sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Serial Killer vs Cereal Killer

Cukup banyak kata dan frasa dalam bahasa Inggris yang memiliki pelafalan dan ejaan yang mirip. Kemiripan ini cukup sering membuat banyak orang terutama para English learners kebingungan. Contohnya adalah frasa “serial killer” dan  frasa “cereal killer”.  Keduanya memiliki pelafalan yang sama, namun artinya sangat jauh berbeda. Oleh karena itu, penggunaannya juga berbeda.

Kali ini kita akan mempelajari perbedaan “serial killer” dan “cereal killer” melalui penjelasan di bawah ini. Tanpa menunggu lama lagi, mari kita langsung lihat saja penjelasannya:

Serial, Cereal, Killer

Sebelum kita mempelajari perbedaan “serial killer” dan “cereal killer”, kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian “serial,  “cereal”, dan “killer” dan perannya dalam kalimat. Dengan mempelajari ketiga kata tersebut, kita akan bisa lebih mudah memahami perbedaan “serial killer” dan “cereal killer”.

  1. Serial

“Serial” termasuk ke dalam part of speech (kelas kata) adjective (kata sifat) dan noun (kata benda) sehingga penggunaannya dalam kalimat sama seperti kata sifat dan kata benda dalam bahasa Inggris lainnya.

Dalam Oxford English Dictionary, “serial” sebagai kata sifat adalah “consisting of, forming part of, or taking place in a series.” (Terdiri dari, yang merupakan bagian dari, atau berlangsung dalam suatu rangkaian). Dengan kata lain, bisa dikatakan bahwa pada konteks ini, “series” mendeskripsikan sesuatu yang secara serangkai, berurutan, beruntun, atau bersambungan. Contoh:

    • He put the books in a serial order. (Dia menaruh buku-bukunya dalam urutan serial)
    • They asked me to tell them the serial number of my computer. (Mereka meminta saya untuk memberi tahu mereka nomor seri komputer saya)
    • The serial failures we encountered in our experiment really help us to find a good result. (Kegagalan serial yang kami hadapi dalam penelitian kami benar-benar membantu kami menemukan hasil yang bagus)

Selain itu, “serial” sebagai kata sifat juga memiliki definisi, “repeatedly committing the same offence and typically following a characteristic, predictable behavior pattern.” (berulang kali melakukan pelanggaran yang sama dan biasanya mengikuti pola perilaku khas dan apat diprediksi). Definisi ini dikhususkan untuk konteks kriminalitas, jadi digunakan dalam konteks yang berkaitan dengan kriminalitas saja. Contoh:

    • The detectives are still not sure if he is the victim of the serial murder. (Detektif masih belum yakin apakah dia adalah korban pembunuhan berantai)
    • John is sentenced to life for being a serial arsonist. (John dihukum seumur hidup karena menjadi pembakar berantai)
    • In my opinion, serial rapists deserve death sentence. (Menurut pendapat saya, pemerkosa berantai pantas dihukum mati)

Sementara itu, definisi “serial” sebagai kata benda adalah “a story or play appearing in regular onstalments on television or radio or in a magazine.” (Cerita atau lakon yang muncul secara berkala di televisi atau radio atau di majalah). Contoh:

    • Linda is watching a serial show about detective. (Linda sedang menonton acara serial tentang detektif)
    • Most of famous TV serials are now can be watched on the internet. (Kebanyakan serial TV terkenal sekarang bisa ditonton di internet)
    • I cannot believe that I get hooked on this stupid drama serial. (Saya tidak percaya saya keranjingan serial drama bodoh ini)
  1. Cereal

“Cereal” tergolong ke dalam kelas kata noun (kata benda). Untuk itu, kita harus mengikuti aturan penggunaan noun dalam bahasa Inggris ketika menggunakannya.

“Cereal” menurut Oxford English Dictionary adalah “a breakfast food made from roasted grain, typically eaten with milk.” (Makanan sarapan yang terbuat dari biji-bijian panggang, biasanya dimakan dengan susu).

Di dalam bahasa Indonesia, kita mengenal “cereal” sebagai “sereal”. Contoh:

    • I had a bowl of cereal for breakfast. (Saya makan semangkuk sereal pada saat sarapan)
    • Lisa is furious because someone ate her cereal. (Lisa marah karena seseorang memakan serealnya)
    • We run out of milk, so we had the cereal without milk. (Kami kehabisan susu, jadi kami memakan sereal tanpa susu)
  1. Killer

“Killer” berperan sebagai noun (kata benda) dalam part of speech sehingga penggunaannya dalam kalimat sama seperti penggunaan kata benda dalam bahasa Inggris lainnya.

Definisi “killer” di dalam Oxford English Dictionary adalah “a person or thing that kills.” (seseorang atau sesuatu yang membunuh). Dengan kata lain, “killer” adalah “pembunuh”.

Mari kita lihat contoh penggunaannya dalam kalimat:

    • Police hasn’t found the killer of the poor young woman. (Polisi belum menemukan pembunuh dari wanita muda malang itu)
    • Rumor has it that this used to be the house of Mr. X, the famous killer. (Menurut rumor, dulunya ini adalah rumah Pak X, pembunuh terkenal)
    • The president killer was sentenced to life. (Pembunuh presiden dihukum seumur hidup)

Serial Killer vs Cereal Killer

“Serial killer” adalah “pembunuh beruntun” atau “pembunuh berantai”. Sementara “cereal killer” sebenarnya adalah ejaan salah dari “serial killer”. Kesalahan ini terjadi karena cara pelafalan “serial” dan “cereal” itu sama.

Apabila kita menggunakan “cereal killer”, kita akan terdengar seperti sedang bercanda karena secara harfiah “cereal killer” berarti “pembunuh sereal”. Arti dari “cereal killer” tidak masuk akal dan hanya terdengar komikal. Oleh karena itu, apabila kita mengacu pada “pembunuh berantai”, gunakanlah “serial killer” bukan “cereal killer”.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan “serial killer”:

  • Who would have thought that the weak old man was a serial killer? (Siapa yang mengira bahwa pria tua lemah itu adalah seorang pembunuh berantai?)
  • It is said that the serial killer have killed five people. (Dikatakan bahwa pembunuh berantai telah membunuh lima orang)
  • Police have finally caught the serial killer. (Polisi akhirnya menangkap si pembunuh berantai)

 

Perbedaan Mr dan Mrs dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Famous, Notorious, dan Popular
Perbedaan Big, Large, dan Great
Perbedaan Penggunaan Just, Already, Still, Yet
Perbedaan Penggunaan Either vs Neither
Perbedaan Makna Believe dan Trust dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Noun dan Pronoun
Memahami Perbedaan Kata Buzz, Hype, Hyper, dan Reality
Perbedaan Penggunaan “Suppose” vs “Supposed”?
Perbedaan Who dan Whom