sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Caption vs Quote

Beberapa dari kita mungkin pernah memperhatikan ada orang yang menyantumkan quote sebagai caption dari foto yang mereka unggah di media sosial mereka. Sebenarnya apa perbedaan caption dan quote ini? Apakah keduanya bisa saling menggantikan satu sama lainnya? Mari kita cari tahu melalui pembahasan di bawah ini:

CAPTION

“Caption” termasuk ke dalam kelas kata noun (kata benda) dan verb (kata kerja).

  • “Caption” sebagai kata benda

Dalam Oxford English Dictionary, “caption” sebagai kata benda didefinisikan sebagai, “a title or brief explanation accompanying an illustration, cartoon, or poster.” (judul atau penjelasan singkat yang mendampingi ilustrasi, kartun, atau poster).

Berdasarkan definisi ini dapat disimpulkan bahwa “caption” berfungsi untuk mendeskripsikan atau menjelaskan ilustrasi, kartun, poster, atau foto. “Caption” juga bisa berperan sebagai judul. Padanan “caption” dalam Bahasa Indonesia adalah “takarir” atau keterangan gambar.

Contoh penggunaan kata “caption” sebagai noun dalam kalimat:

    • He posted a picture with the caption “My precious things” on his Instagram. (Dia mengirim sebuah gambar dengan takarir “Barang-barang berharga saya” di Instagramnya.)
    • You should add a caption to your painting. (Kamu harus menambahkan keterangan pada lukisanmu)
    • John always writes a funny caption for his photographs. (John selalu menuliskan takarir jenaka untuk foto-fotonya)

Selain itu, Oxford dictionary juga menuliskan bahwa “caption” adalah “a piece of text appearing on a cinema or television screen as part of a film or broadcast.” (sepotong teks yang muncul di layar bioskop atau televisi sebagai bagian dari film atau siaran). Dalam konteks ini, padanan dalam Bahasa tetap “takarir” atau teks film.

“Caption” pada film pada dasarnya berperan untuk membantu orang-orang dengan gangguan pendengaran. “Caption” pada konteks ini berbeda dengan “subtitles”. Apabila “subtitles” adalah terjemahan dialog pada film, “caption” adalah transkripsi dialog dan suara pada film.

  • “Caption” sebagai kata kerja

Menurut Oxford English Dictionary, “caption” sebagai kata kerja adalah “provide {an illustration} with a title or explanation.” (menyediakan [sebuah ilustrasi] dengan judul atau penjelasan.

Singkatnya, “caption” sebagai kata kerja berarti kegiatan memberikan keterangan, judul, atau penjelasan pada foto, gambar, ilustrasi, video, poster, kartun, lukisan, dan sebagainya.

Di bawah ini adalah beberapa contoh penggunaan kata “caption” sebagai kata kerja dalam kalimat:

    • She doesn’t like to caption her artworks. Instead, she lets her audiences to interpret them. (Dia tidak suka memberikan takarir pada karyanya. Sebagai gantinya, dia mengizinkan audiensi untuk menafsirkannya)
    • The poster is captioned with brief information on how to recycle. (Poster ini diberikan keterangan dengan informasi singkat tentang bagaimana cara mendaur ulang)
    • I hate it when a picture of a beautiful beach is captioned “Vitamin C”. (Aku tidak suka ketika ada foto pantai yang indah diberikan takarir “Vitamin C”)

QUOTE

“Quote” juga termasuk ke dalam kelas kata noun (kata benda) dan verb (kata kerja).

  • “Quote” sebagai kata benda

Definisi “quote” sebagai kata benda menurut Oxford Dictionary adalah “a quotation from a text or speech.” (sebuah kutipan dari teks atau ucapan).

Di dalam Bahasa Indonesia, “quote” dikenal sebagai “kutipan”. Kutipan atau “quote” pada dasarnya adalah kalimat atau frasa yang diucapkan atau dicantumkan dalam karya tulis oleh seseorang yang dipetik oleh orang lain untuk tujuan tertentu.

Contoh penggunaan kata “quote” sebagai kata benda dalam kalimat:

    • She used a quote from a Disney movie to convince her mother. (Dia menggunakan kutipan dari film Disney untuk meyakinkan ibunya)
    • A quote from Oprah Winfrey is framed and hung on his room. (Sebuah kutipan dari Oprah Winfrey dibingkai dan digantung di kamarnya)

Untuk menuliskan “quote” harus menggunakan quotation mark (tanda petik) dan menyantumkan sumber kutipannya. Di dalam dunia akademis, sebuah kutipan sering dipakai dalam karya tulis ilmiah yang memiliki aturan tertentu dalam penulisannya. Aturan pengutipan ini berbeda tergantung dari gaya kutipan apa yang diikuti.

Berikut adalah beberapa contoh “quote”:

    • Sir Francis Bacon said, “Knowledge is power.” (Sir Francis Bacon berkata, “Pengetahuan adalah kekuatan”)
    • “We are never ever getting back together,” said Taylor Swift. (“Kita tidak akan pernah bisa bersama lagi,” kata Taylor Swift)
    • “The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams.” – Eleanor Roosevelt (“Masa depan adalah milik mereka yang mempercayai keindahan mimpi mereka.” – Eleanor Roosevelt)
    • Romantic poetry is characterized by the “spontaneous overflow of powerful feelings” (Wordsworth 263) –> Contoh mengutip menggunakan gaya kutipan MLA
  • “Quote” sebagai kata kerja

Sebagai kata kerja, definisi “quote” dalam Oxford Dictionary adalah “repeat or copy out words from a text or speech written or spoken by another person.” (mengulang atau menyalin kata-kata dari teks atau ucapan yang ditulis atau diucapkan oleh orang lain).

Dalam kata lain, “quote” sebagai kata kerja adalah kegiatan mengutip atau memetik perkataan atau tulisan orang lain. Mari kita lihat contoh penggunaan kata “quote” sebagai kata kerja dalam kalimat:

    • They are quoting Barack Obama. (Mereka mengutip Barack Obama)
    • Some famous sayings were quoted in her essay. (Beberapa kutipan terkenal dikutip di esainya)
    • Our teacher quoted a Japanese proverb to teach us patience. (Guru kami mengutip pepatah Jepang untuk mengajarkan kami kesabaran)

Kesimpulan

Pada intinya, “caption” adalah keterangan yang isinya berupa penjelasan atau judul sebuah gambar, foto, poster, lukisan,ilustrasi,  dan sebagainya. “Quote” adalah kutipan dari perkataan atau karya tulis seseorang. Kita bisa saja menulis “quote” di dalam “caption”. Akan tetapi, kita harus menyantumkan siapa atau dari mana “quote” tersebut berasal.

 

Perbedaan Penggunaan Must, Have To, Should
Perbedaan Famous, Notorious, dan Popular
Perbedaan Penggunaan Sick, Ill, Hurt, Pain, dan Ache
Perbedaan antara Some dengan Any Serta Penggunaannya dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Gender dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Though, Although, Even Though, Despite, In Spite Of
Perbedaan AM dan PM dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan: Mr vs Mrs vs Ms vs Miss?
Perbedaan Who dan Whom dalam Bahasa Inggris
Quantifier: Perbedaan Many, Much dan A Lot Of