sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Hendak Masuk ke Mobil

Mobilnya Kacung Itu Luar Biasa, Apalagi Percakapan dan Pelajaran Bahasa Inggrisnya: Simak Uraiannya pada Artikel Ini

Artikel ini merupakan lanjutan artikel dialog sebelumnya. Dalam dialog ini, kuartet wisatawan sudah benar-benar keluar dari kedai minuman. Mereka menuju tempat yang tidak kalah menariknya, yakni mobil Kacung yang “warbyasah” alias luar biasa itu.

Dalam mobil, ada percakapan menarik sekaligus pelajaran bahasa Inggris yang dapat kita pelajari bersama. Penasaran? Simak uraian dialognya berikut ini:

Disco: (Tsk… He’s such a womanizer, isn’t he? This huge-sized car…)

(Disco: (dalam hati: Tsk… Dia memang benar-benar penakluk wanita, ya? Mobil ini besar sekali…))1

Pia: Whoa… What a Batmobile-like car. Where did you get this?

(Pia: Wah… Mobilnya mirip sama Batmobile, ya. Kamu dapatnya dari mana?)

Kacung: At an automotive-based company near my house. I paid full in cash. Come and get in.

(Kacung: Dapatnya dari perusahaan otomotif dekat rumahku. Aku bayar penuh secara tunai dalam satu waktu. Ayo, silahkan masuk.)

Car’s bot: My system recognizes three new passengers. All new passengers please show your ID card so all of you can be in.

(Robot dalam mobil: Sistemku melacak adanya tiga penumpang baru. Semua penumpang baru tolong tunjukkan kartu identitas Anda supaya semuanya bisa naik.)

Singkat cerita, mereka bertiga menunjukkan kartu identitas mereka masing-masing secara berurutan dan pintu mobil langsung membuka dengan sendirinya. Selagi mereka masih terheran-heran dengan mobil besar supercanggih yang dimiliki oleh Kacung, mari kita pelajari tiga hal bahasa Inggris yang berkaitan dengan dialog ini:

1. Mengulang Question Tag dengan Tambahan Penanda “Sangat”

Dalam artikel sebelumnya, kita telah belajar natur question tag dalam bahasa Inggris selalu menambahkan atau mengurangi unsur “not” dalam question tag-nya.

Contoh lain dari question tag dalam dialog ini adalah yang terdapat pada dialog dalam hati Disco, yakni, “He’s such a womanizer, isn’t he?” Dari bagian tersebut, kita dapat mengetahui unsur “not” yang terdapat pada “isn’t” (atau singkatan dari “is not”) di pertanyaan, karena awalannya adalah “He’s” atau singkatan dari “He is”.

Penambahan kata “such” setelah “He’s” menandakan impresi yang “sangat”. Sebenarnya, “sangat” ini bisa diganti dengan “very”, “really”, dan lain-lain. Namun, adanya “such” memperkuat kesan dongkol karena Disco seolah tidak dianggap oleh Kacung.

2. Pertanyaan dalam Bentuk Lampau

Bentuk lampau yang paling sederhana yang harus diketahui oleh tiap pelajar bahasa Inggris level pemula adalah past tense, atau kalimat apapun yang membahas hal-hal yang sudah berlalu lama. Dari percakapan di atas, kita melihat Pia yang menanyakan, “Where did you get this?

Did” sendiri adalah bentuk lampau dari “do”. Secara harafiah artinya memang melakukan, namun bila dipasangkan dengan pertanyaan 5W + 1H (atau “What, who, where, when, why, how”) kata ini jadi sekadar penanda waktu saja. Karena mobilnya sudah tidak di perusahaan mobil lagi untuk waktu yang lama, jadilah kita memakai “Where did”, bukan “Where do” yang menandakan mobilnya barusan dibeli hari ini.

3. Belajar Mengenai Kalimat Perintah Formal dan Kata Sambungnya dalam Bahasa Inggris

Dalam kalimat perintah si robot, kita menjumpai, “All new passengers please show your ID card so all of you can be in,” Ini adalah bentuk perintah yang formal, mengingat kalimatnya disajikan penuh tanpa adanya singkatan sedikitpun.

Bila berada dalam setting wisata, bentuk kalimat perintah formal ini dapat kita jumpai di tempat-tempat yang menjunjung tinggi suasana formal seperti bandara. Bentuk kalimat ini juga dapat menggunakan kata sambung, seperti si robot pintar yang menggunakan kata sambung “so” untuk menghubungkan kalimat “All new passengers please show your ID card” dan “all of you can be in”.

Meskipun yang mengatakan robot, namun kenyataannya kita akan menjumpai bentuk kalimat perintah “mesin” ini pada orang-orang, khususnya dalam pesawat. Dalam beberapa artikel ke depan, kita akan belajar mengenai hal ini lebih dalam lagi dan penggunaannya untuk berbagai konteks yang berbeda, khususnya dalam hal tempat.

Artikel berikutnya akan membahas percakapan di dalam mobil dengan pelajaran bahasa Inggris yang tidak kalah menariknya. Mari lanjutkan membaca agar makin mengenal berbagai macam penggunaan ekspresi dan kosa kata bahasa Inggris dengan benar.

1 Mulai artikel ini sampai seterusnya, dialog bahasa Inggris yang ditandai tanda kurung berarti ngomong dalam hati.

 

Percakapan Bahasa Inggris: Mendadak Haus di Jalan
Percakapan Bahasa Inggris: Hobi & Motivasi Liburan
Percakapan Bahasa Inggris: Hendak Masuk ke Mobil
Percakapan Bahasa Inggris: Saat Keluar dari Kedai Minuman
Percakapan Bahasa Inggris: Bertemu Wisatawan Lainnya


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)