sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Diskusi di Seputar Moda Transportasi

Diskusi Seputar Moda Transportasi untuk Masuk dalam Penginapan Ini Akan Menambah Pengetahuan Kita Akan Bahasa Inggris, Lho, Para Learners!

Ada banyak transportasi yang dapat kita pilih di Singapura, termasuk di sekitar bandara Changi. Contoh dialog yang akan kita pelajari bahasa Inggrisnya ini menunjukkan opsi-opsi transportasi yang ketiga tokoh wisatawan utama kita diskusikan. Seperti biasa, paragraf-paragraf selanjutnya akan memberikan kita gambaran poin-poin bahasa Inggris yang dapat kita pelajari.

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai poin-poin bahasa Inggris yang dapat kita, para learners sekalian, ambil, ada baiknya kita melihat contoh percakapan berikut ini:

Pia: *Whispers to Rika* Wow… I can’t believe taxis are rare here!

(Pia: *Berbisik pada Rika* Wah… Aku tidak menyangka taksi itu langka di sini!)

Rika: There are… Yet, those are the most expensive transportation here in Singapore. Plus, some taxi drivers refuse to pick you up to certain destinations.

(Rika: Ada… Tapi, itu adalah moda transportasi paling mahal di sini di Singapura. Tambahannya, beberapa supir taksi tidak mau mengantar ke tempat-tempat tertentu.)

Pia: Hmmm… Okay, so, is there any other transportation that you know here?

(Pia: Hmmm… Oke, jadi, apakah ada transportasi lain yang kamu tahu di sini?)

Rika: We can go by a bus. However, those are usually limited and it’s already near evening now.

(Rika: Kita juga bisa pergi dengan bis. Namun, jumlah bis biasanya terbatas dan sekarang sudah mendekati sore hari.)

Disco: What…? Don’t say to us that there are no transportations at all!

(Disco: Apaaaaa…? Jangan bilang pada kami kalau tidak ada transportasi sama sekali!)

Rika: There should be a MRT. I think we should buy cards first?

(Rika: Seharusnya ada lagi, yakni MRT. Aku pikir kita harus beli kartunya dulu?)

Sekadar informasi, aneka ragam transportasi di Singapura seperti yang ditunjukkan pada contoh percakapan di atas merupakan bagian dari tiga poin bahasa Inggris yang akan kita pelajari bersama di bawah ini:

1. Mengenal Tiga Macam Moda Transportasi di Singapura dalam Bahasa Inggrisnya

Mengenal banyak kosa kata untuk berbagai macam penyebutan merupakan salah satu hal yang penting untuk pelajar bahasa Inggris level pemula, mengingat banyak bagian kurikulum bahasa Inggris ke depannya yang berpusatkan pada kosa kata. Artikel ini akan mengajak kita untuk melihat serba-serbi tiga moda transportasi yang ada di Singapura.

Taxi” atau “taksi” adalah yang paling mudah untuk dihafalkan, karena pelafalannya “teksi” yang hampir sama dengan bahasa Indonesianya. Sebutan untuk orang yang “menunggu” dan mengoperasikan “taxi” adalah “taxi driver”. Yang sedikit lebih susah dan ada dalam contoh percakapan di atas adalah “bus” atau “bis”, di mana cara mencapainya adalah “go by” atau “pergi dengan”, mengingat posisi kita yang hanya “ikut naik” saja.

Masih ada satu lagi transportasi “jagoan” Singapura, yakni “MRT” atau yang merupakan kependekan dari “Mass Rapid Transit”. “MRT” seperti yang disebutkan Rika ini adalah kereta super cepat yang operasionalnya berada di bawah tanah, dan bisa menjangkau seluruh Singapura hanya dalam hitungan menit atau jam.

2. Hambatan-Hambatan Saat Menaiki Transportasi di Singapura

Peribahasa lama, “Tidak ada gading yang tidak retak,” berlaku juga untuk transportasi-transportasi yang ada di Singapura. Setidaknya, ada 3 poin halangan atau hambatan untuk “taxi” dan “bus” di Singapura yang dapat kita pelajari pada contoh dialog di atas.

Kelangkaan (langka adalah “rare” dalam bahasa Inggrisnya) taksi di Singapura kerap disebabkan oleh harganya yang “the most expensive” atau “paling mahal” dan “, some taxi drivers refuse to pick you up to certain destinations,” sebagaimana yang disinggung oleh Rika pada bagian dialog awal. Selain itu, jumlah bis cenderung “limited” atau terbatas, yakni hanya pada waktu pagi hingga siang, sehingga Rika mengatakan “sedikit / hampir mendekati” sore hari pun tidak memungkinkan untuk menjangkau “bus” atau “bis”.

3. Antara Moda Transportasi yang Terbatas atau Benar-Benar Ada

Untuk mempelajari poin ketiga ini, tidak ada salahnya kita terlebih dahulu melihat poin Disco yang mengatakan, “What…? Don’t say to us that there are no transportations at all!” Sebenarnya, kalimat ini menyatakan ketakutan atas kejadian yang belum terjadi, yakni “there are no transportations at all,” atau “tidak ada transportasi atau kendaraan sama sekali,”

Ekspresi kekuatiran ini tercermin dalam penggalan kalimat, “What…? Don’t say to us …” Padahal sebenarnya, masih ada satu transportasi yang “juara pake banget”, yakni “MRT”. Hanya saja, karena ketiga wisatawan kita ini belum memiliki kartu, Rika menyarankan untuk “buy cards first,” atau “membeli kartu terlebih dahulu,”

Sekadar informasi, kita dapat menggunakan bentuk saran ini dengan diawali kalimat, “I think we should ...” sehingga tidak terkesan “sotoy” di mata lawan bicara, karena ada “I think” atau “aku / saya pikir” yang menyatakan opini pribadi kita.

Sesuai dengan kelanjutan contoh dialog ini, berikutnya kita akan belajar bahasa Inggris lewat kejadian saat trio wisatawan berada di stasiun MRT. Seperti apa poin-poin pelajarannya? Ada baiknya kita menyimak artikel tutorial bahasa Inggris berikutnya untuk mengetahuinya lebih lanjut.

 

Percakapan Bahasa Inggris: Diskusi di Seputar Moda Transportasi
Percakapan Bahasa Inggris: Pia Minum Teh dalam Mobil Supercanggih
Percakapan Bahasa Inggris: Keseruan dan Dilema Kendaraan Roda Empat
Percakapan Bahasa Inggris: Membawa Barang Bawaan dan Dalam Perjalanan Kembali ke Rumah
Percakapan Bahasa Inggris: Rika Mencoba Saluran Televisi dalam Mobil
Percakapan Bahasa Inggris: Disco Mencoba Ruang Penyimpanan Mobil
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat di Mobil Menuju Rumah
Percakapan Bahasa Inggris: Persoalan yang Dihadapi Saat Memilih Kendaraan ke Bandara


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)