sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Worth, Worthy, Worth It, dan Worthed

Kata worth, worthy, worth it, dan worthed cukup sering digunakan oleh beberapa orang Indonesia. Sebenarnya apa sih arti dari kempat kata tersebut? Bagaimana cara menggunakannya dengan baik dan benar sesuai dengan tata bahasa Bahasa Inggris? Mari kita lihat pembahasan tentang perbedaan worth, worthy, worth it, dan worthed di bawah ini:

Worth

Worth dalam Bahasa Indonesia berarti “bernilai, berharga, patut, layak, nilai, harga, atau harta”. Worth berada dalam dua kelas kata, yakni adjective (kata sifat) dan noun (kata benda).

1. Worth sebagai kata sifat

Sebagai kata sifat, worth bisa berarti bernilai, berharga, atau memiliki harga atau nilai yang setara dengan nilai atau harga tertentu. Contoh:

  • This diamond ring is worth one million dollars. (Cincin berlian ini berharga satu juta dolar)
  • The house worth ten billion rupiah was burn down last night. (Rumah bernilai sepuluh milyar rupiah terbakar tadi malam)

Worth juga bisa berarti patut atau layak. Contoh:

  • The new pizza restaurant near the train station is worth a visit. (Restoran pizza baru di dekat stasiun kereta patut dikunjungi)
  • The game wasn’t worth the effort. (Pertandingannya tidak layak diusahakan)

2. Worth sebagai kata benda

Worth sebagai kata benda berarti nilai, harga, kepatutan, kepantasan, atau kelayakan. Contoh:

  • They will judge your worth through your actions. (Mereka akan menilai kepantasanmu melalui tindakanmu)
  • You should show them your worth. (Kamu harus menunjukkan mereka nilaimu) –> nilai di sini artinya kemampuan bahwa kamu pantas

Selain itu, worth sebagai kata benda juga bisa berarti (1) harga atau nilai sesuatu dalam sejumlah uang, (2) jumlah, harga, atau nilai sesuatu dalam waktu tertentu. Dalam hal ini, worth biasanya diikuti oleh kata of menjadi worth of. Contoh:

  • 100 million rupiah’s worth of bicycle was stolen. (Sepeda seharga seratus juta rupiah dicuri) –> harga sepeda dalam sejumlah uang
  • That jacket costs a year’s worth of my college tuition fee. (Jaket itu seharga biaya kuliah saya dalam satu tahun) –> jumlah biaya kuliah dalam waktu tertentu

Worthy

Sama seperti worth, worthy juga termasuk ke dalam kelas kata adjective (kata sifat) dan noun (kata benda). Berikut ini adalah penjelasan lebih detailnya:

1. Worthy sebagai kata sifat

Sebagai kata sifat, worthy digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang pantas untuk diusahakan, dihargai, dan diperhatikan. Contoh:

  • Her effort is worthy of our respect. (Usahanya patut kita hargai)
  • It is a worthy book although it is not a best-seller. (Ini adalah buku yang layak walaupun ini bukan buku terlaris)
  • John’s latest achievement is worthy of recognition. (Pencapaian John paling akhir layak diakui) –> pencapaian John layak mendapatkan perhatian
  • It’s not worthy. (Itu tidak pantas) –> itu tidak pantas mendapat perhatian, usaha, atau penghargaan kita

2. Worthy sebagai kata benda

Worthy sebagai kata benda berarti orang yang dihormati, orang penting, orang terpandang, atau orang terkemuka. Contoh:

  • The sport event was opened by the local worthies. (Acara olahraganya dibuka oleh orang-orang terkemuka setempat)
  • Hank, one of the worthies, visited the orphanage this morning. (Pak Hank, salah satu orang terpandang, mengunjungi panti asuhan pagi ini)
  • Doctor Emma is a worthy in this village. (Dokter Emma adalah orang yang dihormati di desa ini)
  • The team consists of two worthies. (Tim terdiri dari dua orang penting)

Worth It

Worth it pada dasarnya sama seperti worth sebagai kata sifat. Worth sebagai kata sifat biasanya diikuti oleh kata benda. Kata it dalam worth it merupakan pronoun atau kata ganti dari kata benda tersebut. Oleh karena itu, gunakanlah worth it saat kita dan lawan bicara kita sudah tahu kata benda apa yang digantikan oleh it tersebut. Contoh:

  • Jika menggunakan worth: The movie is worth watching. (Filmnya patut ditonton)
  • Jika menggunakan worth it: The movie is worth it. (FIlmnya patut ditonton) –> pada contoh ini si pembicara dan lawannya sudah tahu bahwa kata watching adalah kata benda yang digantikan oleh it

Penggunaan worth it juga bisa berarti benda atau barang yang kita dapatkan sebanding dengan usaha, pengorbanan, atau harga ketika kita memperolehnya. Dalam konteks ini, kita tetap harus mengenali benda atau barang apa yang dimaksud. Contoh:

  • I’m not coming to the party. It’s not worth it. (Saya tidak akan datang ke pestanya. Itu tidak sebanding) –> si pembicara tahu mengapa pestanya tidak layak untuk didatangi

Worth it biasanya digunakan dalam second mention atau penyebutan yang kedua. Itu karena dalam penyebutan pertama, kita mengenalkan topik yang ingin kita bicarakan. Contoh:

  • The movie has a great plot. It is worth it. (Filmnya memiliki alur cerita yang hebat. Itu patut ditonton) –> pada penyebutan pertama, si pembicara mengenalkan bahwa film memiliki alur cerita yang hebat. Pada penyebutan yang kedua, si pembicara menggunakan kata ganti it untuk menggantikan movie dan watching.

Worthed

Jika kita mencari kata worthed dalam kamu Bahasa Inggris, kita tidak akan menemukannya. Itu karena tidak ada kata worthed dalam Bahasa Inggris. Worthed sebenarnya adalah kekeliruan penulisan dari worth it. Jika diucapkan, kata worthed dan worth it memiliki pelafalan yang sama. Itulah mengapa masih banyak yang mengira bahwa kata worthed merupakan ejaan dari worth it.

  • The movie was worth it. –> benar
  • The movie was worthed. –> salah

Itu tadi perbedaan antara worth, worthy, worth it, dan worthed. Semoga setelah membaca artikel ini kita tidak lagi keliru dalam menggunakan keempatnya.

 

Perbedaan: Well-Off vs Better-Off vs Better Of
Perbedaan Congratulations dan Compliment
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs
Perbedaan Preposition In vs On vs Under
Perbedaan: House dan Home
Perbedaan Bahasa Inggris Kuno vs Bahasa Inggris Modern
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Perbedaan Two, To, dan Too
Perbedaan Lie vs Lay, Lying vs Laying, dan Lied vs Laid
Perbedaan Say, Tell, Talk, & Speak