sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Penggunaan Use to, Used to, dan Get used to

Sekarang kita akan membahas penggunaan kata Use to, Used to, dan Get used to. Kata-kata tersebut seringkali membuat kita bingung, terlebih lagi bagi seseorang yang baru saja belajar bahasa Inggris. Namun ternyata, banyak juga orang asing yang masih belum begitu mengerti atas penggunaan dari ketiga kata yang hampir sama ini.

Kita memiliki tiga kata berbeda dengan elemen yang sama yaitu “Use to” Kata ini digunakan untuk menyatakan suatu kondisi dimana kita tidak melakukan suatu aktifitas tertentu pada saat ini. Dan aktifitas tersebut selalu kita lakukan di masa dahulu. Semisal, pada kita kecil kita seringkali minta gendong ke orang tua, namun sekarang tidak.

Pada umumnya, ketiga kata tadi digunakan untuk menyatakan kondisi tersebut. Namun dikarenakan oleh penggunaannya yang berbeda-beda, kita perlu mengerti saat yang tepat untuk menggunakan kata “Use to”, “Used to”, dan juga “Get Used to”. Untuk itu, mari kita pelajari ketiga kata tersebut satu persatu dimulai dari kata yang pertama, Use to.

Use to

Sebenarnya Use to dan Used to memiliki arti yang sama, dan digunakan untuk menyatakan suatu kondisi yang sama pula. Ada hal lain juga yang menjadikan penggunaan kata use to atau used to semakin membingungkan, yakni karena dua hal, penggunaan used to sebagai adjective dan penggunaan lain sebagai verb. Kata “Use to”, seringkali digunakan untuk menyatakan suatu kebiasaan yang terjadi di masa lampau, misalnya apakah di masa lalu kamu sering merokok? Apa dulunya ia seorang yang suka menjahili temannya? Dan lain sebagainya. Namun perlu diingat bahwa penggunaan kata Use to ini hanya berlaku untuk kalimat tanya dan juga kalimat negatif. Mengapa? Karena dalam kalimat tersebut kita sudah menggunakan kata dasar untuk menyatakan kata kerja di masa lalu seperti “Did”.

Untuk lebih memahami makna dari penjelasan di atas, ada baiknya kita belajar dari beberapa contoh yang akan kami berikan di bawah ini :

  • Kalimat Negatif
    • He didn’t use to do it, he’s still a newbie after all (Dia belum terbiasa untuk melakukannya, dia juga masih pemula)
    • I didn’t use to wake up on the morning, i need to work at night (Aku tidak terbiasa untuk bangun pagi, karena malamnya aku bekerja)
    • I didn’t use to work my papers alone, i need some friends to complete them all (Aku tidak terbiasa mengerjakan tugas sendirian, aku butuh beberapa teman untuk menyelesaikannya)
    • So, she didn’t use to have a boyfriend, now she has one. (Jadi, dia dulunya tidak terbiasa untuk punya pacar, namun sekarang ia berpacaran)
    • He didn’t use to walk all the way to school, but now he has to do it (Dulunya ia tidak terbiasa untuk jalan ke sekolah, namun sekarang ia harus melakukannya)
    • I didn’t use to have an alarm clock, but now i must have one  (Dulu sebenarnya aku tidak terbiasa untuk mempunyai jam alarm, tapi sekarang aku harus punya)
  • Kata Tanya
    • Did your father use to ride his harley afterwork? (Apa dulunya ayahmu kebiasaan naik harley saat selesai kerja?
    • Did she use to bring an umbreall to school? (Apa dulunya ia terbiasa untuk membawa payung ke sekolah?)
    • Did you use to wait for me? (Apa dulu kamu terbiasa untuk menungguku?

Used to

Sedikit berbeda dengan kata Use to, Used to dapat digunakan untuk menyatakan suatu kebiasaan di masa lampau dengan kalimat positif. Jadi, kamu hanya dapat menggunakan used to untuk kalimat positif, untuk kalimat negatif dan kalimat tanya, lebih baik menggunakan kata Use to. Dan juga, Used to ini digunakan untuk menyatakan sesuatu yang menjadi kebiasaan saat ini, bukan di masa lampau.

Inilah beberapa contoh untuk “Used to” :

  • I’m used to bring him in my meeting, don’t worry (Aku sudah biasa membawa dia ke pertemuanku, jangan khawatir)
  • Even though it sounds strange, she’s used to eat with her bare hand (Meskipun terdengar aneh, dia sudah biasa makan menggunakan tangannya)
  • Many people do feel uncomfortable with her voice, but it’s okay for me, i’m used to it (Walaupun banyak orang merasa tidak nyaman dengan suaranya, tapi bagiku tidak masalah, aku sudah terbiasa)

Get Used to

Hampir sama dengan kata Used to, hanya saja Get Used to ini lebih menunjukkan bahwa seseorang sudah mulai terbiasa untuk melakukan sesuatu yang dianggap asing baginya. Contohnya, aku mulai terbiasa bangun pagi, dia mulai terbiasa pergi bekerja dengan membawah mobil, dan lain sebagainya. Agar lebih jelas, kamu bisa melihat beberapa contohnya di bawah :

  • I’m getting used to watch a movie every weekend (Aku mulai terbiasa untuk menonton film tiap akhir pekan)
  • Even though for you it’s really strange, you’ll get used to it pretty soon (Meski bagimu sangat aneh, tapi kamu akan segera mulai terbiasa)

 

Penggunaan Is vs Are
Perbedaan Penggunaan Kata Will dan Going To
Penggunaan Kata Just & Only
Penggunaan Kata “An”
Perbedaan Penggunaan Many vs Much
Penggunaan Kata Would
Perbedaan Safe vs Save, Safe vs Secure, Safety vs Security, Fail Save vs Fail Secure
Perbedaan Proverb, Idiom, dan Expression
Penggunaan Kata “Even”
Perbedaan: A lot of vs Lots of