sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Congratulations dan Compliment

Secara mendasar, dua kata diatas agak mirip tapi sebenarnya berbeda juga. Congratulations adalah kata yang digunakan untuk menyampaikan ucapan selamat, sementara compliment adalah pujian yang ungkapannya bisa bermacam-macam. Bagaimana menggunakan keduanya secara tepat?

Congratulations

Digunakan saat kita ingin menyampaikan ucapan selamat, dan kata yang digunakan selalu sama; “congratulations” (selamat). Tapi, yang kadang membingungkan adalah preposisi yang digunakan bersama dengan kata ini. Apakah kita harus bilang “congratulations on” (selamat atas) atau “congratulations for” (selamat untuk)? Jawabannya; tergantung.

Preposisi “on” digunakan untuk menyampaikan ucapan suka cita atas kebahagiaan yang didapat atau dialami seseorang, strukturnya selalu sama: congratulations on + noun (kata benda). Contoh:

  • Congratulations on your graduation! (Selamat atas kelulusannya!)
  • Congratulations on the birth of the baby. (Selamat atas kelahiran bayimu.)
  • Congratulations on the promotion! (Selamat atas kenaikan jabatannya.)

Congratulations bisa disampaikan untuk menyampaikan pujian atas pencapaian seseorang. Dalam konteks ini, preposisi “for”-lah yang digunakan. Strukturnya: congratulations for + continuous verb (kata kerja+ing). Contoh:

  • Congratulations for signing the book contract. (Selamat untuk penandatanganan kontrak buku Anda.)
  • Congratulations for completing the essay. (Selamat untuk penyelesaian essaymu.)

Congratulations juga bisa berfungsi sebagai noun (kata benda) yang “diberikan” kepada seseorang. Misalnya: The boss sends congratulations to the whole office for passing the target. (Boss mengirimkan ucapan selamat kepada seluruh pegawai kantor atas keberhasilan melampaui target.)

Kata ini juga bisa digunakan sebagai verb (kata kerja), namun bentuknya berubah menjadi “congratulate”: Jane congratulates Joe for winning the lottery. (Jane mengucapkan selamat pada Joe karena memenangkan undian.)

Tidak terlalu sulit untuk menggunakan kata congratulations, karena dia bahkan bisa berdiri sendiri namun sudah lengkap maknanya. Kata ini biasa ditulis begitu saja di kartu ucapan, kue, banner, dan sebagainya. Jika kedua pihak sudah tau apa yang dirayakan, ucapan “Congratulations!” sudah cukup mengungkapkan apa yang perlu disampaikan.

Compliment

Tidak se-fleksibel congratulations, compliment hanya bisa berlaku sebagai noun (kata benda) atau verb (kata kerja), serta tidak bisa berdiri sendiri sebagai sebuah ucapan. Compliment disampaikan atas sesuatu yang positif tentang pencapaian, karakter, penampilan, atau kepemilikan seseorang. Misalnya:

  • She gets all the compliments for wearing the victorian dress. (Dia mendapat banyak pujian karena memakai gaun victoria itu.) – disini berlaku sebagai noun
  • Jane compliments the beauty of my hometown . (Jane memuji keindahan kota kelahiranku.) – disini berlaku sebagai verb

Ada beberapa idiom dan ungkapan yang menggunakan kata compliment, misalnya:

  • A back-handed compliment: merendahkan dalam bentuk pujian; “Your handwriting is quite good, compared to a kindergarten student.” (“Tulisan tanganmu lumayan bagus, kalau dibandingkan dengan tulisan anak TK.”)
  • To fish for a compliment: memancing pujian dari orang lain; She keeps fishing for compliments over her new handbag. (Dia terus memancing pujian untuk tas jinjingnya yang baru.)
  • To pay someone a compliment: memuji seseorang; He always pays people compliments, and that makes him popular. (Dia selalu memuji orang, itu yang membuatnya terkenal.)
  • To return a compliment: memuji kembali orang yang sudah memuji kita; Women like to return compliments over the way they look. (Perempuan suka memuji balik kalau dibilang cantik.)

Compliment bisa juga diibaratkan seperti sebuah keranjang besar tempat banyak kata-kata pujian diletakkan seperti; beautiful (cantik), nice (bagus), brilliant (hebat), smart (pintar), amazing (luar biasa), dan sebagainya.

Catatan tentang compliment

Ada satu kata dalam Bahasa Inggris yang mirip dengan compliment dan sering tertukar penggunaannya. Kata itu adalah complement, yang juga bisa berfungsi sebagai verb maupun noun. Complement berhubungan dengan sesuatu yang melengkapi hal lain, atau sesuatu yang cocok dipasangkan dengan hal lain. Contoh:

  • This sambal is a perfect complement for the chicken congee. (Sambal ini pelengkap yang sempurna untuk bubur ayam.) – berlaku sebagai noun
  • The melted butter really complements your french toast. (Mentega cairnya benar-benar melengkapi roti bakar buatanmu.) – berlaku sebagai verb

Sekarang kamu sudah tau perbedaan antara compliment dan complement, jangan sampai tertukar penggunaannya.

Kesimpulan

Tidak terlalu sulit membedakan antara congratulations dan compliment karena keduanya memang punya fungsi yang berbeda; congratulations adalah ucapan selamat, sementara compliment adalah pujian. Mungkin terdengar agak mirip, tapi ketika digunakan akan tampak bedanya. Persamaan diantara keduanya adalah; sama-sama digunakan untuk menyampaikan perasaan yang positif.

Congratulations bisa berdiri sendiri sebagai sebuah ucapan, sementara compliment harus diletakkan dalam kalimat agar ada maknanya. Dalam struktur kalimat, congratulations selalu diikuti preposisi on/for, kemudian the/possessive pronouns + noun atau continuous verb (kata kerja + ing) – tidak ada struktur lainnya.

  • congratulations on + the/possessive pronouns + noun
  • congratulations for + continuous verb

Congratulations bisa menjadi countable noun, juga bisa berfungsi sebagai verb dengan perubahan bentuk menjadi “congratulate”. Sementara compliment hanya bisa berfungsi sebagai noun ataupun verb, dan tidak sefleksible congratulations dalam penggunaannya.

Ucapan congratulations biasanya digunakan apa adanya, sementara compliment bisa dimasukkan ke dalam beberapa ungkapan seperti: to fish for a compliment, to pay for a compliment, dan sebagainya. Kata ini kadang tertukar dengan kata complement yang sebenarnya artinya cukup berbeda. Complement digunakan untuk mengungkapkan bahwa sesuatu itu cocok , serasi, atau melengkapi sesuatu yang lainnya. Jadi, walau hanya beda satu huruf, keduanya tidak bisa saling menggantikan karena artinya lain.

 

Perbedaan antara TOEFL IBT dan PBT
Perbedaan Big, Large, dan Great
Perbedaan: Lend, Borrow, Owe
Perbedaan: A lot of vs Lots of
Perbedaan Most dan Most Of
Perbedaan Penggunaan Konjungsi dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan Moreover dan Furthermore
Perbedaan Can dan Could dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Makna House dan Home serta Penggunaannya dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan Sick, Ill, Hurt, Pain, dan Ache