sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Berbagi Kesan Selama Berada di Zona Spa Bali Zoo

Ingin Dapat Meningkatkan Kelancaran Komunikasi dalam Bahasa Inggris? Simak Artikel yang Memuat Contoh Dialog Trio Wisatawan Saat Berbagi Kesan Mereka atas Zona Spa Bali Zoo Ini

Dialog yang hendak kita pelajari serba-serbi poin bahasa Inggrisnya ini masih bersituasi di Bali Zoo. Bedanya, ketiga wisatawan sudah selesai menikmati spa 1 jam dalam The Sanctoo Spa and Wellness, nama tempat spa yang ada dalam Bali Zoo.

Kita akan belajar bahasa Inggris lewat setting gabungan di antara perjalanan keluar zona spa Bali Zoo dan di zona Bali Zoo yang agak luar. Sebelum masuk dalam poin pembelajarannya, ada baiknya kita melihat cuplikan dialog yang ada sebagai berikut:

Disco: (Wow, such a pristine landscape with breathable greens… I think one hour is not enough!) *be quiet and still in the car while looking at his surroundings*

(Disco: (Wow, benar-benar pemandangan yang indah dengan warna hijau yang kaya oksigen… Aku pikir satu jam (saja) tidak cukup!) *diam dan tenang di dalam mobil sambil melihat-lihat sekitarnya*)

Pia and Rika: *Get out of the car with Disco afterwards* We’re back once more here!

(Pia dan Rika: *Keluar dari mobil bersamaan dengan Disco setelahnya* Kita kembali sekali lagi di sini!)

Disco: Hey, friends, don’t you think one hour spa is enough?

(Disco: Hei, teman-teman, apakah kalian pikir satu jam spa itu cukup?)

Pia: Not enough, of course! After all, I love the sensation of organic powders and oils during the spa period.

(Pia: Tentu saja tidak cukup! Apalagi, aku suka sensasi bubuk dan minyak organik selama periode spa.)

Rika: As for me, I crave for their healthy and rejuvenating ginger tea. I’ve tried lots of green tea in my previous spa experiences, but this one’s quite distinctive.

(Rika: Kalau aku, aku ngidam dengan sajian teh jahenya yang sehat dan memberi energi. Dalam pengalaman spa sebelumnya, aku sudah banyak mencoba teh hijau, namun yang ini cukup berbeda.)

Dari contoh dialog di atas, kita dapat melihat banyaknya variasi pelajaran bahasa Inggris yang dapat kita petik. Paling tidak, ada 3 poin pelajaran bahasa Inggris yang dapat kita ambil dari contoh dialog di atas sebagai berikut:

1. Belajar Lebih Banyak Mengenai Keindahan Pemandangan di Dalam dan di Luar Ruangan Spa

Pengertian “keindahan” pada artikel ini tidak terbatas pada keindahan pemandangan secara umum saja. Alih-alih, kita akan belajar mengenal berbagai kosa kata dan ungkapan tentang keindahan hal-hal yang ada di dalam dan di luar ruangan spa lewat artikel ini.

Pertama-tama, kita dapat belajar melukiskan keindahan alam di luar ruangan spa lewat frasa “pristine landscape” yang terdapat pada monolog Disco dalam hati di bagian awal. “Pristine” sendiri adalah pengganti kata “beautiful” yang spesifik penggunaannya untuk pemandangan alam saja, demikian juga “landscape” yang hanya dapat merujuk pada pemandangan alam di suatu tempat.

Kemudian, kita akan mempelajari kalimat Pia yang berbunyi, “I love the sensation of organic powders and oils during the spa period,” Adapun “sensation” atau “sensasi” sendiri mencakup semua panca indera manusia yang merasakan “organic powders and oils” atau “bubuk dan minyak organik”. Selain itu, “during the spa period,” melukiskan waktu di mana “sensasi bubuk dan minyak organik” itu terjadi, yakni saat menjalani terapi spa.

2. Mempelajari Idiom dan Parafrase Kata dalam Bahasa Inggris Lebih Banyak Lagi

Sebagaimana yang telah saya tekankan pada seri-seri artikel sebelumnya, idiom dan parafrase kata merupakan dua kemampuan (skill) penting untuk dikuasai sejak pemula. Selain itu, banyak variasi idiom dan parafrase kata yang ada pada artikel ini dan tidak pernah kita pelajari dalam artikel-artikel sebelumnya.

Idiom tersebut adalah “breathable greens” yang terdapat pada bagian monolog Disco. “Greens” sendiri mengacu pada tumbuh-tumbuhan yang warnanya dominan hijau, tidak peduli apakah itu rumput, pohon, bunga, dan sebagainya. Sementara itu, “breathable” adalah ungkapan lain untuk mengatakan “greens” atau tumbuh-tumbuhan hijau memberi nafas atau “breath” atau oksigen.

Idiom lain yang dapat kita pelajari adalah “healthy and rejuvenating” pada dialog Rika. Sekilas, idiom ini terlihat melebih-lebihkan karena makna “healthy” atau “sehat” dan “rejuvenating” atau “memberi energi” hampir sama, padahal kegunaannya adalah untuk menekankan pengalaman minum teh jahe yang luar biasa menyegarkan. Untuk parafrase katanya, kita dapat belajar dari “crave” atau “ngidam” pada dialog Rika untuk kata ganti “love” atau “like” yang lebih spesifik.

3. Kata dan Bagian Kalimat Penting dalam Menceritakan Pengalaman Liburan dalam Bahasa Inggris

Ada banyak kata dan bagian kalimat yang dapat kita gunakan untuk menceritakan pengalaman dalam bahasa Inggris, namun kita akan mempelajari 1 kata dan 1 bagian kalimat sebagai contoh yang relevan pada artikel ini.

Kata tersebut adalah “afterwards”. Kata yang dalam bahasa Indonesianya berarti “setelahnya” ini merupakan lawan kata dari “beforehands” atau “sebelumnya”. Saat menceritakan pengalaman, kita dapat memakai kata ini untuk menceritakan 2 atau lebih kejadian menarik yang terjadi selama mengunjungi tempat wisata tertentu saat liburan.

Bagian kalimat yang hendak kita pelajari untuk menceritakan pengalaman adalah “ … in my previous experience,” di mana setiap pengalaman aktivitas yang melekat di dalamnya selalu menggunakan bentuk lampau. Salah satu contohnya adalah bagian “I’ve tried” yang mendahului “ … in my previous experience” pada dialog Rika.

Kesimpulannya, untuk dapat meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa Inggris saat berlibur atau sudah tidak berlibur lagi, kita tidak boleh berhenti belajar hanya pada cara menceritakan pengalaman. Kita pun harus memperhatikan aspek-aspek penting lainnya, seperti idiom, parafrase kata, dan cara-cara melukiskan pemandangan di dalam maupun luar ruangan.

Artikel selanjutnya akan membawa kita untuk belajar bahasa Inggris lewat setting dialog yang berbeda. Seperti apa dan sejauh apa bedanya, dan apa saja poin bahasa Inggris yang dapat kita pelajari? Simak ulasannya pada seri artikel berikutnya!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Berbagi Kesan Selama Berada di Zona Spa Bali Zoo
Percakapan Bahasa Inggris: Bagian Dalam Pesawat
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan di Sekitar Gardens By The Bay
Percakapan Bahasa Inggris: Menentukan Tempat Wisata Alam
Percakapan Bahasa Inggris: Mengunjungi Beachwalk Shopping Center
Percakapan Bahasa Inggris: Menikmati Little Venice
Percakapan Bahasa Inggris: Berada di Kawasan Mewah Singapura
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan di Sekitar Takashimaya
Percakapan Bahasa Inggris: Menjelajah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Seputar Wawancara Visa


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)