sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Trip, Travel, Tour, & Journey

Terdapat cukup banyak kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti sama, tetapi penggunaannya berbeda. Untuk itulah kita tidak boleh sembarangan menggunakan kata-kata tersebut sebagai sinonimi dari satu sama lainnya. Misalnya saja kata “”trip”, “travel”, “tour”, “ dan “journey”.

Sekilas keempat kata ini serupa dan memiliki arti yang cukup sama, yakni “perjalanan”. Kenyataannya, terdapat berbedaan di antara keempatnya. Apa saja perbedaan tersebut? Mari kita cari tahu melalui pembahasan di bawah ini:

Trip

“Trip” tergolong ke dalam noun (kata benda) dan verb (kata kerja). Akan tetapi, “trip” dalam konteks “perjalanan” hanya tergolong ke dalam kata benda saja. Oleh karena itu, dalam konteks ini, kita harus mengikuti aturan penggunaan kata benda dalam bahasa Inggris ketika kita ingin menggunakan kata “trip” dalam kalimat atau frasa.

“Trip” didefinisikan oleh voanews.com sebagai “an act of going to another place and returning” (aksi pergi ke tempat lain dan kembali). “Trip” biasanya digunakan untuk merujuk kepada perjalanan singkat yang memiliki tujuan tertentu seperti untuk tujuan bisnis atau bersenang-senang. Contoh:

  • She just came back from her business trip. (Dia baru saja kembali dari perjalanan bisnisnya)
  • Jack brought me this souvenir on his trip to Ternate. (Jack membawakan saya oleh-oleh ini dalam perjalanannya ke Ternate)
  • How was your trip? (Bagaimana perjalananmu?)

 “Trip” sering digunakan dengan kata kerja “go on” atau “take”. Contoh:

  • We are going to take a trip to Europe next month. (Kita akan melakukan perjalanan ke Eropa bulan depan)
  • I went on a five-day trip to Italy. (Saya melakukan perjalanan lima hari ke Italia)

Kita bisa menggunakan kata-kata seperti “business trip”, “boat trip”, “road trip, “day trip”, dan sebagainya untuk mendeskripsikan jenis perjalanannya.

Travel

“Travel” tergolong ke dalam verb (kata kerja) dan noun (kata benda) sehingga cara penggunaannya sama seperti cara penggunaan kata kerja atau kata benda lainnya dalam bahasa Inggris.

“Travel” sebagai kata kerja di dalam Oxford English Dictionary didefinisikan sebagai “go from one place to another, typically over a distance of some length.” (Pergi dari satu tempat ke tempat lain, biasanya melalui jarak jauh). Intinya, “travel” adalah aksi bepergian yang biasanya jarak jauh. Contoh:

  • Our manager travels abroad a lot for business. (Manajer kami sering bepergian ke luar negeri untuk tujuan bisnis)
  • We travelled to Bali by bus. (Kami bepergian ke Bali dengan bus)
  • They travelled thousands of miles. (Mereka bepergian berribu-ribu mil)

Sementara itu, “travel” sebagai kata benda memiliki fungsi untuk mendeskripsikan aktivitas bepergian secara umum. Contoh:

  • Travel by train is faster than by bus. (Bepergian dengan kereta lebih cepat dibandingkan dengan bus)
  • I love travelling. I hope my future job is one involving a lot of travel. (Saya suka bepergian. Semoga pekerjaan saya di masa depan adalah pekerjaan yang melibatkan banyak perjalanan)

Perlu diketahui bahwa kata “travel” sebagai kata benda jarang digunakan bersama determiner seperti “my”, “our”, “a”, dan sebagainya. Jika kita ingin menggunakan determiner, sebaiknya kita menggunakan “trip” alih-alih “travel”. Contoh:

I’m planning a travel to Germany.(Saya merencanakan bepergian ke Jerman) –> salah seharusnya “I’m planning a trip to German”.

Tour

“Tour” termasuk ke dalam verb (kata kerja) dan noun (kata benda). Untuk itu, cara penggunaannya sama seperti cara penggunaan kata kerja atau kata benda lainnya.

Yang membedakan “tour” dengan “trip”, “travel”, dan “journey” adalah “tour” kegiatan perjalanan mengunjungi beberapa tempat. Contoh:

I went on a tour of Australia.(Kami melakukan tur ke Australia) –> menunjukkan bahwa saya bepergian ke berbagai kota atau tempat di Australia. Bukan hanya satu tempat saja di Australia yang saya kunjungi

Berikut adalah contoh penggunaan “tour” sebagai kata kerja:

  • Sarah is touring the east of Indonesia. (Sarah sedang tur ke timur Indonesia)
  • We decided to tour New York. (Dia memutuskan untuk tur ke New York)
  • They want to tour South Africa. (Mereka ingin tur ke Afrika Selatan)

Contoh penggunaan “tour” sebagai kata benda:

  • She is on a world tour. (Dia sedang melakukan tur dunia)
  • I enjoyed my tour of Bali. (Saya menikmati tur Bali saya)
  • Mark is going on a tour of Jakarta. (Mark akan tur ke Jakarta)

Journey

“Journey” termasuk ke dalam noun (kata benda). Oleh karena itu, ikutilah aturan penggunaan kata benda ketika kita ingin menggunakan kata “journey”.

“Journey” memiliki dua arti, yakni: 1) perjalanan (biasanya jarak panjang), 2) perjalanan dalam arti kiasan untuk menjelaskan perjalanan atau progress di kehidupan.

Contoh “journey” dalam arti perjalanan secara harfiah:

  • The journey took 5 hours. (Perjalanannya menghabiskan waktu 5 jam)
  • My journey to work is about an hour. (Perjalanan saya menuju tempat kerja sekitar satu jam)
  • We had a pleasant journey to the beach. (Kami mengalami perjalanan menyenangkan ke pantai)

Contoh “journey” dalam arti perjalanan kiasan:

  • Taking part in the dance competition is a kind of spiritual journey for me. (Ikut serta dalam kontes menari adalah seperti perjalanan spiritual bagi saya)
  • Our journey of knowledge starts from when we were born until we die. (Perjalanan ilmu pengetahuan kita dimulai dari ketika kita lahir sampai kita meninggal)
  • The doctor said the journey of recovery wouldn’t be easy, but he was sure I could beat the cancer. (Dokter berkata perjalanan pemulihan tidak akan mudah, tetapi beliau yakin saya bisa mengalahkan kankernya)

 

Perbedaan Makna House dan Home serta Penggunaannya dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Caption vs Quote
Perbedaan Borrow vs Lend
Perbedaan Fool, Stupid, dan Dumb
Perbedaan Wake, Waken, Awake, dan Awaken
Perbedaan Cringe, Awkward, Lame, Cliche, Embarrassing
Perbedaan “Advice” vs “Advise”
Perbedaan Each dan Every dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Intensive, Effective, Reflexive, Expensive, Comprehensive
Perbedaan Kalimat Verbal dan Non Verbal