sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Disco Mencoba Ruang Penyimpanan Mobil

Jangan Sampai Kecanggihan Mobil ala Batmobile Kacung Mengalihkan Perhatian Belajar Bahasa Inggris, Mari Kita Belajar Lewat Percakapan Disco Saat Mencoba Ruang Penyimpanan Mobil Ini

Kita sudah belajar poin-poin penting bahasa Inggris lewat Pia yang mencoba minuman otomatis dan Rika yang menonton saluran televisi yang gambarnya begitu cerah. Kini, giliran Disco yang akan memberikan kita pelajaran bahasa Inggris yang tidak kalah berharganya saat mencoba ruang penyimpanan mobil supercanggih milik Kacung.

Sebelum kita masuk pada ketiga poin pelajaran bahasa Inggris pada artikel ini, ada baiknya kita menyimak terlebih dahulu dialog dengan Disco sebagai sentralnya berikut ini:

Disco: What…? No place to save things?

(Disco: Hah…? Ngga ada tempat menyimpan barang, nih?)

Car’s bot: Here you are. A hidden safety box to store your belongings.

(Robot mobil: Ini dia. Kotak penyimpanan tersembunyi untuk menyimpan barang-barang pribadimu.)

Disco: Wowowowow!!! The shelf is opening by its own! Okay… I’ll place this, this, and this inside… What’s with this button again?

(Disco: Wowowowowow!!! Raknya bisa membuka sendiri! Oke… Aku akan menaruh ini, ini, dan ini di dalam… Ini tombol apa lagi, ya?)

Car’s bot: You can’t press that button. It is already closed.

(Robot mobil: Kamu tidak bisa menekan tombol itu. Rak kotak penyimpanannya sudah tutup.)

Disco: Okay, then.

(Disco: Oke kalau begitu.)

Seperti biasa, ada 3 hal mengenai bahasa Inggris yang dapat kita pelajari lewat dialog interaksi dan komunikasi Disco dengan robot mobil milik Kacung tersebut. Agar tidak menimbulkan rasa penasaran lebih jauh, ini dia ketiga hal yang akan kita pelajari bersama:

1. Belajar Lebih Dalam Mengenai Kotak Penyimpanan dalam Bahasa Inggris

Benda yang penting untuk menyimpan barang-barang berharga yang kita miliki ini termasuk yang paling jarang dibahas dalam kurikulum pemula. Sebagai seseorang yang pernah belajar bahasa Inggris, saya merasakan pentingnya belajar hal-hal yang paling dibutuhkan sejak menjadi pemula dalam belajar bahasa Inggris, termasuk soal kotak penyimpanan.

Kita mengenal kotak ini dengan sebutan “safety box”, di mana “shelf” atau rak adalah salah satu bagiannya. Sebagaimana dikemukakan oleh si robot mobil, fungsi utama “safety box” dengan “shelf”-nya adalah “store your belongings” atau “menyimpan barang-barangmu (barang-barang kita)”. Memang barang belanjaan sudah ditaruh di belakang, namun agaknya pada ilustrasi dialog, Disco masih menyimpan barang-barang kecil di kantong celananya.

2. Serba-Serbi Mengenai Kata “Button”

Bahasa Inggris dapat menjadi membingungkan bagi kebanyakan pelajar, khususnya mereka yang baru mulai belajar bahasa Inggris. Beberapa dari kita, para learners, yang rempong, mungkin telah mengetahui sebelumnya kalau “button” itu artinya “kancing”.

Lagi-lagi, ini bukanlah arti yang salah. Namun, kita perlu memperhatikan konteks pemakaiannya. Bila ada “safety box” yang melekat pada “button”, maka arti kata “button” itu adalah tombol yang digunakan untuk mengoperasikan “safety box” tersembunyi dalam mobil serba-otomatis milik Kacung.

3. Belajar Lagi Mengenai Bentuk Lampau dalam Bahasa Inggris

Kalau di masa lalu kita sudah banyak belajar variasi “have been” dan semacamnya, dalam artikel ini kita akan belajar hal yang lebih mudah diingat, khususnya dalam penggunaan kata “already” sebagai salah satu komponen bentuk lampau bahasa Inggris yang sederhana.

Secara umum, kebanyakan kata yang berakhiran “-ed” dalam bahasa Inggris pastilah kata-kata yang sudah terjadi (lampau). Contohnya terdapat pada, “It is already closed” yang dikatakan oleh robot mobil, untuk mengatakan kalau kejadian “pintu” otomatis kotak penyimpanan sudah tertutup sebelum si robot mobil mengatakannya atau kejadian Disco penasaran akan “tombol tambahan” di sekitar safety box.

Kalau kita membaca dialog-dialog pada ketiga rangkaian artikel akhir-akhir ini, mungkin kita penasaran mengapa robotnya berbicara pada tiap individu. Sebenarnya, robot mobil yang belum sempurna ini langsung merespons dengan respons yang baru begitu ia mendeteksi adanya aktivitas dari penumpang lain, sehingga tidak bisa merespons langsung ke semua orang.

Artikel selanjutnya akan memberikan pelajaran bahasa Inggris yang sama sekali berbeda dengan setting waktu dan tempat yang berbeda pula. Jadi untuk para learners sekalian, alangkah baiknya bila kita menantikan tayangan seri artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya.

 

Percakapan Bahasa Inggris: Membawa Barang Bawaan dan Dalam Perjalanan Kembali ke Rumah
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat di Mobil Menuju Rumah
Percakapan Bahasa Inggris: Keseruan dan Dilema Kendaraan Roda Empat
Percakapan Bahasa Inggris: Diskusi di Seputar Moda Transportasi
Percakapan Bahasa Inggris: Persoalan yang Dihadapi Saat Memilih Kendaraan ke Bandara
Percakapan Bahasa Inggris: Pia Minum Teh dalam Mobil Supercanggih
Percakapan Bahasa Inggris: Disco Mencoba Ruang Penyimpanan Mobil
Percakapan Bahasa Inggris: Rika Mencoba Saluran Televisi dalam Mobil


 
Contoh Percakapan Membeli Tiket Pesawat di Indomaret/Alfamart & Terjemahannya
Contoh Percakapan Membeli Tiket di Bioskop & Terjemahannya
Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek & Terjemahannya
Kalimat Percakapan Memberi dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Kalimat Percakapan untuk Meminta, Memberi, Menolak Sesuatu (Asking, Giving, Refusing)
Percakapan Driver Taksi / Grab / Gocar dengan Penumpang Bule
Percakapan Negosiasi Gaji dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bahasa Inggris antara Polisi dan Terduga Kriminal
Percakapan Nasabah yang Akan Berhutang di Bank dalam Bahasa Inggris
Conversation: Percakapan Supir Taksi dan Penumpang dalam Bahasa Inggris