sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Penggunaan Many vs Much

Seperti yang kamu semua sudah ketahui, Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang tentunya secara garis besar digunakan oleh semua orang di dunia untuk bisa saling berkomunikasi tanpa adanya rasa kebingungan atau keambiguan. Oleh karena itu, belajar Bahasa Inggris itu sebenarnya sangat penting loh! Meskipun terkadang kita harus berpikir lebih keras untuk bisa mengetahui apa maksud dari kata-kata bahasa Inggris tersebut.

Oke, pada perjumpaan kali ini kita akan membahas satu hal atau topik yaitu Many dan Much. Dua kata tersebut tidak terdengar asing bukan? Many dan Much seringkali digunakan untuk menyatakan jumlah suatu benda, bisa benda hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan, atau benda mati seperti mobil, lampu, laptop, dan sebagainya. Sebelum membahas perbedaan dari keduanya, mari kita bahas mengenai kata yang pertama, yaitu Many.

Many

Many dan Much adalah komponen kata untuk menyatakan jumlah. Mereka dapat disebut sebagai pronoun juga, untuk itu setelah pengucapannya akan selalu diikuti oleh noun. Khusus untuk many, noun yang dapat digunakan adalah yang termasuk dalam countable noun, artinya adalah kata yang menyatakan jumlah yang dapat dihitung. Jadi, jika kamu ingin menyampaikan suatu jumlah yang bisa dihitung, misalanya jumlah mobil jumlah makanan, jumlah bangunan, dan lain-lain, maka gunakanlah kata Many, bukan Much. Dan jumlah tersebut harus jamak atau plural, jadi kata Many tidak akan cocok apabila digunakan pada kata-kata yang menyatakan jumlah tunggal seperti seorang diri, seorang putri, sebuah apel, dan sebagainya.

Contoh penggunaan kata “Many”

  • So, how many do you take? (Jadi, berapa banyak yang kamu ambil)
  • Mr. Yoga has so many cats (Pak Yoga punya banyak sekali kucing)
  • Don’t eat too many bananas, give me some! (Jangan makan terlalu banyak pisang, aku juga mau!)
  • Many people want to go to Japan, me to actually. (Banyak orang suka pergi ke Jepang, aku juga sih)
  • On the next holiday, i’ll bring so many candies for my sisters! (Di liburan berikutnya, aku akan bawa banyak sekali permen untuk adik-adikku!)
  • In the next break time, Mrs. Mirra will give us so many apples! (Pada saat istirahat berikutnya, Bu Mirra akan memberikan kita banyak apel!)
  • After the students complete their study in three years, many of them will be workers (Setelah murid selesai menuntut ilmu selama tiga tahun, banyak dari mereka akan menjadi pekerja)

Kamu bisa mengkombinasikan kata Many dengan kalimat-kalimat yang lainnya. Tapi, jangan sampai lupa satu syarat penting yang harus diingat, yakni benda atau noun yang ada pada kalimat tersebut harus bisa dihitung. Jika tidak, maka penggunaan kata Many menjadi tidak tepat. Sebaliknya, untuk menyatakan jumlah yang tidak bisa dihitung atau non countable noun, kamu bisa menggunakan pilihan kata lainnya, yaitu Much.

Much

Lain halnya dengan kata Many, Much seringkali digunakan untuk menyatakan jumlah yang masih, dan juga tidak dapat dengan mudah dihitung, seperti air, angin, pasir, pengalaman, dan hal-hal lain yang sangat sulit untuk ditakar. Dan juga, penggunaan kata Much ini dipakai untuk menyatakan jumlah noun yang besar, namun tetap berada pada singular form. Jadi, kata yang singular tadi, apabila dikombinasikan dengan much, maka akan terkesan lebih banyak atau lebih besar.

Contoh penggunaan kata “Much”

  • There’s so much to do here, first, we should clean the house. (Ada banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan, pertama kita bersihkan dulu rumah ini)
  • Don’t drink to much soda, it’ll be bad for you in the future. (Jangan terlalu banyak minum minuman bersoda, itu akan berdampak buruk pada dirimu di masa depan)
  • I give her so much love, yet she still ignores me. (Meski aku sudah memberikan dia banyak sekali cinta, tapi dia tetap mengacuhkanku)
  • The important thing is not about how much you take, but how much you give. (Hal terpenting bukanlah seberapa banyak hal yang kamu dapat, tapi seberapa banyak kamu beri)
  • During 2018, there’s not much show in this area (Sepanjangan tahun 2018, di area ini tidak banyak show/pertunjukan)

Kata Many dan Much juga dapat dikombinasikan dengan kata imbuhan lainnya seperti “To”, “So”, “As_as”, dan juga “How” sebagai kalimat tanya. Contoh-contohnya bisa dilihat pada bagian di bawah ini :

  • Don’t put too much sauce, i’ll prever more cheese (Jangan taruh banyak saus, aku lebih suka jika kejunya lebih banyak)
  • Too many children to feed. (Banyak anak untuk diberi makan)
  • So many things to see in this world (Banyak sekali hal yang harus dilihat di dunia ini)
  • There’s so much to do in this short time (Ada banyak sekali hal yang harus dilakukan di waktu yang singkat ini)
  • Take as many candies as you want. (Ambil permen-permen itu sebanyak yang kamu mau)
  • He wants to make as much money as my 30 years old saving, it’s ridiculous (Dia ingin menghasilkan uang sebanyak tabunganku selama 30 tahun, itu konyol)
  • How many cars do you have? (Berapa banyak mobil yang kamu punya)
  • How much salt you want on your steak? (Berapa banyak garam yang kamu mau di atas steak mu?)

 

Preposisi “In” dan Penggunaannya
Perbedaan AM dan PM dalam Bahasa Inggris
Penggunaan “Do A Favor”
Perbedaan Use To dan Used To?
Penggunaan “Should” dan “Should Not”
Penggunaan Kata “Each”
Perbedaan antara Suggestion dan Recommendation dalam Bahasa Inggris
Perbedaan: Avenge vs Revenge vs Vengeance
Perbedaan Some vs Any
Penggunaan “When It Comes to”