sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan One Day vs Someday

Sebagai English learners, kita mungkin mneyadari bahwa ada cukup banyak kata-kata dalam bahasa Inggris yang sekilas mirip tetapi sebenarnya tidak. Contohnya saja “one day” dan “someday”. Keduanya dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan sebagai “satu hari” atau “suatu hari”. Untuk itulah tidak heran jika kita menganggap keduanya sama.

“One day” dan “someday” sebenarnya berbeda. Oleh karena itu, kita tidak bisa menggunakannya sebagai pengganti dari satu sama lainnya. Lalu, apa perbedaannya? Mari kita cari tahu melalui artikel di bawah ini:

One day

Masih banyak yang mengira bahwa “oneday” itu sama saja dengan “one day”. Padahal, “oneday” (satu kata) adalah ejaan yang salah. Yang benar adalah “one day”(dua kata).

“One day” artinya adalah “suatu hari” atau “satu hari” yang bisa digunakan dalam kalimat berbentuk masa lalu (past tense) dan masa depan (future tense). Kita menggunakan “one day” dalam bentuk kalimat masa lalu untuk menjelaskan kejadian yang terjadi pada suatu waktu tertentu di masa lalu. Mari kita lihat contoh berikut untuk lebih jelasnya:

  • Rico and Albert were best friends. However, one day something happened that led to break off their friendship. (Rico dan Albert bersahabat . Namun, suatu hari sesuatu terjadi yang menyebabkan persahabatan mereka putus)
  • One day I went to the market to buy some groceries and I met the person who is now my husband. (Suatu hari saya pergi ke pasar untuk membeli bahan-bahan makanan dan bertemu dengan orang yang sekarang adalah suami saya)
  • Zack sent a rose every day to Nina, until one day he had to move out of town. (Zack mengirimkan setangkai bunga mawar kepada Nina setiap hari, sampai suatu hari dia harus pindah ke luar kota)
  • Daniel used to take public transportations to get him everywhere, but one day he won a lottery and used the money from the lottery to buy a car. He now doesn’t take public transportations anymore. (Daniel dulunya memakai kendaraan umum untuk pergi ke mana saja, tetapi suatu hari dia memenangkan lotre dan menggunakan uang yang ia dapat dari lotre untuk membeli mobil. Dia sekarang tidak menggunakan kendaraan umum lagi)
  • One day me and my brother went to the beach. (Suatu hari saya dan saudara saya pergi ke pantai)

Sementara itu, “one day” yang digunakan dalam kalimat berbentuk masa depan adalah untuk mendeskripsikan suatu kejadian yang akan dilakukan atau terjadi di masa depan. Orang yang mengucapkan kalimat (speaker) memiliki keyakinan, tekad, janji, atau sumpah bahwa ia akan melakukan sesuatu tersebut atau sesuatu tersebut akan terjadi di masa depan. Dalam konteks ini “one day” bisa diterjemahkan menjadi “suatu hari nanti” Contoh:

  • We will live in our own house one day. (Kita akan tinggal di rumah kita sendiri suatu hari nanti)
  • One day everyone on Earth will be able to go to the moon. (Suatu hari nanti semua orang di bumi bisa pergi ke bulan)
  • One day I will live in New Zealand. (Suatu hari nanti saya akan tinggal di Selandia Baru)
  • You will achieve your dream one day. (Kamu akan mewujudkan impianmu suatu hari nanti)
  • One day our country will become very rich. (Suatu hari negara kita akan menjadi negara kaya raya)

Someday

Cukup banyak English learners yang masih keliru bahwa “someday” (satu kata) dan “some day” (dua kata) itu sama saja. Namun, keduanya berbeda. Kita akan membahas perbedaan keduanya di waktu lain. Sekarang, mari kita fokus pada kata “someday” terlebih dahulu.

“Someday” bisa diterjemahkan menjadi “suatu hari”, atau “suatu hari nanti”. Berbeda dengan “one day”, “someday” hanya bisa digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang akan terjadi di masa depan. Kita tidak boleh menggunakan “someday” untuk menceritakan kejadian di masa lalu yang sudah terjadi. Mari kita lihat contoh penggunaan “someday” dalam kalimat di bawah ini:

  • Someday I will get married. (Suatu hari saya akan menikah)
  • You will buy a car someday. (Kamu akan membeli mobil suatu hari)
  • Someday we will graduate. (Suatu hari nanti kita akan lulus)
  • I will become a doctor someday. (Saya akan menjadi dokter suatu hari nanti)
  • They will visit us someday. (Mereka akan mengunjungi kita suatu hari)

Bedanya dengan “one day”, pada “someday” si pembicara (speaker) tidak menyiratkan bahwa ia bertekad, berjanji, atau bersumpah bahwa apa yang diucapkannya akan terjadi. Kejadian yang diceritakan dengan “someday” diharapkan akan terjadi secara alami suatu hari tanpa ada usaha lebih untuk mewujudkannya.

Mari kita lihat contoh berikut ini untuk lebih jelasnya:

  1. I will see aurora borealis in Iceland one day. (Saya akan melihat aurora borealis di Islandia suatu hari nanti)
  2. I will see aurora borealis in Iceland someday. (Saya akan melihat aurora borealis di Islandia suatu hari nanti)

Kalimat 1 menyiratkan bahwa si pembicara yakin, bersumpah, atau berjanji bahwa ia akan melihat aurora borealis di Islandia. Dia akan berusaha untuk membuat itu terwujud. Sementara itu pada kalimat 2, si pembicara tidak menyiratkan dia berjanji atau bersumpah, namun ia mengharapkan bahwa ia akan melihat aurora borealis di Islandia. Itu kemungkinan besar akan terjadi meskipun tanpa harus berusaha lebih. Hanya masalah waktu saja itu akan terjadi.

 

Perbedaan Serial Killer vs Cereal Killer
Perbedaan Some vs Any
Perbedaan Either vs  Whether
Perbedaan Made from, Made of, Made out of, dan Made with
Perbedaan Have vs Has vs Had
Perbedaan “Vice versa”, “Opposite”, “Versus”, “Vice”, “Likewise”, dan “Ditto”
Perbedaan Grateful, Thankful, Blessed
Perbedaan Will, Would, Shall, Should, dan Could
Perbedaan Have Been, Has Been, dan Had Been
Perbedaan Ungkapan “my pleasure”, “you’re welcome”, “my honor”, “the pleasure is mine”