sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Penggunaan Moreover dan Furthermore

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang wajib untuk dipelajari oleh semua orang. Hal ini dikarenakan, bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Akan tetapi, seringkali kosakata yang ada dalam bahasa Inggris dirasa tidak jauh berbeda dengan kosakata lainnya, meskipun sebenarnya cara penggunaan dan artinya memiliki sedikit perbedaan.

Salah satu contohnya adalah adverbia Moreover dan Furthermore yang cukup sulit untuk dilihat terdapat perbedaan. Keduanya memang sama-sama merupakan adverbia dan digunakan untuk mengelaborasi lebih lanjut mengenai suatu hal. Akan tetapi, terdapat beberapa perbedaan dalam penggunaannya.

Cara untuk mengetahui perbedaan penggunaannya sebenarnya bertumpu pada posisi kedua kosakata tersebut dan fungsinya dalam sebuah kalimat. Untuk lebih jelasnya, berikut di bawah ini merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaannya.

Furthermore

Furthermore memang sebenarnya merupakan salah satu sinonim dari moreover. Akan tetapi, terdapat fungsinya dalam sebuah kalimat yang berbeda dengan satu sama lain. Furthermore digunakan untuk menambahkan suatu informasi, memiliki arti “selain itu” atau “terlebih lagi”, dan digunakan untuk menunjukkan informasi tambahan.

Sebagai contohnya, berikut ini beberapa contoh penggunaan furthermore dalam sebuah kalimat bahasa Inggris:

  • Surprisingly, this research has shown that there is a long-term effects of pollution in big city. Furthermore, this long-term effects has been starting to show in the last decade. (Mengejutkannya, riset ini telah menunjukkan bahwa ada efek jangka panjang dari polusi di kota besar. Terlebih lagi, efek jangka panjang ini telah mulai terlihat dalam satu dekade terakhir)
  • She is the best in the class; furthermore, she studies hard to get good grades (Dia adalah yang terbaik di kelas; terlebih lagi, dia belajar dengan keras untuk mendapatkan nilai bagus)
  • This place is, furthermore, the best hotel that this region could offer. (Tempat ini, terlebih lagi, adalah hotel terbaik yang ada di daerah ini)

Moreover

Jika furthermore memiliki fungsi adverbia yang memberikan informasi tambahan, moreover berfungsi sebagai adverbia konjungtif yang tidak hanya memberikan informasi tambahan namun juga bisa menghubungkan dua kalimat. Moreover dapat memiliki arti “selain yang telah dikatakan atau dinyatakan” dan “ditambah lagi.”

Agar dapat terlihat lebih jelas, berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan moreover dalam sebuah kalimat bahasa Inggris:

  • Moreover, the new students also agrees that this regulation should be erased for good. (Ditambah lagi, para siswa baru juga setuju bahwa regulasi ini sebaiknya dihapuskan selamanya)
  • The teachers has been discussing about a new teaching system to further improve the quality of their students, moreover the head of education department agrees. (Para guru telah berdiskusi mengenai sistem pengajaran yang baru untuk terus memperbaiki kualitas murid mereka; ditambah lagi, kepala departemen pendidikan setuju)
  • It is dangerous for children under 5 years old to swim without their parents’ supervision, moreover it is against the rules (Bahaya untuk anak-anak di bawah 5 tahun berenang tanpa pengawasan orangtua mereka, terlebih lagi itu melawan peraturannya)
  • I stand by my argument that the government should pay for the citizens’ healthcare and it is, moreover, the right thing to do. (Saya tetap pada argumen saya bahwa pemerintah seharusnya membayar jaminan kesehatan para masyarakat dan itu, ditambah lagi, adalah hal yang tepat untuk dilakukan)

Penggunaan Pada Awal Kalimat

Selain dilihat dari fungsi kedua adverbia, furthermore dan moreover juga dapat dilihat dari bentuk penggunaannya dalam sebuah kalimat. Salah satunya adalah penggunaan di awal kalimat. Jika Anda menggunakan kedua adverbia tersebut pada awal kalimat, Anda harus meletakkan koma setelahnya. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaannya di awal kalimat.

  • Furthermore, this research shows that youngsters these days are more interested in learning new languages (Terlebih lagi, riset ini menunjukkan bahwa anak muda jaman sekarang lebih tertarik dalam mempelajari bahasa-bahasa baru)
  • Moreover, the principal agree with that statement (Ditambah lagi, kepala sekolah setuju dengan pernyataan tersebut)
  • Furthermore, a solution to this problem has been proposed by the government (Terlebih lagi, sebuah solusi untuk masalah ini telah diajukan oleh pemerintah)
  • Moreover, this has been proven by numerous studies over the years (Ditambah lagi, hal ini telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian selama beberapa tahun)

Menyatukan Dua Klausa Berbeda

Gunakan semikolon dan koma dengan furthermore dan moreover untuk memperkenalkan klausa baru dalam sebuah kalimat. Klausa baru ini dapat berdiri sendiri dalam artian ia sudah memiliki subjek dan kata kerja sendiri yang mengekspresikan satu pemikiran yang lengkap.

Ketika digunakan untuk menyatukan dua klausa yang berbeda, furthermore dan moreover disebut sebagai adverbia konjungtif karena mereka berfungsi sebagai konjungsi. Untuk beberapa bentuk tulisan juga, terkadang kedua adverbia ini hanya digunakan sebagai konjungsi dan hanya menggunakan koma. Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh penggunaannya dalam sebuah kalimat:

  • Running at the hall is against the rules; moreover, you might crash into someone (Berlari di lorong itu melanggar peraturan; ditambah lagi, Anda mungkin akan menabrak seseorang)
  • He is a good leader; furthermore, he always tries to listen to critics. (Dia pemimpin yang bagus; terlebih lagi, dia selalu berusaha untuk mendengar kritik)
  • We are going to Paris this summer to get a cheaper plane tickets, moreover it is less crowded during the summer there (Kami akan pergi ke Paris musim panas ini untuk mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah, ditambah lagi lebih tidak ramai saat musim panas di sana)

Menekankan Pernyataan

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan furthermore dan moreover untuk menekankan pernyataan. Biasanya, adverbia ini diapit oleh dua koma jika Anda ingin membuatnya berfungsi sebagai penekanan pernyataan. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaannya dalam sebuah kalimat:

  • The research, furthermore, leads to the fact that police brutality is getting higher by the day (Riset itu, terlebih lagi, menuju pada fakta bahwa kekerasan polisi semakin meninggi tiap hari)
  • You can, moreover, take notes of the main points of this subject to learn more about it at home (Anda bisa, ditambah lagi, mencatat poin utama dari subjek ini untuk mempelajarinya lebih lanjut di rumah)

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai perbedaan penggunaan furthermore dan moreover dalam sebuah kalimat. Semoga dapat membantu pembelajaran Anda lebih lanjut dan dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

 

Perbedaan Penggunaan Just, Already, Still, Yet
Perbedaan Penggunaan Must dan Have To
Perbedaan Too vs Enough
Perbedaan Penggunaan “That” vs “Which” dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Wether, Weather, Whether
Perbedaan Necessity, Expectation, dan Obligation
Perbedaan Preferensi: Like, Prefer, Would Prefer, Would Rather
Perbedaan Assure, Ensure, dan Insure
Perbedaan: Lend, Borrow, Owe
Perbedaan Passive Voice dan Active Voice