sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Wake Up vs Get p

Setelah kita membahas beberapa hal yang telah kita ulas pada artikel-artikel sebelumnya, pada kali ini kita akan menuju pembahasan yang baru yaitu mengenai perbedaan antara wake up dan get up. Ya, kamu pasti familiar dengan kata ini bukan? Karena tiap hari tentu kita diharuskan untuk bangun dari tidur untuk melanjutkan aktifitas kita, baik itu bekerja, sekolah, atau menuntut ilmu di universitas dimana kita belajar.

Namun, pasti banyak dari kita yang tidak langsung bangun dari tidur. Kita sudah sadar memang, mimpi-mimpi indah sudah terlewat dan kita terbangung dengan view langit-langit kamar. Untuk yang tidak langsung bergegas untuk mempersiapkan diri, pasti akan menghabiskan waktu sejenak untuk bermain smart phone mereka, atau hanya melamun untuk menyadarkan diri.

Disitulah tadi sebenarnya letak perbedaan dari kata get up dan wake up. Meskipun mereka semua terdengar mirip, ternyata arti mereka yang sebenarnya cukup berbeda berdasarkan dengan kondisi subjeknya. Untuk dapat memahami kedua kata tersebut dengan lebih jelas lagi, kami juga akan tambahkan beberapa contoh aplikasi dari kedua kata tersebut melalui dialog sehari-hari. Mari kita mulai pembahasannya mulai dari kata wake up.

Wake Up

Seperti yang kita tahu, kata wake up berarti bangun dalam bahasa Indonesia, atau sadar. Artinya, apabila seseorang sadar dari tidurnya atau dengan kata lain terjaga, maka itulah yang disebu waking up atau bangun tidur. Biasanya, kata wake up digunakan sebagai kalimat perintah untuk membangunkan orang yang sedang tidur. Tujuannya apa? Ya tentu saja agar orang yang tidur tadi tidak sampai bangun terlambat untuk mempersiapkan diri pergi ke kantor atau lembaga pendidikan seperti sekolah dan universitas. Tentu semua orang tidak ingin terlambat, bukan? Sleian digunakan untuk menyatakan kalimat perintah, kata wake up juga digunakan untuk menyatakan kondisi seseorang, misalnya “aku biasanya bangun jam 8 pagi”, “aku biasanya susah bangun pagi, apalagi saat ibu pergi ke luar rumah”, dan lain sebagainya.

Seseorang yang sudah “wake up” biasanya melakukan kegiatan lain untuk mempersiapkan diri untuk bangun dari tempat tidur seperti melakukan stretching, atau bermain dengan handphone, asalkan mereka tidak kembali tidur. Setelah dirasa siap, mereka bisa melanjutkan pada step selanjutnya yaitu “get up” atau bangun dari tempat tidur.

Nah, kamu bisa melihat beberapa contoh dari kata wake up pada bagian di bawah ini :

  • “Even though i wake up at 7, i usually get up on 7.30” (Meskipun aku bangun jam 7, aku biasanya mulai bersiap jam 7.30)
  • “Wake up! It’s seven in the morning!” (Bangun! Sudah jam 7 nih)
  • “If you don’t wake up immediately, i will pour this water on your head” (Kalau kamu tidak segera bangun, akan kusiram muka mu dengan air ini)
  • “It’s not easy to wake up, especially if you don’t have an alarm clock” (Tidak lah mudah untuk bangun tidur, apalagi jika kamu tidak punya jam alarm)
  • “I need to wake up early because i must prepare some materials for meeting” (Aku harus bangun pagi karena aku harus menyiapkan beberapa materi untuk pertemuan)
  • “It’s Sunday tomorrow, that’s why i’m planning to wake up at 12” (Besok kan hari minggu, aku sudah merencanakan untuk bangun tidur jam 12)

Nah, sudah paham bukan arti dari wake up? Bangun tidur berarti kita sudah berada pada kondisi tidak tidur, atau kata lainnya sudah melek. Meskipun sudah bangun, segerakan untuk segera bangkit dari tidur agar tidak tergoda kelembutan dan kenyamanan tempat tidur. Mari kita bahas kata selanjutnya, get up.

Get Up

Get up berarti seseorang sudah bangkit dari tempat tidurnya untuk segera mempersiapkan diri. Mereka bisa saja merapikan baju, menyiapkan hal yang akan dibawa ke tempat kerja, atau kegiatan-kegiatan yang lainnya. Pada saat kondisi get up inilah seseorang sudah mulai produktif untuk segera menyiapkan diri mereka agar sampai pada tempat tujuan dengan tepat waktu.

Beberapa contoh dari kat get up sebenarnya cukup sederhana, seperti :

  • “You should start to get up before me, and prepare my breakfast” (Kamu seharusnya sudah bangun sebelum aku, dan mempersiapkan sarapanku)
  • “Our mother does get up every dawn just to prepare some foods for us” (Ibu kita bangun setiap subuh hanya untuk mempersiapkan makan untuk kita)
  • “Does your brother usually get up early? (Apakah kakakmu selalu bangun lebih awal?)
  • “ I get up at 7, and then continue to shower right after” (Aku selalu bangun jam 7, setelah itu langsung segera mandi) “She didn’t get up from the floor right after las night” (Dia tidak segera bangun dari lantai kemarin malam)
  • “Get up from your desk, get some entertainment” (Bangunlah dari meja kerjamu, carilah hiburan)

 

Perbedaan When vs While
Apa Perbedaan TOEFL dan IELTS?
Perbedaan Attain vs Obtain
Perbedaan Mr dan Mrs dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan Many vs Much
Perbedaan “Stationary” vs “Stationery”
Perbedaan Finish, End, dan Over
Memahami Perbedaan Holiday dan Vacation dalam Bahasa Inggris
Perbedaan When vs While
Perbedaan Safe vs Save, Safe vs Secure, Safety vs Security, Fail Save vs Fail Secure