sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Sister, Brother, Sister in Law, Brother In Law, Big Brother, Little Sister

Kita mengenal anggota keluarga inti sebagai ayah, ibu dan anak. Kalau dalam Bahasa Inggris disebut Father, Mother dan Children. Dalam hubungan kekeluargaan, seseorang bisa mendapatkan sebutan berbeda-beda tergantung dengan hubungan yang terjalin.

Seseorang bisa merupakan Brother dari saudara perempuannya. Tapi kalau saudaranya perempuannya punya suami, ia akan memanggilnya Brother in law. Kalau saudara perempuannya punya anak-anak, mereka akan memanggilnya Uncle. Berikut adalah bagaimana mengetahui lebih jelas bagaimana perbedaan Sister dan Brother serta hubungan kekerabatan lainnya yang memakai kata tersebut.

Penggunaan Brother dan Sister

Seperti yang kita ketahui, Sister berarti saudara perempuan dan Brother berarti saudara laki-laki. Tapi ada lagi pemakaian kata Brother dan Sister dalam keluarga selain kedua sebutan tersebut. Tiap istilah merupakan penjelasan kalau seseorang menjadi sister atau brother dengan penekanan tertentu.

Ada yang menjadi saudara perempuan karena lahir lebih dahulu dan menjadi kakak, atau ada yang menjadi saudara perempuan karena menikah dengan saudara laki-laki yang dimiliki. Berikut adalah penjelasan singkatnya.

  1. Sister

Secara umum Sister dalam Bahasa Inggris diartikan sebagai saudara perempuan. Kadang tidak perlu penjelasan apakah ia adalah kakak atau adik, cukup dengan menjelaskan hubungan dengan ikatan darah tersebut.

Sapaan Sister digunakan oleh para saudara orang tersebut. Kalau orang tuanya akan memiliki hubungan sebagai orang tua dan anak, jadi disebut Daughter atau anak perempuan.

Kata Sister kerap digunakan untuk menjelaskan hubungan kekeluargaan pada orang lain agar mereka tahu bagaimana seseorang memiliki keterkaitan dengan orang lain. Hal ini biasanya dilakukan dalam lingkungan bertetangga atau saat saudara pergi ke Sekolah atau Kantor yang sama.

  1. Brother

Brother adalah saudara laki-laki dari seseorang. Seseorang dapat disebut Brother oleh saudaranya baik saudara berjenis kelamin perempuan atau laki-laki. Kalau orang tuanya akan memanggilnya dalam Bahasa Inggris sebagai Son (anak laki-laki)

Secara umum kata Brother mengacu pada seseorang yang berjenis kelamin pria dan memiliki saudara. Kalau anak tunggal, maka sapaan tersebut tidak berlaku karena berarti orang tersebut tidak memiliki saudara lain selain dirinya sendiri.

  1. Sister in law

Penambahan kata in-law menandakan hubungan yang berdasarkan hukum dan bukan sedarah. Sebutan lain adalah Sister of the spouse (saudara perempuan dari pasangan atau saudara laki-laki) atau bisa juga disebut the wife of one’s sibling (istri dari saudara).

Walau ada beberapa pilihan untuk menyebutkan hubungan dengan ipar perempuan,  istilah yang umum dipakai adalah Sister in law. Sebutan yang lain digunakan saat seseorang perlu menjelaskan bagaimana hubungan tersebut terjadi atau ketika dalam suasana formal.

Penggunaan kata ini tidak dibedakan dari ipar perempuan yang berperan sebagai adik atau kakak. Jadi ipar perempuan dari kakak laki-laki atau ipar perempuan dari adik laki-laki, akan disebut dengan Sister-in-law yakni saudara perempuan dengan ikatan hukum pernikahan.

  1. Brother in Law

Sama dengan penyebutan Sister in law, sebutan untuk ipar laki-laki dalam Bahasa Inggris adalah Brother in law atau ipar laki-laki. Ini adalah sebutan yang digunakan untuk saudara dari saudara perempuan yang sudah memiliki suami.

Sebutan lain yang bisa digunakan, khususnya untuk penggunaan formal adalah Brother of the spouse (saudara laki-laki dari pasangan) atau the Husband of one’s sibling (suami dari saudara). Saudara akan memanggil iparnya yang berjenis kelamin laki-laki dengan sapaan brother in law. Ada hubungan persaudaraan melalui perkawinan secara hukum.

  1. Big Sister

Perbedaan sebutan Sister dengan Big sister adalah menjelaskan hubungan keluarga sebagai kakak perempuan. Kata lain yang bisa digunakan adalah Older Sister atau saudara perempuan yang lebih tua.

  1. Big Brother

Kalau Brother untuk menyebutkan saudara laki-laki, sedangkan Big Brother untuk menjelaskan kalau saudara laki-laki tersebut posisinya yang lebih tua atau lebih besar. Jadi digunakanlah sapaan Big Brother. Kata Older Brother merupakaan sinonim yang memiliki makna dan arti yang sama dengan Big Brother.

  1. Little Sister

Dalam Bahasa Inggris, little Sister digunakan untuk memanggil adik perempuan. Sebutan ini dipakai oleh kakak yang lebih besar untuk menyatakan kalau saudara perempuannya lebih muda dari pada dirinya.

Oleh karena itu, sebutan little Sister bisa juga diganti menjadi younger Sister. Ini adalah penggunaan lazim bukan sebutan yang lebih formal atau informal. Seseorang dapat menyebut adik perempuannya dengan sapaan little sister atau younger Sister.

Kalau seseorang tersebut merupakan saudara perempuan terkecil dalam keluarga atau bungsu bisa juga dipanggil baby Sister atau the youngest Sister in the family (saudara perempuan termuda dalam keluarga). Apapun sebutannya tentu disesuaikan dengan orang yang memanggil atau situasinya.

  1. Little Brother

Sapaan little Brother dalam Bahasa Indonesia berarti adik laki-laki. Sebutan younger brother dapat digunakan yang memiliki arti yang sama. Kadang seseorang menjelaskan kata little Brother sesuai dengan jumlah saudara dalam keluarga.

My youngest little Brother berarti adik laki-laki saya yang paling muda. Kalau memiliki adik lain yang posisinya ditengah, maka sebutannya menjadi my first little Brother (adik laki-laki saya yang pertama). Tapi, secara umum, penyebutan dalam Bahasa Inggris cukup dengan menyebutkan little Brother untuk adik laki-laki.

Itulah perbedaan hubungan kekerabatan mengenai sebutan Sister (saudara perempuan) dan Brother (saudara laki-laki). Sapaan tersebut bisa dipakai untuk hubungan keluarga lainnya seperti Sister in law yang merupakan ipar perempuan atau little Brother untuk adik laki-laki.

Semoga setelah membaca penjelasan singkat di atas, kamu bisa menggunaan sapaan yang benar sesuai dengan maknanya. Perhatikan perbedaannya dan pakai dengan tepat.

 

Perbedaan Made from, Made of, Made out of, dan Made with
Perbedaan Penggunaan Either vs Neither
Perbedaan “Advice” vs “Advise”
Perbedaan Different Vs Divergent
Perbedaan “Probable”, “Likely”, dan “Probably”
Perbedaan Bahasa Inggris Kuno vs Bahasa Inggris Modern
Perbedaan Noun dan Pronoun
Perbedaan: Wake Up vs Get Up
Perbedaan Their, They’re, dan There
Perbedaan: Beside vs Besides