sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Kembali Lagi ke Rumah dan Menjelajah Rencana Liburan

Kembali ke Rumah Bukan Akhir dari Segalanya, Ini Dia Dialog Trio Wisatawan Saat Menjelajah Rencana Liburan yang Dapat Kita Pelajari Bahasa Inggrisnya

Ada pepatah yang mengatakan, “Tidak ada tempat yang lebih nyaman selain dari pada rumah,” Demikian pula yang terjadi pada trio wisatawan kita yang baru saja menapaki “hari lelah” mereka di Bogor. Mereka akhirnya pulang rumah.

Alih-alih sekadar pulang, mereka mulai menjelajah berbagai kemungkinan untuk wisata selanjutnya. Berikut ini adalah dialog yang akan kita pelajari bahasa Inggrisnya:

Pia: That was far from what I’ve expected!!! So spectacular, so magnificent, soooo fantastic!!! Where do we want to go next?

(Pia: (Pengalaman liburan ke Bogor) itu jauh dari yang aku harapkan!!! Begitu spektakuler, begitu menakjubkan, begituuuuuu fantastis!!! Kita ke mana lagi, nih?)

Rika: I think we’ve got to challenge ourselves to go a bit further… Disco, do you have any recommendations?

(Rika: Aku pikir kita harus menantang diri kita untuk pergi sedikit lebih jauh… Disco, apa kamu ada rekomendasi?)

Disco: Hang on, let me compare between my devices… Okay. We can go to Bali and book cheap hostels, actually.

(Disco: Tunggu, mari aku bandingkan antara peralatanku… Oke. Sebenarnya kita bisa pergi ke Bali dan memesan hostel yang murah.)

Pia: Are there really cheap hostels? I only know some ten-dollar hotels.

(Pia: Apakah benar-benar ada hostel yang murah? Aku hanya tahu beberapa hotel yang harganya kira-kira 10 dolar.)

Disco: Well, who knows if we don’t book first?

(Disco: Yaah, siapa yang tahu kalau kita tidak memesan terlebih dahulu?)

Sekarang kita telah mengetahui perbincangan yang terjadi antara Rika, Pia, dan Disco saat merundingkan tujuan berwisata selanjutnya. Maka, hal yang tersisa untuk kita adalah belajar serba-serbi bahasa Inggrisnya, di mana ketiga poin pelajaran bahasa Inggrisnya dijabarkan sebagai berikut:

1. Belajar Bercerita Mengenai Pengalaman Liburan dalam Bahasa Inggris

Poin ini merupakan lanjutan dari poin pengalaman sensorik yang terdapat pada artikel sebelumnya. Penceritaan pengalaman ini penting untuk menjaring lebih banyak orang lain yang juga memiliki “hati” untuk berwisata, termasuk mereka yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

Kita dapat belajar dari bagian dialog Pia soal cerita pengalaman liburan ini. Ungkapan “far from what I expected” merupakan petunjuk konotasi positif liburan yang dialami di masa lalu. Selain itu, menggunakan kata-kata pujian secara berulang-ulang dan antusias seperti, “spectacular”, “magnificent”, dan “fantastic” juga cocok untuk membuat orang semangat untuk pergi berlibur ke tempat yang sudah pernah kita kunjungi.

2. Mengenal Proses Rekomendasi Tempat Wisata dalam Bahasa Inggris

Rekomendasi tempat wisata yang bagus bukan hanya tugas agen perjalanan wisata. Ada kalanya kita dapat merekomendasikan tempat wisata yang menurut pengamatan atau penelitian kita bagus kepada teman-teman dari mulut-ke-mulut dalam bahasa Inggris, sehingga mempelajari proses-proses rekomendasinya dalam bahasa Inggris menjadi penting.

Dari dialog yang muncul pada artikel ini, kita tahu proses dimulai saat satu orang mengajukan permintaan “khusus”, yakni lewat frasa, “I think we (should / have / have got) + to + (macam permintaannya “ yang diikuti dengan pertanyaan, “do you have any recommendations?” seperti yang ditanyakan Rika pada Disco.

Bila diperlukan, rekomendasi dapat membandingkan terlebih dahulu harga-harga yang sudah ada, seperti yang dilakukan oleh Disco dengan bagian kalimatnya yang berbunyi, “Let me compare between … “. Setelah itu, barulah merekomendasikan satu atau dua tempat terbaik untuk berwisata. Bagaimanapun juga, kepuasan orang yang kita rekomendasikan haruslah kita utamakan, sekalipun mungkin kita bukan agen perjalanan wisata.

3. Belajar untuk Teliti Membedakan Antar Kata

Ketelitian merupakan hal yang penting dalam belajar bahasa Inggris. Bukan hanya teliti soal grammar, struktur kata, atau kalimat saja, namun kita juga harus teliti dalam membedakan antar kata yang ejaan tertulisnya hampir mirip.

Dalam contoh dialog ini, kita dapat melihat dari “hostel” dan “hotel” yang hampir mirip. Dalam kehidupan berwisata yang sesungguhnya, “hostel” dan “hotel” bukan sekadar mirip dalam susunan katanya, namun juga struktur bangunan luarnya. Selain harga “hostel” yang jauh lebih murah dibandingkan “hotel”, “hostel” juga identik dengan ranjang bersusun yang membuatnya berbeda dengan “hotel” yang kamarnya cenderung lebih “pribadi”.

Lewat dialog Disco di bagian akhir, setidaknya kita telah memiliki gambaran secara umum dialog pada artikel selanjutnya yang hendak kita pelajari bahasa Inggrisnya. Meski demikian, setting dialog dan pelajaran bahasa Inggris yang ada akan lebih bervariasi lagi. Karena itu, mari kita simak artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya yang dijamin lebih greget.

 

Percakapan Bahasa Inggris: Menjelajah SkyPoint Observation Deck
Percakapan Bahasa Inggris: Menikmati Little Venice
Percakapan Bahasa Inggris: Menentukan Tempat Wisata Alam
Percakapan Bahasa Inggris: Menggali Lebih Dalam Seputar Vietnam
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Seputar Wawancara Visa
Percakapan Bahasa Inggris: Brosur dan Penganggaran untuk Liburan ke Vietnam
Percakapan Bahasa Inggris: Berbagi Kesan Selama Berada di Zona Spa Bali Zoo
Percakapan Bahasa Inggris: Cerita Perencanaan Negara Tujuan Liburan Berikutnya
Percakapan Bahasa Inggris: Tiba di Pod Chocolate Factory
Percakapan Bahasa Inggris: Kembali Lagi ke Rumah dan Menjelajah Rencana Liburan


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)