sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Hobi & Motivasi Liburan

Dalam Bahasa Inggris, Percakapan Hobi Pun Dapat Menjadi Motivasi Liburan, Ini Dia Uraiannya

Pembahasan pada artikel ini tidak jauh berbeda dengan artikel sebelumnya mengenai salam-sapa dalam bahasa Inggris, yakni hobi, yang menjadikannya berkesinambungan dengan artikel sebelumnya mengenai salam berbasa-basi. Seperti artikel sebelumnya, dialog dan pembahasan dihubungkan dengan keadaan berwisata.

Percakapan pada artikel ini mengambil tempat sama untuk mendiskusikan motivasi liburan sebelum benar-benar bepergian, jadi anggaplah ini sebagai bagian introduksi dari rangkaian artikel percakapan wisata sebagai berikut:

Rika: Before we go, let us know more about each other: What are your hobbies?

(Rika: Sebelum kita pergi, mari kita saling berkenalan satu dengan yang lain: Apa hobi kalian?)

Disco: I love dancing and listening to music.

(Disco: Saya suka menari dan mendengarkan musik.)

Rika: Great! We can play Dance Dance Revolution at malls.

(Rika: Hebat! Kita dapat bermain Dance Dance Revolution di mal-mal.)

Pia: I like going to forests.

(Pia: Saya suka pergi ke hutan.)

Rika: Yes, we will go to several nature-friendly places together. We will also go to museums, historical sites, villages, attractions, theme parks, and many more!

(Rika: Ya, kita akan pergi ke berbagai macam tempat yang ramah lingkungan. Kita juga akan pergi ke museum, situs historis, desa, atraksi, taman, dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya!)

Pia and Disco: Yaaay! We can’t wait to explore more!

(Pia dan Disco: Yaaay! Kita tidak sabar untuk menjelajah lebih lanjut!)

Ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dari percakapan singkat tersebut. Berikut ini adalah uraiannya:

1. Hobi Sebagai Kata Kerja Perangsang Minat Berwisata

Memang, pesan yang hendak disampaikan pada dialog di atas ini adalah hobi yang memancing keinginan untuk berwisata. Namun, seringkali sebagai pelajar pemula, kita tidak tahu bagaimana penyebutan hobi dalam bahasa Inggris dapat menimbulkan aksi dan antusiasme untuk menjelajah seperti yang terjadi pada Pia dan Disco di bagian dialog terakhir.

Dancing”, “listening”, dan “going”—Setidaknya, itulah tiga kata berbahasa Inggris yang kita temukan pada jawaban Pia dan Disco mengenai pertanyaan hobi dari Rika. Dari ketiga kata ini, kita mengenal adanya bentuk subjek ditambah verb “-ing”, yang biasanya menunjukkan aksi “sekarang dan di sini”, sehingga membawa percakapan mengenai hobi pada antusiasme untuk ikut berlibur bersama.

Dengan kata lain, kalau tidak ada Rika yang memulai percakapan dengan hobi, baik Pia maupun Disco tidak akan sesenang itu untuk mulai menjelajah tempat favorit yang sesuai dengan hobi mereka. Hubungan ini untuk selanjutnya akan dijelaskan pada poin berikutnya mengenai ekspresi yang digunakan.

2. Ekspresi yang Digunakan pada Dialog

Dalam dialog pada artikel ini, paling tidak ada 4 macam ekspresi yang dapat kita lihat. Masing-masing ada 2 ekspresi adjective replacements dan 2 ekspresi dalam bentuk kalimat, yang akan dijelaskan lebih lanjut pada paragraf berikutnya.

Untuk menyatakan kesukaan atau kesenangan, kita dapat menggunakan kata “love” seperti Disco atau “like” seperti Pia. Seiring dengan berjalannya waktu, kita akan mempelajari makin banyak adjective replacements ini untuk menyatakan berbagai macam perasaan. Sementara itu, “Know more about each other” dapat digunakan untuk mengganti “introduce ourselves to each other” yang lebih formal dan “can’t wait to explore more” adalah ekspresi kalimat yang tepat untuk menyatakan antusiasme, terutama bila digabungkan dengan “Yaaay!”.

3. Penyebutan Tempat-Tempat Wisata yang Sering Dikunjungi dalam Bahasa Inggris

Titik berat dialog pada artikel kedua ini adalah pada dialog Rika yang menyebutkan ada museum, situs-situs bersejarah, dan sebagainya. Dari sini, ada 2 hal yang hampir sama penyebutannya dalam bahasa Inggris, yakni “museums” dengan “historical sites” dan “attractions” dengan “theme parks”.

Sebenarnya, kata-kata “historical sites” dapat merujuk pada candi, arca, prasasti, dan bentuk-bentuk peninggalan lainnya, sementara museum hanya salah satu bagian dari situs historis. Selain itu, “attractions” dapat saja merupakan seni jalanan atau pentas-pentas yang terbuka untuk wisatawan. Memang kalau dilihat mirip-mirip dengan “theme park” yang identik dengan Jatim Park atau Universal Studio Singapura, tapi sebenarnya “attractions” dapat dilakukan di jalanan manapun selama ramai orang yang berlalu lalang di sebuah tempat wisata.

Kesimpulannya, artikel yang memuat dialog mengenai hobi ini berhubungan dengan wisata, karena seperti yang telah disinggung sebelumnya, hobi dapat memancing minat seseorang untuk berwisata. Hobi juga biasanya datang setelah salam basa-basi seperti greetings dan menanyakan kabar yang terdapat pada artikel tutorial bahasa Inggris sebelumnya.

Artikel berikutnya akan membahas mengenai persiapan-persiapan penting sebelum berlibur. Dear learners, siapkah Anda untuk menapaki perjalanan belajar bahasa Inggris untuk berwisata selanjutnya?

 

Percakapan Bahasa Inggris: Ingin Pergi Ke Tempat Wisata
Percakapan Bahasa Inggris: Hendak Masuk ke Mobil
Percakapan Bahasa Inggris: Mendadak Haus di Jalan
Percakapan Bahasa Inggris: Hobi & Motivasi Liburan
Percakapan Bahasa Inggris tentang Liburan di Pantai
Percakapan Bahasa Inggris: Bertemu Wisatawan Lainnya
Percakapan Bahasa Inggris: Saat Keluar dari Kedai Minuman


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)
Percakapan Inggris: Mempelajari Penggunaan Bahasa Inggris di Supermarket
Percakapan Bisnis: Memberikan Informasi Sesuai Persyaratan dalam Interview Menggunakan Bahasa Inggris
Percakapan di Restoran: Cara Menanyakan Bill dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris: Membicarakan Kabar Terkini
Percakapan Inggris: Mengucapkan Salam Sederhana dalam Situasi Informal
English Conversation: Contoh Percakapan dengan Simple Perfect Tense