sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Ungkapan “see you later”, “see you soon”, “see you next time”, “see you then”,  “see you another time”

“See you later”, “see you soon”, “see you next time”, see you then”, dan “see you another time” adalah frasa-frasa dalam bahasa Inggris yang bisa diucapkan ketika berpisah dengan seseorang. Semua frasa ini bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “sampai jumpa lagi nanti”.

Kelima frasa ini memang bisa dijadikan pengganti dari satu sama lainnya. Dalam kata lain, kelima frasa ini sama saja. Akan tetapi, jika kita lihat lebih dalam, meskipun sama, frasa-frasa ini memiliki perbedaan arti. Lalu, apakah perbedaan artinya? Mari kita cari tahu melalui pembahasan di bawah ini:

See you later

“See you later” adalah ungkapan perpisahan yang digunakan ketika kita yakin bahwa kita akan bertemu kembali dengan lawan bicara kita di masa depan. Meskipun demikian, kita tidak tahu persis kapan di masa depan kita akan bertemu dengan mereka kembali. Bisa saja kita akan bertemu kembali beberapa jam dari sekarang, besok, bulan depan, atau mungkin 10 tahun yang akan datang.

“I’ll see you later” atau “I will see you later” adalah bentuk lengkap dari “see you later”. Dalam situasi tidak formal, frasa ini bisa disingkat menjadi “later” atau “laters”.

Khususnya di UK (United Kingdom) yang terdiri dari negara Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia, penggunaan frasa “see you later” adalah untuk salam perpisahan jika kita akan bertemu kembali dengan lawan bicara kita di hari yang sama. Misalnya saja kita mengucapkan “I’m going home now. See you later” (Saya akan pulang sekarang. Sampai jumpa lagi nanti) kepada lawan bicara kita, itu artinya, kita dan lawan bicara kita tersebut telah berencana untuk bertemu lagi di suatu tempat di hari yang sama.

Contoh penggunaan “see you later” dalam percakapan.

A: I think I’d better go now or I’ll miss the bus. (Sepertinya saya harus pergi sekarang atau saya akan ketinggalan bus)

B: Okay. See you later! (Oke. Sampai jumpa lagi nanti!)

A: Later! (Sampai jumpa lagi!)

See you soon

“See you soon” adalah frasa perpisahan yang digunakan ketika kita yakin atau berharap bahwa kita dan lawan bicara kita akan bertemu kembali dalam waktu yang dekat. Frasa “see you soon” juga bisa menyiratkan bahwa kita dan lawan bicara kita sudah merencanakan akan bertemu kembali dalam waktu yang dekat. Waktu tepatnya kita akan bertemu kembali bisa saja sudah diketahui atau belum diketahui. Definisi waktu dekat ini biasanya di mulai dari beberapa menit dari sekarang sampai beberapa hari yang tidak lebih dari satu minggu dari sekarang. “I’ll see you soon” atau “I will see you soon” adalah bentuk lengkap dari frasa “see you soon”.

Contoh penggunaan “see you soon” dalam percakapan.

A: See you soon at the party, John! (Sampai jumpa lagi di pesta nanti, John!)

B: See you, Sherlock! (Sampai jumpa lagi, Sherlock!)

See you next time

Merupakan hal yang umum untuk mengatakan “see you next time” jika kita cukup yakin bahwa kita dan lawan bicara kita akan bertemu sebagaimana biasanya dan seharusnya. Pertemuan ini sudah kita lakukan secara teratur atau reguler. Misalnya saja guru kita mengatakan “see you next time” itu artinya kita diharapkan akan bertemu kembali dengan beliau di waktu dan tempat yang sama sesuai dengan jadwal. Contoh lainnya adalah ketika kita melakukan check-up rutin ke rumah sakit. Dokter kita bisa saja mengatakan “see you next time”. Itu artinya, beliau cukup yakin bahwa beliau akan bertemu kembali dengan kita di jadwal check-up selanjutnya.

“I’ll see you next time” atau “I will see you next time” adalah bentuk lengkap dari “see you next time”. Contoh penggunaan “see you next time” dalam percakapan:

A: Okay, class. See you next time. Don’t forget to submit your homework. (Oke, anak-anak. Sampai jumpa lagi nanti. Jangan lupa kumpulkan PR kalian)

B: Yes, sir. See you next time! (Ya, pak. Sampai jumpa lagi!)

See you then

“See you then” adalah frasa perpisahan yang diucapkan ketika kita sudah berencana untuk bertemu kembali dengan lawan bicara kita pada waktu yang telah ditetapkan. Kata “then” dalam frasa “see you then” bisa diartikan sebagai “di waktu itu”. “Then” di sini adalah waktu yang telah kita dan lawan bicara kita rencanakan untuk bertemu kembali.

Bentuk lengkap dari “see you then” adalah “I’ll see you then” atau “I will see you then”. Berikut adalah contoh percakapan dengan menggunakan frasa ini:

A: I’ll pick you up tomorrow at 6 pm. (Aku akan menjemputmu besok pukul 6 sore)

B: Ok. See you then. (Ok. Sampai jumpa lagi nanti)

A: See you. (Sampai jumpa)

Kata “then” atau “nanti” pada percakapan di atas adalah “at 6 pm tomorrow” (pukul 6 sore besok)

See you another time

Jika kita menggunakan “see you another time” sebagai salam perpisahan, kita berharap kita akan bertemu kembali dengan lawan bicara kita di masa depan. Kita tidak tahu kapan, bisa saja besok atau bahkan puluhan tahun yang akan datang. Bisa dikatakan frasa ini sama dengan “see you later”.

“I’ll see you another time” atau “I will see you another time” adalah bentuk lengkap dari frasa “see you another time.” Contoh penggunaan “see you another time” dalam percakapan:

A: My taxi is here. See you another time, Max! (Taksiku sudah tiba. Sampai jumpa lagi nanti, Max!)

B: See you! (Sampai jumpa lagi!)

 

Perbedaan Verbal dan Nominal dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Irony vs Paradox VS Oxymoron vs Antithesis vs Contrast
Kumpulan Kata-Kata Ungkapan Rindu Dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Perbedaan Just Kidding VS No Kidding
Ungkapan untuk Rasa Sakit, Lega & Puas (Pain, Relief dan Pleasure)
Perbedaan Fool, Stupid, dan Dumb
Ungkapan yang Mengandung Bagian Tubuh
Perbedaan Maybe, Perhaps, Possibly, dan Probably
Perbedaan Good Evening vs Good Night