sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Kejadian Seru Saat Berada di Brisbane International Airport

Apa Saja Kejadian Seru yang Mungkin Terjadi Dalam Brisbane International Airport? Contoh Percakapan Ini Akan Memperlihatkannya dan Memberi Kita Pelajaran Bahasa Inggrisnya Pula!

Masih berhubungan dengan paragraf terakhir dalam artikel sebelumnya, dalam contoh percakapan pada artikel ini, kita anggap trio wisatawan, Kacung, dan Charlotte semuanya tiba dengan selamat dari tempat transit menuju Brisbane International Airport, sehingga Brisbane International Airport menjadi setting tempat untuk contoh percakapan pada artikel ini.

Dalam airport yang berukuran kecil ini, mereka mengalami serangkaian kejadian seru. Apa saja kejadian tersebut? Mari, kita simak lewat contoh percakapan yang akan kita pelajari bahasa Inggrisnya ini:

Kacung: *while walking and carrying Charlotte along with the empty milk bottle* Would the three of you please wait here on the Level 2? I’m going upstairs to pick up my Nikon camera order, refill and reheat Charlotte’s milk at the Parent Room.

(Kacung: *sambil berjalan dan menggendong Charlotte dan membawa botol susu yang kosong* Bersediakah kalian bertiga menunggu di sini di Lantai 2? Aku akan naik untuk mengambil pesanan kamera Nikon-ku, mengisi dan memanaskan kembali susu Charlotte di Ruang untuk Orangtua.)

Rika: Goodness, you’re going there?!?! Let me follow you!!! I want to try that digital camera as well.

(Rika: Ya ampun, kamu ke sana?!?! Mari aku ikuti kamu!!! Aku ingin mencoba kamera digital itu juga.)

Kacung: I doubt they’ll let you, unless you have ordered it first through their online system. Why not claim your baggage at the designated claiming station?

(Kacung: Aku ragu kalau mereka akan mengijinkanmu, kecuali kamu sudah memesannya terlebih dahulu lewat sistem online mereka. Mengapa tidak mengambil bagasimu di bagian pengambilan yang sudah tersedia?)

Rika: Oh, okay… I think we’ve forgot about that. Thanks for reminding us! *gets back to the baggage claiming station with Pia and Disco*

(Rika: Oh, baiklah… Sepertinya kita lupa mengenai hal tersebut. Terima kasih sudah mengingatkan kami! *kembali ke bagian pengambilan bagasi bersama Pia dan Disco*)

Disco: *looks at his smartwatch’s detector* It’s already been 2 hours from our latest arrival here. I’ll go find the “Lost and Found” area in case we lost one of our carriages.

(Disco: *melihat detektor pada jam tangan pintarnya* Sudah 2 jam sejak kedatangan kita di sini. Aku akan berusaha mencari area “Hilang dan Ditemukan” kalau-kalau kita kehilangan salah satu bawaan kita.)

Cukup seru dan bervariasi, bukan, kejadian yang mereka alami di Brisbane International Airport? Tentunya akan makin seru dan greget bila kita menyimak 3 poin pelajaran bahasa Inggris di bawah ini, yang masih berkesinambungan dengan contoh percakapan yang ada:

1. Belajar Berbagai Verb yang “Aneh dan Nyeleneh

Verb-verb ini disebut “aneh dan nyeleneh” tidak lain dan tidak bukan adalah karena jarang ada yang mengetahuinya, termasuk para pelajar bahasa Inggris level pemula. Dalam contoh percakapan ini, ada 3 verb “aneh dan nyeleneh” yang dapat kita pelajari lewat dialog Kacung di bagian awal, yakni “pick up”, “refill”, dan “reheat”.

Biasanya, pelajar bahasa Inggris level pemula cenderung mengetahui “pick on”, namun jarang ada yang mengenal verb “pick up”. Sebenarnya, “pick up” digunakan untuk merujuk pada pengambilan barang yang “nun jauh di sana” bila dibandingkan dengan “pick on” yang jangkauan barang yang dituju dekat dengan kita.

Bila ada verb berawalan “re-“ seperti “refill” dan “reheat”, maka itu (hampir) pasti menandakan pengulangan atas suatu kejadian atau kegiatan. Jadi, “refill” dan “reheat” merupakan pengulangan dari “fill” dan “heat” dalam beberapa waktu sebelumnya di tempat yang sama ataupun berbeda. Dalam hal contoh percakapan, artinya Kacung sudah “filling and heating Charlotte’s milk” sebelum ia, anaknya (Charlotte), dan trio wisatawan tiba di Brisbane International Airport.

2. Mengenal Berbagai Kosa Kata Bahasa Inggris Tentang Tempat Dalam Bandara

Tempat yang wajib ada dalam bandara adalah “baggage claiming station”, yakni tempat untuk mengambil bagasi sebagaimana dijelaskan pada kalimat dialog Kacung di bagian tengah menuju akhir. Selain “baggage claiming station”, ada juga “Lost and Found area” dan “Parent Room” sebagai 2 tempat yang mendukung di saat-saat “genting”.

Lost and Found area” umumnya berkaitan dengan bagasi, yakni bagasi yang dilaporkan hilang lalu ditemukan dalam satu tempat yang aman. Sementara itu, “Parent Room” fungsinya berbeda-beda dari satu bandara ke bandara di negara lain, namun pada umumnya, “Parent Room” adalah tempat untuk menyediakan segala macam kebutuhan si kecil “di tempat”, seperti memanaskan botol susu, mengganti dudukan si kecil, dan sebagainya.

3. Belajar Lebih Banyak Mengenai Kata Penghubung dan Frasa Tambahan Dalam Bahasa Inggris

Seperti yang disinggung pada artikel tutorial bahasa Inggris sebelumnya, ada banyak variasi kata penghubung dalam bahasa Inggris, sehingga kita perlu mempelajarinya sejak kita berada di tingkat pemula. Dalam contoh percakapan di artikel ini, kita melihat adanya “unless” dan “in case” sebagai kata penghubung yang dapat kita pelajari.

Seperti artian bahasa Indonesianya, “unless” atau “kecuali” menunjukkan pengecualian atas kondisi kalimat sebelumnya. Misalnya, pada kalimat, “I doubt they’ll let you, unless …” menunjukkan kejadian “they will (not) let you” tidak akan terjadi bila syarat setelah kata “unless” dipenuhi. Sementara itu, “in case” digunakan untuk menghubungkan kalimat berpola, “(Hal yang ingin dilakukan) + in case + (kejadian yang mungkin atau tidak mungkin terjadi)”.

Already been” pada bagian akhir dialog Disco menunjukkan frasa tambahan yang menarik. Alasannya, apapun yang melekat pada “already been” biasanya ditunjukkan untuk sesuatu yang “sudah terlanjur terjadi dan tidak ada cara untuk memperbaikinya”, seperti 2 jam yang telah berlalu dan tidak bisa diputar kembali.

Singkat cerita, ketiga wisatawan, Kacung, dan Charlotte akhirnya selesai dengan urusan barang-barang bawaan dan pembelian mereka. Mereka pun bersiap untuk menghadiri pesta ulang tahun si kecil Charlotte.

Penasaran di mana tempatnya, bagaimana tiap attitude trio wisatawan tercermin, dan apa saja poin bahasa Inggris yang dapat dipelajari? Simak saja uraiannya dalam artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Kejadian Seru Saat Berada di Brisbane International Airport
Percakapan Bahasa Inggris: Berputar-Putar di Stan Bandara
Percakapan Bahasa Inggris: Mengunjungi Berbagai Tempat di Bandara Tan Son Nhat
Percakapan Bahasa Inggris: Tiba di Bandara Changi
Percakapan Bahasa Inggris: Kejadian yang Berbeda Saat Berada di Bandara Transit
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat Tiba di Bandara Lokal
Percakapan Bahasa Inggris: Saat Berada di Ruang Dalam Bandara dan Bersiap Terbang


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)