sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Who dan Whom dalam Bahasa Inggris

Kadang-kadang bahkan native speaker yang berbahasa Inggris pun tidak yakin kapan harus menggunakan who, dan kapan whom. Alasannya adalah karena native speaker cenderung menghilangkan pemakaian kata whom baik dalam bentuk tertulis maupun lisan. Karena itu, jika tidak yakin kata mana yang harus digunakan, selalu pilih who. Orang jarang memperhatikan bahwa who diletakkan di tempat yang seharusnya diisi whom (karena jarang sekali dipakai) daripada sebaliknya. Whom bisa dihilangkan dalam tulisan tidak formal, karena memang tidak umum dipakai. Tetapi, pada bentuk tulisan formal, kata ini harus digunakan.

Bukan hanya orang yang tidak berbahasa Inggris yang tidak tahu perbedaan antara who dan whom, karena bahkan native speakers pun masih sering bingung dengan pemakaian keduanya. Pada beberapa kasus, tidak masalah jika dua kata ini tertukar, bahkan tidak dianggap suatu kesalahan. Tapi, bagi mereka yang ingin tahu apa perbedaan antara who dan whom, maka berikut penjelasannya.

WHO

Who adalah interrogative pronoun (kata tanya) yang diletakkan di posisi subject pada sebuah kalimat tanya. Contoh:

  • Who is leaving? (Siapa yang pergi?)
  • Who are you? (Anda siapa?)
  • Is Jane the one who told you about it? (Apakah Jane yang memberitahumu tentang itu?)
  • Who is going to finish all of this food? (Siapa yang akan menghabiskan semua makanan ini?)

Who juga bisa diletakkan dalam sebuah kalimat pernyataan di posisi subject dari sebuah klausa.

  • This is the guy who warned me about the storm. (Inilah orang yang memperingatkanku soal badai itu.)
  • John is the one who wants to see the movie. (Jack lah yang ingin pergi menonton film.)
  • Anyone who sees a criminal act should report to the authority. (Siapapun yang melihat aksi kejahatan harus melapor kepada pihak yang berwenang.)
  • The secret admirer who sent her a letter last week has finally stepped up. (Pemuja rahasia yang mengiriminya surat minggu lalu akhirnya muncul juga.)

WHOM

Sama seperti who, whom juga termasuk interrogative pronoun, tapi ia diletakkan di posisi object dalam sebuah kalimat tanya. Contoh:

  • Whom is this story about? (Ini cerita tentang siapa?)
  • With whom are you going? (Dengan siapa kamu akan pergi?)
  • Whom did they tell? (Siapa yang mereka beri tahu?)

Dan, whom juga bisa digunakan dalam kalimat pernyataan di posisi object dari sebuah klausa.

  • This is the man whom I told you about. (Inilah pria yang kuceritakan padamu itu.)
  • John is the man whom you met at dinner last week. (John adalah orang yang kau temui saat makan malam minggu lalu.)

Whom adalah pilihan yang tepat untuk diletakkan setelah preposition (kata keterangan):

  • The students, one of whom is graduating this year, failed the test. (Para murid, yang salah satunya lulus tahun ini, tidak lulus tes.)
  • Mary is the girl with whom I’m driving to Maine. (Mary adalah gadis yang menemaniku menyetir sampai ke Maine.)

Cara mudah menggunakan whom adalah dengan menggantinya dengan kata him, her, atau them – jika jamak. Jika kalimatnya masih sesuai tata bahasa setelah diganti, maka penggunaan whom dalam kalimat itu kemungkinan besar tepat.

  • Sarah gave the tickets to whom? (Sarah memberikan karcisnya pada siapa?) – ini benar, karena jika diganti “Sarah gave the tickets to him” masih bisa diterima, maka whom pada kalimat ini benar.
  • The witness saw four boys, one of whom had a limp. (Para saksi melihat empat anak laki-laki, salah satunya pincang.) – ini benar, karena jika diganti “one of them” masih bisa diterima, maka whom pada kalimat ini benar.

KESIMPULANNYA

Perbedaan antara who dan whom adalah sama persis dengan perbedaan antara I dan me, he dan him, she dan her, dan sebagainya. Who, seperti juga I, he, dan she, adalah subject – yaitu orang yang melakukan pekerjaan dalam suatu kalimat. Whom, seperti juga me, him, dan her, adalah object – yaitu orang yang menjadi tujuan dari dikerjakannya sebuah pekerjaan. Whom juga pilihan yang tepat untuk diletakkan setelah kata keterangan: with whom, one of whom – jadi, salah jika ditulis “with who, one of who.”

Kadang-kadang, menulis ulang kalimat dan mengganti who/whom dengan kata ganti lain bisa membantu kamu melihat hubungan antara keduanya dengan lebih jelas.

  • This is who warned me. -> He warned me. (Dia yang memperingatkan saya.)
    (Bukan “him” warned me)
  • Jack is the one who wants to go. -> He wants to go. (Dia yang ingin pergi.)
    (Bukan “him” wants to go)
  • This is the man whom I told you about. (Ini adalah pria yang aku ceritakan padamu.) -> I told you about him. (Aku menceritakan padamu tentang dia.)
    (Bukan about “he”)
  • Lisa is the girl with whom I’m going to the party. (Lisa adalah gadis yang pergi bersamaku ke pesta.) -> I’m going to the party with her. (Aku akan pergi ke pesta bersamanya.)
    (Bukan with “she”)

Kembali pada peraturan yang sudah disebutkan di awal artikel; jika tidak yakin kata mana yang harus digunakan, maka pilih saja who – karena dia akan selalu bisa menggantikan whom kecuali pada surat resmi dan semacamnya.

 

Perbedaan Fraud, Abuse, dan Cheating
Perbedaan: Well-Off vs Better-Off vs Better Of
Perbedaan Finish, End, dan Over
Perbedaan antara Miss, Mrs, Mr?
Perbedaan Penggunaan Kata Will dan Going To
Perbedaan Penggunaan Moreover dan Furthermore
Perbedaan Penggunaan Either vs Neither
Perbedaan: So vs Too
Perbedaan Phrase, Clause, Sentence
Perbedaan Their, They’re, dan There