sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Di Dalam Mobil Mewah

Serba-Serbi Pelajaran Bahasa Inggris Lewat Percakapan di Dalam Mobil Supercanggih

Dalam artikel ini (sekaligus dalam artikel-artikel selanjutnya), kita berkesempatan untuk belajar bahasa Inggris lewat dialog yang terjadi di dalam kendaraan. Menyambung artikel sebelumnya di mana semua wisatawan sudah masuk mobil Kacung yang supercanggih, artikel ini akan membahas poin-poin pelajaran bahasa Inggris lewat percakapan yang benar-benar spektakuler setting-nya berikut ini:

Pia: Aww, how awesome! Large car seats, and there’s a TV there as well… Oh, wow, look, a TV’s remote here!

(Pia: Aww, keren banget! Ada kursi yang besar, ada TV juga… Oh, wow, lihat, ada remot TV juga di sini, lho!)

Rika: Ah, yes, Pia… A masterpiece, indeed. (No horns or pedals? How can?)

(Rika: Ah, ya, Pia… Benar-benar sebuah mahakarya, ya. (Tidak ada klakson atau pedal? Bagaimana bisa?))

Disco: *A little bit whispering* Rika, Pia, look over there! It looks like the car has some weird computer systems.

(Disco: *Agak sedikit berbisik* Ah, coba lihat ke sana… Sepertinya mobilnya punya semacam sistem komputer yang aneh.)

Kacung: Ready, guys? Let me set the timer and the speed first.

(Kacung: Sudah siap, semuanya? Mari aku atur waktu dan kecepatannya terlebih dahulu.)

Car’s bot: Today’s time is 19:00 P.M. All of you will arrive to the supermarket on 19:15 P.M. The engine will start in 3… 2… 1…

(Robot mobil: Waktu hari ini adalah pukul 7 malam. Kalian semua akan tiba di supermarket pukul 7 lebih 15 menit. Mesin akan siap dalam hitungan waktu 3… 2… 1…)

Singkat cerita, mobil kemudian melaju tanpa adanya klakson atau rem dengan kecepatan yang sudah diatur lewat sistem pintar-nya mobil. Selagi mereka melaju dalam perjalanan yang serba otomatis ini, kita akan mempelajari tiga poin bahasa Inggris lewat dialog yang dipaparkan berikut ini:

1. Penyebutan Bagian Mobil dalam Bahasa Inggris

Mobil merupakan kendaraan yang akan sering kita temui saat berwisata ke kota-kota besar di seluruh dunia. Seringkali karena penggunaan mobil terbatas hanya pada operasionalnya, wisatawan lupa untuk mempelajari per bagiannya, yang seharusnya juga tidak kalah pentingnya dalam memilih atau memperbaiki mobil semasa berwisata.

Paling mudah adalah “pedal” yang bahasa Indonesianya sama. Ini adalah injakan yang letaknya di bawah mobil untuk membuat mobil berjalan. Kemudian, ada “horn” yang artinya klakson mobil. Mengingat kedua bagian ini merupakan kata benda, maka penambahan “s” di akhir dimaksudkan untuk memberi kesan, “Haaaah?! Masa’ gak ada klakson atau pedal sama sekali?”

2. Tata Bahasa Speaking dan Writing dalam Bahasa Inggris Itu Berbeda

Mengingat natur bahasa Indonesia yang cenderung lebih “datar” dibandingkan bahasa Inggris, masalah tata bahasa speaking dan writing ini banyak dialami oleh learners asal Indonesia terlepas dari level mereka.

Untuk membedakannya, tata bahasa speaking cenderung lebih cepat, langsung ke pokok persoalan, dan tidak terlalu memperhatikan struktur gramatikal seperti pada writing. Kita dapat melihatnya pada kata, “A masterpiece, indeed,” yang bila diterjemahkan dalam bentuk writing menjadi, “I do believe that car is truly a masterpiece,

3. Penyebutan Jam dalam Bahasa Inggris

Sebagaimana dengan penggunaan “articles” dan aneka ragam sapaan pada artikel sebelumnya, penyebutan jam adalah sesuatu yang sering hadir pada kurikulum level pemula, namun tidak menghilangkan kepentingannya. Apalagi menghadapi kenyataan kita hidup dalam waktu yang berurutan.

Dalam bahasa Inggris, “A.M.” mulai dari pukul 12 malam hingga 11 siang lebih beberapa menit, sementara “P.M.” mulainya dari 12 siang sampai 11:59 malam. Tidak ada aturan khusus mengenai penulisan waktu lebih dari 12 siang yang benar, apakah “19:00”, “19:00 P.M.”, “7.00 P.M.” atau “7 p.m.” atau apapun, yang penting adalah penempatan “A.M.” atau “P.M.”-nya harus sesuai dengan ketentuan jamnya.

Artikel selanjutnya akan membahas dialog dan inti pelajaran bahasa Inggris lain yang lebih menarik dibandingkan artikel-artikel sebelumnya. Para learners, siapkan diri Anda untuk belajar bahasa Inggris lebih dalam lagi!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Di Dalam Mobil Mewah


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)