sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Penggunaan Lets, Let’s and Let

Untuk menunjukkan suatu kalimat ajakan kepada seseorang, kita seringkali menggunakan kata “Let’s” untuk mengungkapan permintaan kita kepada mereka, semisal kita ingin mengajak mereka pergi ke suatu tempat, mengajak mereka bersih-bersih, atau mengajak mereka pergi keluar untuk bermain. Nah, disamping kata Let’s ada dua kata lain yang hampir serupa, tapi tak sama yakni kata Lets dan Let. Lalu apa saja perbedaan yang ada pada ketiga kata tersebut ?

Oke, meskipun pengucapan dari ketiga kata tersebut sama, namun ada perbedaan yang cukup signifikan lho. Jadi, kita perlu hati-hati pada saat menggunakan kata-kata tersebut, karena letak tanda petik dan huruf s saja dapat mempngaruhi struktur suatu kalimat yang akan kalian tulis. Jangan sampai salah meletakkan kata tersebut pada suatu kalimat karena perbedaan kecil saja dapat memberikan dampak yang material.

Jadi, untuk lebih memahamai pengertian mengenai apa saja perbedaan dari ketiga kata tersebut, mari kita ulas kata-kata tersebut satu persatu dimulai dari kata yang sering kita gunakan dalam percakapan sehari-hari, yaitu “Let’s”

Let’s

Kata let’s sebenarnya merupakan sebuah singkatan dari kedua kata yang berbeda, “let” dan “us”. Jadi, jika kalian mengucapkan kata let’s sebelum suatu kata kerja, maka artinya akan sama dengan kata let us. Penggunaan yang sesuai untuk kata let’s ini adalah pada saat kita ingin mengajak seseorang, atau suatu kelompok untuk melakukan sesuatu bersama-sama, seperti mengajak bermain sepak bola di luar, bermain PS, atau mengajak belajar. Kata ini tidak memandang siapa subjeknya karena digunakan dalam perspektif orang pertama. Dan juga, let’s dapat dicapkan kepada siapa saja yang merupakan lawan bicara dari subjek yang mengatakan kata ini. Untuk lebih paham mengenai kata let’s ini, ada beberapa contoh yang akan kami tampilkan sebagai ilustrasi penggunaan kata let’s.

  • “Let’s go shopping, i want to but some stuff for next week” / “Let us go shopping” (Ayo pergi berbelanja, aku mau beli beberapa hal untuk minggu depan)
  • “Let’s go to the beach, it’s a weekend afterall” / “Let us go to the beach” (Ayo pergi ke pantai, kan ini akhir pekan)
  • “Don’t be too lazy, let’s be more productive for today!” / “Don’t be too lazy, let us be more productive for today” (Jangan terlalu malas, ayo kita lebih produktif hari ini)
  • “Never do anything carelessly, let’s be careful next time” / “let us be careful nex time” (Jangan sampai melakukan sesuatu dengan tidak hati-hati, ayo lebih hati-hati lain kali)
  • “Let’s go to that restaurant, many people said that it’s a nice one” / “let us go to that restaurant” (Ayo kita pergi ke resoran itu, banyak orang bilang disana bagus)
  • “You can go to mall after this, but let’s have some fun playing videogames first” / “let us have some fun playing video games first” (Kamu bisa pergi ke mall setlah ini, ayo kita main beberapa game dulu)
  • “Let’s go to school, there’s a quiz today” / “let us go tos school” (Ayo pergi ke sekolah, hari ini ada kuis)
  • “Let’s go swimming, it’s very hot today” / “let us go swimming” (Ayo kita pergi berenang, hari ini sangat panas)

Nah, setelah melihat beberapa contoh di atas, kamu bisa mengambil kesimpulan bahwa let’s hanya digunakan sebagai kalimat ajakan dan seringkali disampaikan oleh orang pertama. Setelah memahami tentang penggunaan kata let’s, mari kita beralih ke pembahasan yang lainnya yaitu Let dan Lets. Mari kita mulai dengan Let.

Let

Lain halnya dengan let’s, let dibukan diartikan sebagai kata “ayo”, namun lebih ditujukan sebagai kata kerja yang berarti “membiarkan”. Kata let dapat digunakan dalam dua struktur kata, yakni untuk menyatakan perintah seperti lepaskan dia, biarkan dia bermain di lapangan, dan juga sebagai kata yang digunakan dalam kalimat indikatif seperti “aku membiarkannnya pergi tadi malam”, “Dia membiarkanku pergi tadi malam”. Dan penggunaan kata let ini  hanya berlaku pada subjek they, we, i, you saja. Beberapa contoh dari kata let dijabarkan sebagai berikut :

  • “I let him go last night” (Aku membiarkannya pergi tadi malam)
  • “We let him eat for today, next theme there will be consequences” (Kita biarkan dia makan untuk hari ini, lain kali ada konsekuensinya)
  • “They let us to eat the foods in the wedding reception, it’s awesome” (Mereka membiarkan kita makan di resepsi pernikahan, bagus sekali)
  • “Did they let you go to the field yesterday?” (Apakah mereka membiarkanmu pergi ke lapangan kemarin?)
  • “Do you want to let me use the bathroom first?” (Apakah kamu ingin membiarkan aku menggunakan kamar mandinya terlebih dahulu?)
  • “ I don’t let you to enter my room” (Aku tidak akan membiarkan kamu masuk kedalam kamarku”
  • “You don’t let me go with her? She’s only my friend” (Kamu tidak membiarkan aku pergi dengannya? Dia kan cuman temanku”

Lets

Sedikit berbeda dengan let, lets digunakan oleh subjek she, he, it. Kata lets dapat digunakan pada kalimat positive, namun tidak pada kalimat negative dan introgative. Jadi, kita menggunakan kata let pada saat suatu kalimat berbentuk negative dan introgative, seperti pada contoh di bawah ini :

  • “She doesn’t let me go to bar tonight” (Dia tidak membiarkanku pergi ke bar malam ini)
  • “He lets me to cook for him, i don’t know for how long” (Dia membiarkanku memasak untuknya, tapi aku tidak tahu untuk berapa lama)
  • “My mother lets me to play with my friends, but after all the tasks are done” (Ibuku membiarkanku untuk main dengan teman-teman, tapi setelah semua tugas sudah selesai)
  • “Does she let you to bring alcohol to the house?” (Apakah ia membiarkanmu membawa alkohol ke rumah?)

 

Perbedaan Penggunaan Get, Take, Pick, Bring, Pick
Penggunaan ‘How’
Perbedaan Attain vs Obtain
Perbedaan Maybe vs Perhaps
Perbedaan Less Vs Fewer
Penggunaan “Like” vs “Likes”
Perbedaan Verbal dan Nominal dalam Bahasa Inggris
Perbedaan When vs While
Penggunaan “When It Comes to”
Perbedaan ‘Goose’ dan ‘Geese’