingungkan karena kosakata yang luas dan beragam. Terdapat beberapa kosakata yang mungkin dapat mengecohkan penggunanya karena memiliki arti yang serupa namun tidak sama. Seringkali, para pelajar bahasa Inggris terkecoh dan salah menggunakan kosakata hanya karena belum tahu betul apa perbedaannya dibandingkan kosakata lain yang serupa.

Salah satu pasangan kosakata yang serupa namun tidak sama adalah cap dan hat. Keduanya memiliki arti yang sama dalam bahasa Indonesia, yaitu topi. Akan tetapi, ternyata terdapat perbedaan yang jelas di antara keduanya. Kedua kosakata ini sering salah digunakan karena artinya yang sama meskipun memiliki perbedaan masing-masing. Untuk menghindari kesalahan tersebut, mari kita simak apa sebenarnya perbedaan antara cap dan hat dalam bahasa Inggris.

Apa Itu Hat?

Hats biasanya digunakan untuk tujuan tertentu seperti menunjukkan afiliasi agama atau menunjukkan status seseorang. Pada awalnya, hat merupakan jenis pelindung kepala pertama yang memberikan rasa otoritas untuk pemakainya, pada umumnya pemakainya adalah bangsawan. Awalnya, hat digunakan untuk berlindung dari sinar matahari atau menghangatkan kepala ketika musim dingin.

Akan tetapi, masa kini hats digunakan sebagai gaya busana perempuan dan laki-laki ketika mereka ingin menunjukkan status tertentu. Contohnya, topi jenis sombrero yang termasuk dalam hats digunakan sebagai bagian dari seragam yang menunjukkan status atau afiliasi seseorang pada sebuah institusi. Sedangkan kelompok masyarakat lainnya menggunakan hats untuk pertemuan atau acara relijius.

Hat biasanya memiliki karakteristik berupa pinggiran yang mengelilingi bagian tengah kepala, bukan hanya pada bagian depan saja. Topi jenis ini memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran. Contohnya topi khusus untuk perempuan yang memiliki dekorasi lebih banyak dan pinggiran yang lebih bergaya. Perempuan pada umumnya lebih sering menggunakan topi daripada laki-laki untuk melindungi wajah mereka dari sinar matahari yang memiliki sinar UV berbahaya yang bisa merusak kulit mereka.

Untuk merangkumnya, hats adalah pelindung kepala yang memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran dan memiliki pinggiran di sekelilingnya. Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa kalimat yang menunjukkan gambaran hats yang lebih jelas dan sesuai dengan artinya.

  • The Queen of England is wearing such a beautiful hats that was designed by Anna Wintour (Ratu Inggris mengenakan topi yang sangat indah yang dirancang oleh Anna Wintour)
  • You look so ugly with your cowboy hats, please take it off (Kau terlihat sangat jelek mengenakan topi koboi milikmu, tolong lepaskan itu)
  • Do you think that this fedora hats looks good on me? (Apakah menurutmu topi fedora ini terlihat bagus untukku?)
  • I am thinking of buying a new hats for the ceremony (Saya ingin membeli topi baru untuk perayaannya)
  • She is looking for a hats with extravagant decoration on top which should have a lot of flowers (Dia sedang mencari topi dengan dekorasi berlebihan di bagian atas yang harus memiliki banyak bunga)
  • I don’t really like wearing hats because the decoration is too much sometimes (Saya tidak terlalu suka memakai topi karena dekorasinya terlalu berlebihan terkadang)
  • I really like the hats that Kate Middleton wears, the design is so simple yet still so elegant (Saya sangat suka topi yang dikenakan oleh Kate Middleton, desainnya sangat sederhana namun tetap anggun)

Apa Itu Cap?

Cap dapat dibilang merupakan salah satu jenis hats yang hanya memiliki pinggiran di bagian depan. Jenis topi satu ini biasanya khusus digunakan untuk melindungi wajah dari sinar matahari. Pada umumnya, cap adalah jenis topi yang tidak memiliki pinggiran namun memiliki bagian depan yang dinamakan visor.

Caps sendiri memiliki beberapa macam jenis yang bisa digunakan untuk keperluan yang berbeda-beda. Visor pinggiran depan topi tersebut penting untuk menghindari sinar matahari. Terdapat juga caps yang digunakan sebagai topi pelindung untuk konstruksi bangunan. Kemudian ada topi jenis tersebut yang memiliki ventilasi untuk mengurangi kelembaban di dalam topi. Sebagian besar topi jenis cap tidak memiliki dekorasi berlebihan di bagian kepala kecuali gambar yang menempel, pada umumnya bagian atas cap selalu datar.

Untuk merangkumnya, cap dapat dikatakan sebagai topi atau pelindung kepala yang memiliki karakteristik bentuk datar dan pelindung sinar matahari di bagian depan topi. Sebagai contohnya, berikut ini adalah penggunaan kosakata cap dalam kalimat bahasa Inggris yang sesuai dengan artinya.

  • The cap driver is wearing a cabbie’s cap to shield his eyes from the glaring sun (Supir taksinya mengenakan topi taksi untuk melindungi matanya dari panas matahari)
  • It is very common to see a French girl wearing a beret as it is considered as a traditional cap (Sangat umum terlihat perempuan Prancis mengenakan topi beret karena dianggap sebagai topi tradisional)
  • Why do you like wearing a beanie so much? Why don’t you try different type of cap? (Kenapa Anda sangat suka mengenakan topi kupluk? Kenapa tidak coba mengenakan jenis topi lainnya?)
  • The baseball players are all wearing a baseball cap as it is a part of their uniform (Para pemain bisbol semuanya mengenakan topi bisbol karena itu adalah bagian dari seragam mereka)
  • Are you not going to wear a cap for when you go out to run? (Apakah Anda tidak akan mengenakan topi untuk ketika Anda pergi berlari?)

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai perbedaan antara cap dan hat dalam bahasa Inggris yang seringkali membingungkan dan sulit untuk dibedakan. Semoga dengan contoh penggunaan yang telah ditunjukkan, Anda bisa membedakan kedua kosakata tersebut dengan lebih mudah.

 

Perbedaan Cap dan Hat dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Makna dan Penggunaan Maybe, Perhaps, Probably
Perbedaan Abbreviations vs Acronyms
Perbedaan Breath dan Breathe
Perbedaan Penggunaan Few vs A Few vs Little vs A Little
Perbedaan Gender dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Just dan Only
Perbedaan Good Evening vs Good Night
Perbedaan Necessity, Expectation, dan Obligation
Perbedaan Lie vs Lay, Lying vs Laying, dan Lied vs Laid