sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan “Different” vs “Divergent”

Ketika mempelajari Bahasa Inggris, kita mungkin akan menemukan beberapa kata yang memiliki arti serupa. Salah satunya adalah different dan divergent, yang secara umum berarti “beda” atau “berbeda”.

Tapi tahukah kamu kalau kedua kata ini memiliki makna dan penggunaan yang berbeda? Pembahasan kali ini akan mengulas lebih lanjut mengenai perbedaan different dan divergent beserta contohnya dalam kalimat Bahasa Inggris.

Different

Kata different dalam Bahasa Inggris memiliki makna not same (tidak sama), yaitu menunjukkan bahwa dua atau lebih hal yang tidak sama satu sama lain. Different juga dapat berarti opposite (bertentangan), yang menunjukkan bahwa hal-hal tersebut berbeda hingga bertentangan.

Selain itu, kata different juga dapat digunakan untuk menunjukkan perbedaan jumlah suatu hal. Misalnya saja istilah age difference yang berarti perbedaan jarak dan jumlah usia antara dua atau beberapa orang.

Intinya, kata different dapat dimaknai dengan perbedaan sendiri. Kata different menunjukkan hal-hal yang berbeda, tidak sama, atau bertentangan. Jadi gunakanlah kata different untuk menjelaskan perbedaan dari hal-hal yang tidak sama atau bertentangan.

Untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan kata different dapat dilihat pada contoh-contoh berikut.

  • I’m sure that I bought a different bag, but why Kayla told me that our bags are same? Even from the color and the vibe, there is nothing same from both of bags.

(Aku yakin kalau aku beli tas yang berbeda, tapi kenapa Kayla bilang kalau tas kita sama? Bahkan dari warna dan nadanya aja, nggak ada yang sama dari dua tas itu)

  • Her parents opposite their relationship because they have 10 years age difference. Moreover, she just turned 20 years old last month and her parents think she’s not mature enough to choose a right partner.

(Orangtuanya menentang hubungan mereka karena mereka punya perbedaan usia 10 tahun. Apalagi dia baru aja genap 20 tahun bulan lalu dan orangtuanya berpikir kalau dia belum cukup dewasa untuk memilih pasangan yang tepat)

  • Even though Mariana and Silvana are twins and have similar faces, they are not exactly same because their personalities are different. Mariana is soft and always smile, while Silvana is kinda cold and doesn’t really care about people around her.

(Meskipun Mariana dan Silvana adalah anak kembar dan memiliki wajah yang mirip, mereka nggak benar-benar sama karena kepribadian mereka berbeda. Mariana anaknya lembut dan selalu tersenyum, sedangkan Silvana agak dingin dan nggak begitu peduli dengan orang-orang di sekitarnya.)

  • You must know that he’s really dangerous, he’s such a playboy. He dated five different girls at the same time, and at the same campus! It’s better for you to not get too close with him whatever the reason.

(Dia benar-benar berbahaya, dia playboy banget. Dia pacaran sama lima cewek yang berbeda di waktu yang sama, dan di kampus yang sama! Sebaiknya kamu nggak dekat-dekat sama dia apapun alasannya)

Divergent

Kata divergent juga berati berbeda, namun perbedaan dalam kata ini menunjukkan pergerakan ke arah yang berlawanan. Jika different menunjukkan perbedaan atau pertentangan saja, divergent lebih mengacu pada hal-hal yang bergerak menjauh dari satu sama lain.

Jadi kata divergent bukan hanya menunjukkan sesuatu yang sekadar berbeda saja. Namun lebih kepada hal-hal yang memiliki perbedaan membesar hingga bergerak ke arah yang berlainan. Kata divergent digunakan untuk hal-hal yang memiliki arah berbeda atau berlawanan.

Pada Bahasa Inggris, kata divergent diartikan dengan drawing apart yang bermakna bergerak, berpisah, dan menjauh. Kata divergent juga bermakna instance moving from each other, yang berarti perbedaan yang terus menjauh dari satu sama lain.

Agar lebih memahami mengenai penggunaan kata divergent, simak contoh-contoh berikut.

  • Their relationship for years in danger right now, because two of them have divergent opinion about mariage. Their opinions are too strong that will be impossible to try to change one of them

(Hubungan mereka yang sudah bertahun-tahun itu berada dalam bahaya sekarang, karena keduanya memiliki opini yang berbeda tentang pernikahan. Opini mereka masing-masing terlalu kuat sehingga tampak mustahil untuk mencoba mengubah salah satu opini dari mereka.)

  • That clothing brand tried a divergent theme for their F/W collection this year, but I think it’s a fail. People prefer their initial tone and theme that already familiar rather than new unfamiliar things and going too far

(Brand pakaian itu mencoba tema berbeda untuk koleksi musim semi dan musim dingin tahun ini, tapi aku rasa itu gagal. Orang-orang lebih menyukai ciri dan tema mereka yang asli dan sudah dikenal dibanding hal-hal yang tidak familiar dan malah berbeda terlalu jauh.)

  • Sally tried to become close with her new roommate, but it didn’t work because they have a divergent approach on living. Sally is easygoing person, while her new roommate is a perfectionist that couldn’t stand event a dust. And for Sally, she only clean when she feels like to and never intended to change her thought on it; so is her new roommate

(Sally sudah berusaha untuk dekat dengan teman kos barunya, tapi nggak bisa karena mereka punya pendekatan yang berbeda dalam hidup. Sally anaknya santai, sedangkan teman kos barunya itu perfeksionis banget sampai nggak tahan sama debu sekecil apapun. Dan Sally sendiri cuma bersih-bersih kalau lagi pengen aja dan nggak berniat untuk berubah, begitu juga dengan teman kos barunya itu.)

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan kata different dan divergent beserta penggunaannya dalam Bahasa Inggris. Setelah ini, pastikan untuk menggunakan kedua kata tersebut pada konteks yang tepat, ya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Perbedaan antara Suggestion dan Recommendation dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan “That” vs “Which” dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Will, Would, Shall, Should, dan Could
Anggota Keluarga (Perbedaan uncle, aunt, cousin, son, daughter, niece, nephew, dll)
Perbedaan This dan These dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan Only dan Just
Perbedaan Who dan Whom
Perbedaan Breath dan Breathe
Perbedaan ‘Sore’ vs ‘Soar’
Perbedaan: Wake Up vs Get Up