sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Their, They’re, dan There

Sering salah paham saat mendengarkan kalimat berbahasa Inggris? Bukan yang tertulis ya, tapi kalimat yang diucapkan atau verbal dalam percakapan. Biasanya kesalahan yang umum terjadi dalam hal ini adalah salah memahami beberapa kata yang pengucapannya mirip satu dengan yang lain.

Tentu akan berbeda jika beberapa kata yang mirip itu disuguhkan dalam bentuk tertulis. Jika tertulis, maka jelas akan lebih mudah untuk mengetahui perbedaan dari ketiganya. Tapi tidak mau dong, jadi salah memahami kata atau menjawab tidak sesuai dengan konteks hanya karena salah paham?

Tapi tunggu dulu. Ada satu lagi kesalahan yang umum dilakukan saat menggunakan tiga kata yang mirip. Biasanya hal ini terjadi dalam penulisan yang tidak formal. Mungkin dalam tulisan ilmiah atau formal setiap kata akan dipahami dan dipastikan kualitasnya dengan seksama, namun saat penulisan yang terburu-buru atau kurang teliti, kesalahan bisa saja terjadi.

Perbedaan Their, They’re, dan There

Ya, ketiga kata di atas adalah hal yang akan kita bahas dalam artikel kali ini. Sebenarnya setiap dari ketiganya punya arti yang jauh berbeda dan tidak bisa menggantikan satu sama lain dalam kalimat. Mereka bukanlah sinonim. Kemiripan ini disebut dengan homophones namun berbeda makna.

Untuk itu, kita akan membahas satu persatu dengan lebih detil, lengkap dengan contohnya dalam kalimat. Seperti biasa pula, setiap kalimat akan diberi keterangan terjemahan dan penjelasannya secara singkat.

Mengenal Makna “Their”

“Their” adalah bentuk kepemilikan (possessive) dari pronoun “they”. “Their” mengacu pada subjek yang jamak atau plural namun biasanya bisa juga digunakan untuk menyebutkan subjek singular.

Berikut beberapa contoh penggunaannya dalam kalimat:

  • They left their cell phones at home (mereka meninggalkan ponsel mereka di rumah), “their” dalam kalimat ini adalah bentuk kepemilikan dari they.
  • Someone left their book on the table (seseorang meninggalkan buku mereka di meja). “their” dalam hal ini sebenarnya untuk menjelaskan kepemilikan “someone” yang singular, namun secara umum bisa digunakan untuk menyebut sama seperti plural.

Mengenal Makna “They’re

Sementara yang kedua, “they’re” adalah singkatan dari “they” dan “are”. Adalah hal biasa dalam bahasa Inggris untuk menggabungkan auxiliary verb dengan subjek atau kata kerjanya.

Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah:

  • They’re mastering the differences between three homophones! (mereka sudah menguasai perbedaan ketiga homophone!), they’re” dalam kalimat di atas mengacu pada kata “they are”.
  • The France national team players, they’re the best players in the 2018 World Cup (timnas Perancis, mereka adalah pemain terbaik dalam Piala Dunia 2018), kata “they’re” dalam kalimat contoh kedua mengacu pada para pemain Timnas Perancis yang berjumlah jamak.

Mengenal Makna “There”

Sementara yang selanjutnya, berbeda dengan “their” yang merupakan bentuk possessive dari they,they’re” yang merupakan singkatan dari “they + are”, maka “there” adalah adverb yang menunjukkan keterangan tempat. “There” adalah lawan kata dari “here”. Dalam bahasa Indonesia, “there” berarti “di sana”.

Bukan hanya untuk menunjukkan keterangan tempat saja, “there” juga bisa bermakna sebagai pronoun yang menjelaskan kalimat atau klausa. Berikut contohnya dalam kalimat:

  • She is there now (dia berada di sana sekarang), “there” menunjukkan keterangan tempat bahwa subjek yang sedang dibicarakan yaitu “she” sedang berada di tempat tersebut.
  • There is still hope (masih ada harapan), dalam kalimat contoh kedua, memang “there” tidak diterjemahkan secara langsung menjadi sebuah kata dalam bahasa Indonesia, namun “there” adalah tetap melengkapi kalimat tersebut sebagai sebuah pronoun.
  • I’ve never been there before (saya belum pernah ke sana sebelumnya), menunjukkan suatu tempat.
  • There is an antique store on Camden Avenue (ada sebuah toko barang antik di Camden Avenue), “there” menunjukkan “ada” jika diterjemahkan.
  • There are many documents that are used in investigations (ada banyak dokumen yang digunakan dalam proses penyelidikan), “there” juga menunjukkan “ada” mengacu pada dokumen.

Bagaimana Pelafalannya dan Kapan Menggunakannya?

Tak hanya tricky dalam hal menggunakannya dalam kalimat, ketiga kata “their”, “they’re”, dan “there” ini juga bisa menjebak saat digunakan dalam kalimat. Mengingat mereka adalah homophones yang pengucapannya sangat serupa satu sama lain, maka jangan sampai kamu salah mengucapkan dan membuat orang salah paham ya.

Sebenarnya hal yang sama juga bisa terjadi pada orang lain, yaitu saat mereka mengucapkan salah satu dari ketiga kata di atas dan salah pronunciation sehingga maknanya tidak tersampaikan, atau lawan bicaranya juga salah paham. Itu sebabnya ada beberapa cara untuk melafalkannya.

Selain itu, jika kamu masih bingung kapan harus menggunakan kata yang mana dalam konteks kalimat, ada beberapa trik untuk mengingatnya. Trik ini sangat sederhana karena yang digunakan untuk mengingat adalah bagian dalam kata tersebut, seperti:

  • “Their”

Diucapkan dengan kata heir di dalamnya. Heir dalam bahasa Inggris artinya pewaris, jadi secara logika, “their” mewarisi atau memiliki (possession) kata subjek “they”. Ini bisa membantu kamu untuk merajut logika berpikir tentang kapan “their” harus digunakan.

  • “There”

Mengandung kata here di dalamnya. Seperti yang sudah dijelaskan dalam bagian sebelumnya, “there” adalah lawan dari kata “here” dalam menunjukkan keterangan lokasi.

Dengan adanya unsur kata here di dalamnya, kamu bisa mengingat bahwa ini adalah konteks pembicaraan tentang keterangan tempat, entah itu secara figurative atau literal. Keduanya sama-sama berlaku. Yang membedakan hanya apakah tempat yang disebutkan adalah di sini atau di sana, mengacu pada jarak dengan subjek yang sedang berbicara.

  • They’re

Nah, yang paling berbeda dari kedua deskripsi di atas adalah yang satu ini. Penulisan “they’re” menggunakan tanda baca koma atas (‘) sehingga berarti terdiri dari dua kata, yaitu they dan are.

Jadi triknya adalah, saat kamu melihat kata “they’re” dalam kalimat yang kamu buat, coba ganti dengan kata “they are”. Jika makna aslinya masih sama, artinya “they’re” adalah kata yang tepat untuk digunakan.

Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah terus berlatih. Saat kamu bingung ketika diminta mengisi bagian kosong dalam sebuah kalimat dan diminta memilih ketiga kata di atas, maka coba satu persatu. Jika dirasa tidak tepat, artinya kata tersebut salah. Jangan ragu untuk terus berlatih hingga kamu tak perlu lagi bingung saat harus menggunakan ketiga kata homophone ini. Good luck!

 

Perbedaan: God, Gods, Goddess, Deity
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Perbedaan Preposition In vs On vs Under
Perbedaan Have Been, Has Been, dan Had Been
Perbedaan Penggunaan Few vs A Few vs Little vs A Little
Apa Perbedaan TOEFL dan IELTS?
Perbedaan: Well-Off vs Better-Off vs Better Of
Perbedaan Who Cares, Who’s Care, Whom Care, Whose Care
Perbedaan Kalimat Imperative Vs Exclamatory
Perbedaan Necessity, Expectation, dan Obligation


 
Bahasa Formal English dan Informal English
Contoh Ucapan Selamat Natal dalam Bahasa Inggris
Kesalahan Belajar Bahasa Inggris yang Umum
Apa Itu Oxymoron?
Imperatives: Cara Memberi Perintah dalam Bahasa Inggris
Cara Memberi Nasihat dalam Bahasa Inggris (Giving Advice)
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan Naik Angkutan Umum Bus Kota
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan ketika Menanyakan Arah
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Tempat Hiburan Malam
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Stasiun Kereta