sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Penggunaan Few vs A Few vs Little vs A Little

Ada banyak sekali detail-detail kecil dalam bahasa Inggris yang terlihat remeh, namun memiliki penjelasan khusus. Salah satu contohnya adalah penggunaan “a few”, “a little” dan sejenisnya.

Kalian mungkin sudah cukup sering menjumpai kalimat-kalimat yang mengandung frasa tersebut. Dan kali ini, kita akan melakukan pembahasan tentang materi tersebut.

“A few”, “a little”, “few”, serta “little” merupakan bagian dari determiner dalam bahasa Inggris. Determiner, atau kata penentu, memiliki fungsi yang bermacam-macam; dan untuk ke-empat kata ini, fungsinya adalah untuk menunjukkan jumlah kecil atau sedikit.

Selain berperan sebagai determiner, “a few”, “a little”, “few”, serta “little” juga dapat berfungsi sebagai pronoun atau kata ganti. Akan tetapi, kali ini kita akan fokus pada kegunaan mereka sebagai determiner saja.

Lalu, apa perbedaan “a few” dan “a little”? Apakah “a few” dan “few” berbeda? Adakah aturan khusus dalam penggunaannya meski semuanya memiliki makna yang sama?

Simak uraian berikut.

A Few Vs A Little

Pertama-tama, kita akan membahas perbedaan determinera few” bila disandingkan dengan “a little”. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya; kedua determiner ini sama-sama menunjukkan jumlah kecil alias bermakna “sedikit”.

Adapun penggunaannya dibedakan menurut jenis nomina yang dimaksudkan, apakah benda yang dapat dihitung (countable nouns) atau yang tidak dapat dihitung (uncountable nouns).

“A few” digunakan sebagai determiner untuk benda-benda yang dapat dihitung; sedangkan “a little” khusus untuk benda-benda yang tidak dapat dihitung.

Benda-benda yang dapat dihitung (countable nouns) antara lain: apple (apel), book (buku), cupboard (lemari), door (pintu), ear (telinga), fan (kipas), girl (perempuan), hotel (hotel), idea (gagasan), joke (lelucon), dan lain sebagainya.

Contoh kalimat:

  • My mother bought a few oranges yesterday (Ibuku membeli sedikit jeruk kemarin)
  • Nabila had a few cookies for breakfast (Nabila makan sedikit kue untuk sarapan)
  • I have a few friends that live in Jakarta (Aku punya sedikit teman yang tinggal di Jakarta)
  • You need to bring a few bags for the trip (Kamu perlu membawa sedikit tas untuk perjalanan itu)
  • Carina wrote a few letters before leaving for her hometown

(Carina menulis sedikit surat sebelum berangkat ke kota asalnya)

*Catatan:

“A few” menunjukkan jumlah kecil yang tidak spesifik. Meskipun yang dimaksud bisa juga berjumlah satu, namun kita tetap harus menggunakan bentuk plural atau jamak dari kata benda yang disandingkan dengan determiner “a few”.

Adapun benda-benda yang tidak dapat dihitung (uncountable nouns) contohnya: milk (susu), water (air), sugar (gula), fun (kesenangan, hiburan), hair (rambut), knowledge (pengetahuan), music (musik), health (kesehatan), work (pekerjaan), dan lain-lain. Nomina ini tidak memiliki bentuk plural (jamak).

Contoh kalimat:

  • I still have a little money for shopping (Aku masih memiliki sedikit uang untuk berbelanja)
  • The teacher will give a little homework for the weekend (Sang guru akan memberikan sedikit PR untuk akhir pekan)
  • I think our neighbor needs a little help with his car (Aku rasa tetangga kita membutuhkan sedikit bantuan untuk mobilnya)
  • Even though they are tired, the kids still have a little motivation to win the game (Meskipun mereka lelah, anak-anak itu masih memiliki sedikit motivasi untuk memenangkan permainannya)
  • You have to add a little salt to your soup (Kamu harus menambahkan sedikit garam dalam supmu)

A Few Vs Few

Selanjutnya, kita akan membahas tentang perbedaan antara “a few” dan “few” sebagai determiner. Pada dasarnya, keduanya masih memiliki fungsi yang sama; yakni untuk menunjukkan jumlah kecil dari suatu kata benda yang dapat dihitung. Akan tetapi, konotasi yang ditimbulkan masing-masing berbeda.

“A few” menunjukkan jumlah yang sedikit, namun konotasinya positif. Sedangkan determiner “few” menunjukkan konotasi negatif alias “kurang”. Penggunaan “a few” mengimplikasikan makna “some” (beberapa), sedangkan penggunaan “few” merujuk pada makna “not a lot” (tidak banyak) atau kurang dari yang diharapkan.

Contoh kalimat:

  • Rani is happy. She is having a few guests today. (Rani sedang bahagia. Ia kedatangan beberapa tamu hari ini)
  • Liana is sad. She is having few guests today. (Rani sedang sedih. Ia hanya kedatangan sedikit tamu hari ini)

[Dalam kalimat pertama, terlihat bahwa sedikitnya jumlah tamu yang mendatangi Rani tidak memberikan pengaruh. Sedangkan dalam kalimat kedua, sedikitnya jumlah tamu yang datang membuat Liana bersedih; menunjukkan bahwa sebenarnya ia memiliki ekspektasi terhadap banyaknya tamu yang datang. Namun, kenyataan yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.]

A Little Vs Little

Perbedaan antara determiner “a little” dan “little” masih sebanding dengan “a few” dan “few”. Hanya saja, “a little” dan “little” berlaku untuk kata benda yang tidak dapat dihitung (uncountable nouns).  “A little” memberikan kesan positif seperti halnya “a few”, dan “little” menghadirkan konotasi negatif seperti “few”.

Contoh kalimat:

  • Christian likes the coffee. It has a little sugar in it. (Christian menyukai kopinya. Ada sedikit gula di dalamnya)
  • Jonathan doesn’t like the coffee. It has little sugar in it. (Chirstian tidak suka kopinya. Hanya ada sedikit gula di dalamnya)

[Dari kedua kalimat tersebut, diketahui bahwa kopi yang diminum Christian dan Jonathan sama-sama mengandung sedikit gula. Bedanya, itu membuat Christian suka namun tidak dengan Jonathan. Dari contoh tersebut dapat kita simpulkan bahwa Christian menyukai kopi yang cenderung pahit; sedangkan Jonathan lebih memilih minum kopi yang cenderung manis.]

 

Perbedaan I Too, I Also, Me Too, dan Me Also
Perbedaan: Compliment vs Complement
Perbedaan Kata Benda Plural vs Singular
Perbedaan: Beside vs Besides
Perbedaan: Life, Live, Lives, dan Living
Perbedaan Maybe, Perhaps, Possibly, dan Probably
Perbedaan: So vs Too
Perbedaan Penggunaan Few vs A Few vs Little vs A Little
Perbedaan IELTS Academic dan General Training
Perbedaan: God, Gods, Goddess, Deity


 
Perbedaan Penggunaan “That” vs “Which” dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Article A/An dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan Do vs Be dalam Kalimat Tanya
Penggunaan Gerund dalam Kalimat Bahasa Inggris
Penggunaan Tanda Koma dalam Bahasa Inggris
Daftar Kata Tanya dan Penggunaannya
Contoh Menulis Surat Cinta kepada Pacar Lewat Surat Pos
Contoh Mengundang Teman ke Acara Ulang Tahun Lewat E-Mail
Contoh Mendeskripsikan Orang yang Duduk di Samping Berdasarkan Penampilan (Appearance)
Cara Lain Mengatakan No dalam Bahasa Inggris