sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Like dan Love dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang paling wajib untuk dipelajari mengingat bahwa bahasa ini adalah bahasa yang paling digunakan di seluruh dunia. Akan tetapi, terkadang orang takut untuk mempelajari bahasa Inggris karena terkesan rumit. Salah satu hal yang membuat bahasa Inggris menjadi rumit adalah sejumlah kosakata yang dianggap mirip atau memiliki arti yang serupa sehingga sulit untuk memutuskan harus menggunakan kosakata yang mana dalam konteks tertentu.

Salah satu contoh dua kosakata yang serupa namun tak sama adalah like dan love yang sama-sama berhubungan tentang perasaan. Kali ini, mari pelajari lebih lanjut perbedaan utama antara like dan love dalam bahasa Inggris. Like atau suka dengan seseorang memiliki arti bahwa Anda senang berada bersama orang tersebut. Sedangkan love atau cinta dengan seseorang seringkali memiliki arti bahwa Anda tidak bisa hidup tanpa keberadaannya.

Meskipun hal ini terdengar cukup klise, menyukai seseorang memang memberikan Anda perasaan berbunga-bunga di dalam dada, namun mencintai seseorang melibatkan perasaan yang jauh lebih dalam dari itu. Secara keseluruhan, perbedaan antara love dan like bergantung pada seberapa dalam perasaan Anda terhadap seseorang. Like atau menyukai seseorang mungkin akan memberikan Anda perasaan bahagia di dalam, namun sebagian besar perasaan itu hanya berlalu. Sedangkan love atau mencintai seseorang melibatkan perasaan yang lebih dalam dan rumit dan membuatnya menjadi salah satu perasaan yang paling hebat sepanjang hidup.

Kesimpulannya, love atau cinta adalah perasaan yang tidak melihat keadaan, sedangkan like atau suka adalah rasa kasih sayang yang lebih sedikit dibanding love. Mencintai seseorang artinya adalah orang tersebut berarti segalanya bagi Anda, sedangkan menyukai seseorang artinya adalah Anda hanya merasa senang berada bersama orang tersebut. Cinta terlibat dalam perasaan yang lebih kuat dan dalam, sedangkan suka hanya lebih seperti perasaan sayang biasa kepada seseorang.

Melihat dari penjelasan definisi tersebut, sepertinya sudah dapat dimengerti apa perbedaan antara like dan love yang dapat digunakan sesuai dengan konteksnya masing-masing. Akan tetapi, seperti apa perbedaan atau penggunaan like dan love dalam bahasa Inggris? Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan yang lebih mendalam.

Like

Like dalam bahasa Inggris digunakan untuk menunjukan kesukaan pribadi terhadap suatu hal atau seseorang. Akan tetapi, artinya mungkin jauh lebih kasual dibanding rasa cinta. Biasanya like digunakan untuk menyatakan preferensi seperti musik kesukaan, makanan kesukaan, dan lain sebagainya.

Penggunaan like sebagai kata kerja dapat diikuti oleh tiga hal; diikuti oleh nomina atau kata benda, diikuti oleh kata kerja dalam bentuk akhiran –ing, atau kata benda dalam bentuk infinitif (menggunakan to). Selain itu, like juga dapat digunakan bersama verba bantu ‘would’ yang menunjukan keinginan di masa depan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaan like dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • I like going to the cinema with my friends because it is so fun (Saya suka pergi ke bioskop bersama kawan-kawan saya karena itu sangatlah menyenangkan)
  • I like listening to my friends talk about their life stories (Saya suka mendengarkan kawan-kawan saya bercerita tentang kehidupan mereka)
  • I like jazz music the most because it is so calming for me (Saya paling suka musik jazz karena itu sangat menenangkan bagi saya)
  • I like the new guy in our class, I think he is very handsome (Saya suka dengan anak baru di kelas kita, menurut saya dia sangat tampan)
  • I like cooking together with my family because it brings us together (Saya suka memasak bersama keluarga saya karena itu membuat keluarga saya lebih dekat)
  • I like to make sweater every year nearing Christmas time (Saya suka membuat sweater tiap tahun menjelang Natal)
  • I like to go to the movies alone because it feels more comfortable that way (Saya suka pergi ke bioskop sendirian karena itu terasa lebih nyaman)
  • I would like to go to Paris one day with my family (Saya ingin pergi ke Paris suatu hari nanti bersama keluarga saya)
  • I would like to go to your house tonight if that’s okay with you (Saya ingin pergi ke rumah Anda malam ini jika tidak apa-apa bagi Anda)
  • I would like to have a discussion with my professor about my thesis (Saya ingin berdiskusi dengan dosen saya mengenai thesis saya)

Love

Serupa dengan like, love juga memiliki beberapa bentuk penggunaannya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Perbedaannya hanya berada pada artinya sendiri. Konteks untuk love memiliki perasaan yang lebih kuat dan lebih dalam dibandingkan dengan like. Mudahnya, love memiliki arti amat sangat menyukai sesuatu.

Dalam penggunaannya, love juga dapat diikuti oleh verba berakhiran –ing, diikuti oleh kata kerja infinitif, maupun diikuti oleh nomina atau kata benda. Love juga dapat digunakan bersama would sehingga menyatakan keinginan di masa depan yang lebih mendalam lagi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaan love dalam kalimat bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • I love hiking because it always clears my mind from all of my troubles (Saya suka sekali mendaki gunung karena itu selalu membersihkan pikiran saya dari semua masalah saya)
  • I love meditating because it makes my mind more stable (Saya suka sekali bermeditasi karena itu membuat pikiran saya lebih stabil)
  • I love to study politics because it is my passion since high school (Saya suka sekali memelajari politik karena itu adalah gairah saya sejak SMA)
  • I love to cook for my loved ones (Saya suka sekali masak untuk orang-orang yang saya sayangi)
  • I would love to work in France once I graduated (Saya ingin sekali bekerja  di Prancis setelah saya lulus)

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai perbedaan antara like dan love dalam bahasa Inggris beserta contohnya. Semoga dengan penjelasan kali ini, Anda akan semakin mengerti bahasa Inggris dan bagaimana cara untuk menggunakannya dalam keseharian.

 

Apa Perbedaan TOEFL dan IELTS?
Perbedaan Penggunaan Konjungsi dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Maybe, Perhaps, Possibly, dan Probably
Perbedaan Many dan Much dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Who dan Whom
Perbedaan antara TOEFL IBT dan PBT
Perbedaan Most dan Most Of
Perbedaan Let, Allow, dan Permit
Perbedaan Somehow Vs Anyhow Vs Somewhat Vs Somewhere
Perbedaan Penggunaan Whose, Who’s dan Whom