sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris di Dapur

Kali ini kita akan belajar tentang percakapan sehari-hari saat berada di dapur.  Tokoh dalam percakapan ini adalah Audrey dan Elle.

Daftar istilah di dunia masak yang digunakan dalam percakapan ini bisa anda pelajari di akhir percakapan.

Contoh Percakapan

Audrey: Hey Elle…why are you hunching over like that? (Hai Elle, apa yang sedang kamu lakukan sampai membungkuk-bungkuk begitu?)

Elle: Hey Audrey….I’m just searching over the mixer.  Do you know where it is? (Eh Audrey…aku sedang mencari mesin pengocok.  Kamu tahu tidak disimpan dimana?)

Audrey: It’s there somewhere.  Here, let me help you.  (Ada kok.  Sini aku bantu cari.)

After a while, they finally found the mixer.  (Setelah beberapa saat, akhirnya mereka menemukan mesin pengocok yang dicari.)

Elle: Phew, thanks for helping me.  (Fiuh, terima kasih ya, sudah membantuku.)

Audrey: You’re welcome.  What are you trying to make anyway?  You don’t usually cook.  (Sama-sama… memang kamu mau bikin apa sih?  Tidak biasanya deh kamu masak.)

Elle: My friends are coming to hang out this afternoon.  I plan to bake a cake, while I still have 3 more hours.  (Temen-temen aku mau pada berkunjung nanti sore.  Rencananya aku mau bikin kue sekarang.  Mumpung masih ada waktu 3 jam lagi.)

Audrey: Aah I see…what are you trying to bake anyway?  (Oooh begitu…memang kamu mau bikin apa sih?)

Elle: I want to make banana cake.  It’s my Mom’s recipe.  (Aku ingin membuat bolu pisang.  Ini resep dari ibuku.)

Audrey: Wow, it must be good.  Do you want me to help you?  (Wah, pasti enak deh.  Mau aku bantu?)

Elle: Of course!  Thank you!  (Tentu saja!  Terima kasih ya!)

Audrey: No problem…so what do we do first?  (Sama-sama…..jadi kita pertama, apa yang harus kita lakukan?)

Elle: Okay so now, we are preparing all the ingredients.  First, mix these 3 eggs until they expand.  Then put these mashed banana into the bowl.  (Sekarang, kita siapkan dulu bahan-bahannya.  Yang pertama, kocok 3 butir telur sampai mengembang, terus masukkan pisang matang yang sudah dilumatkan sampai halus ke dalam mangkuk ini.)

Audrey: How many bananas do we use? (Kita pakai pisangnya berapa banyak?)

Elle: Five bananas are enough.  Alright, now we add a cup of flour, stir well until it fully mixed, then add a cup of vegetable oil, a teaspoon of baking powder, and a pinch of salt.  (Lima buah juga cukup kok.  Nah, sekarang kita masukkan secangkir tepung terigu, aduk rata, terus tambah secangkir minyak sawit, 1 sendok teh baking powder, dan sejumput garam.)

Audrey: Why don’t you use the scale?  (Kok kamu tidak menggunakan timbangan kue?)

Elle: Because it’s easier this way hahaha…but it’s the same thing actually.  Besides, I don’t know where the scale is hahaha…  (Karena begini lebih praktis hahaha…. tapi sama saja kok.  Lagipula aku tidak tahu timbangannya ada dimana hahaha…)

Audrey: So that’s why … hahaha…  (Oh begitu… hahaha….)

Elle: Anyway….if it all mixed well together, pour it into the pan that has been covered with baking paper.  Then bake for 1 hour.  Now , just wait it to be cooked and served.  (Nah kalau sudah tercampur semuanya, kita tuangkan ke dalam loyang yang udah dialasi kertas roti.  Terus dipanggang selama 1 jam.  Sekarang, tinggal kita tunggu sampai matang lalu siap untuk disajikan.)

Audrey: Wow it’s easier than I thought. Really not that hard actually.  (Wah, gampang juga yah.  Aku pikir susah, tapi ternyata tidak.)

Elle: I know, right?  I used to think baking was difficult.  Turns out to be pretty easy once I tried it out.  (Betul kan?  Dulu aku juga berpikir begitu.  Setelah mencoba pertama kali, ternyata cukup mudah.)

Audrey: By the way, we used vegetable oil right?  Could it be replaced with butter? (Oh iya, tadi kan kita pakai minyak ya?  Kalau diganti pakai mentega boleh tidak?)

Elle: Of course.  But make sure it’s not frozen.  Put in at room temperature until it’s softened, so it will mix well with other ingredients.  (Boleh saja.  Tapi pastikan dulu menteganya tidak beku ya.  Taruh pada suhu ruangan sampai lunak, supaya saat dicampur di dalam mesin pengocok bisa menyatu dengan baik bersama semua bahan lainnya.)

Audrey: And it has to be ripe bananas?  (Pisangnya harus yang sudah matang yah?)

Elle: Exactly!  It’s very important.  Ripe bananas are more delicious, because they produce natural sweetness.  And when it’s mixed with sugar, it is AMAZING!  (Iya, itu penting sekali.  Semakin matang semakin enak, karena pisang akan menghasilkan rasa manis alami. Apalagi saat dicampur dengan gula.  Wuih, rasanya LUAR BIASA!)

Audrey: So, what will we do while waiting?  (Lalu, sambil menunggu matang, apa yang bisa kita kerjakan?)

Elle: We prepare for plating and making garnish.  Some people like whipped cream, but I prefer refined sugar and cinnamon as sprinkle.  (Kita siapkan penyajian dan membuat hiasannya. Sebenarnya ada yang suka pakai krim kocok, tapi kalo aku lebih suka bolunya ditaburi gula halus dan kayu manis.)

Audrey: How do we make it?  (Bagaimana cara membuatnya?)

Elle: Oh it’s super easy!  We just have to mix the refined sugar with cinnamon powder, then sprinkle them on the cake.  We can cut up some strawberries too and put it on top as garnish.  (Gampang sekali!  Tinggal campur gula halus dengan kayu manis bubuk, lalu ditaburi di atas bolunya.  Kalau ada buah stroberi, bisa juga dipotong-potong terus ditaruh sebagai hiasan.)

Audrey: Wow, it’s gonna look so pretty.  (Wah, pasti akan kelihatan cantik ya.)

Elle: No doubt.  Hey look, it’s been an hour.  Let’s see if it’s fully baked.  (Pastinya…. Eh coba lihat, ini sudah satu jam.  Kita cek yuk, bolunya sudah matang atau belum.)

Audrey: I think it is, Elle.  (Sepertinya sudah, Elle.)

Elle: Okay, let’s remove the baking paper slowly, then put in on the plate. Now where did the sprinkle we prepare before?  (Nah, sekarang kita angkat kertas rotinya pelan-pelan, kemudian taruh bolunya di piring.  Dimana ya taburan gula halus yang tadi sudah kita buat?

Audrey: Here it is Elle… (Ini Elle….)

Elle: Now, let’s arrange the garnish.  And…yes we’re done!  (Selesai ditaburi, tinggal atur potongan stroberinya.  Dan beres semuanya!)

Audrey: Wow, it looks so beautiful and delicious.  I can’t wait to taste it .  (Wah kelihatannya enak dan cantik sekali!  Rasanya jadi tidak sabar ingin mencicipi.)

Elle: Relax, my friends will be here in a minute.  We’ll eat it together with everyone, okay?  (Tenang saja, temen-temen aku sebentar lagi datang.  Nanti kita makan sama-sama ya.)

Audrey: Okay!  (Baiklah!)

Cooking Terms:

  1. Bake: Memanggang
  2. Mixer: Alat/ Mesin pengocok
  3. Recipe: Resep
  4. Recipe: Bahan-bahan
  5. Mashed: Dilumatkan/ dihaluskan
  6. Baking Paper: Kertas roti
  7. Ripe: Matang (biasanya untuk buah-buahan)
  8. Ingredients: Bahan-bahan
  9. Scale: Timbangan
  10. Refined Sugar: Gula halus
  11. Cinnamon Powder: Kayu manis bubuk
  12. Cut up: Memotong
  13. Vegetable Oil: Minyak sayur
  14. Room Temperature: Suhu ruangan
  15. Sprinkle: Taburan
  16. Garnish: Hiasan makanan (biasanya terbuat dari buah-buahan atau dedaunan yang dihias)

 

Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan Seputar Angkutan Umum Bus Kota
Percakapan Memesan Taksi Lewat Telepon dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan dan Kalimat yang Sering Diucapkan di Bandara
Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai Reporter Wartawan dalam Bahasa Inggris
Percakapan Membeli Laptop dalam Bahasa Inggris
Cashier Conversation: Percakapan Umum yang Dilakukan oleh Kasir dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Bahasa Inggris di Sekolah
Contoh Pertanyaan dan Jawaban Percakapan Kencan Pertama dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan di Kantor Pos
Percakapan Umum Bahasa Inggris di Kantor (Conversation at Office)