sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Kendala yang Dialami Saat Memesan dari Situs Travel

Pesan Akomodasi dari Situs Akan Menjadi Lebih Susah dari yang Ada pada Dialog Ini, Kalau Kita Tidak Mempelajari Poin-Poin Penting Bahasa Inggrisnya…

Dialog sebelumnya telah mencatat masalah “salah sambung” dan telepon yang tidak kunjung dijawab saat trio wisatawan (termasuk Disco yang menghubungi) membutuhkan akomodasi untuk berlibur ke Bali.

Masalah ini dipecahkan dengan mencari dan memesan langsung pada situs yang dituju. Kendati demikian, masalah yang ada malah menjadi makin seru, baik dalam dialognya sendiri maupun pelajaran bahasa Inggris yang dapat kita ambil darinya. Agar tidak penasaran, ini dia kutipan dialognya:

Disco: *searching and comparing between accommodations* Hmmm… This hostel seems friendly and closer to the beach. Rika and Pia, what do you think?

(Disco: *mencari dan membandingkan antara penginapan yang ada* Hmmm… Hostel ini kelihatannya menyenangkan dan dekat dengan pantai. Rika dan Pia, menurut kalian bagaimana?)

Pia: Wow, I love beaches! Hang on, let me see… Whoa, IDR 1 million per night? So expensive!

(Pia: Wow, aku cinta (suka) pantai! Tunggu, mari kulihat… Wah, 1 juta rupiah per malam? Benar-benar mahal!)

Disco: Let me try the other options… *after clicking on several accommodation options* Oh, man, what a complicated payment process. What is this Bitcoin escrow balance all about?

(Disco: Mari kucoba opsi yang lainnya… *setelah mengklik beberapa opsi penginapan* Oh, ya ampun, proses pembayarannya kok susah sekali. Apa-apaan dengan rekening bersama (rekber) Bitcoin macam beginian?)

Rika: It is when you pay to the website’s escrow account, and then when the transactions are finished, the accommodation’s owner withdraws his/her balance to his/her bank account. You will also be required to mine Bitcoins first through complicated computerized processes since its currency is in Bitcoin.

(Rika: Itu adalah saat kamu bayar ke akun rekber-nya situs, terus kalau transaksinya sudah selesai, pemilik akomodasi akan mencairkan saldo rekbernya ke akun bank miliknya. Kamu juga perlu menambang Bitcoin terlebih dahulu lewat proses komputerisasi yang rumit, karena mata uangnya adalah Bitcoin.)

Disco: Aw, what a complicated payment method! I think I’ll change to the next websites with more convenient payment methods.

(Disco: Ya ampun, kok ribet banget, toh, cara bayarnya! Mungkin aku ganti aja ke situs lain yang metode pembayarannya lebih mudah dan nyaman.)

Melalui uraian dialog di atas, kita tahu permasalahannya kini bergerak menjadi metode pembayarannya. Sekadar informasi, kita akan belajar lebih jauh mengenai pembayaran akomodasi wisata lewat situs dalam bahasa Inggrisnya dengan poin-poin lain yang relevan dengan dialog atau percakapan di atas pada uraian berikut ini:

1. Belajar Lebih Jauh Tentang Aplikasi Kosa Kata Bahasa Inggris dalam Konteks Berbeda-Beda

Kosa kata ini merupakan salah satu yang penting dalam pelajaran bahasa Inggris sejak di level pemula, mengingat dengan membangun perbendaharaan kosa kata sejak level pemula, kita dapat mengetahui bagaimana satu kata dalam bahasa Inggris dapat diartikan lain untuk konteks kalimat yang berbeda-beda.

Misalnya, kata “friendly” pada dialog Disco di bagian paling awal sering diidentikkan dengan kata sifat “hangat / ramah” untuk orang, padahal sebenarnya dapat berarti suasana yang bersahabat bila merujuk pada benda atau lokasi tertentu. Selain itu, kata “accommodations” dapat diganti dengan “several accommodation options” seperti pada aksi Disco di bagian dialog akhir, yang keduanya merujuk pada hal yang sama, yakni pilihan penginapan atau akomodasi yang ada.

2. Belajar Lebih Banyak Tentang Serba-Serbi Sistem Pembayaran dan Adjective-nya yang Berhubungan dalam Bahasa Inggris

Dalam artikel sebelumnya, kita telah banyak belajar mengenai sistem pembayaran pada kasir di setting tempat yang nyata. Kali ini, saya mengajak kita sekalian untuk belajar serba-serbi sistem pembayaran dalam situasi online menggunakan bahasa Inggris dan adjectives untuk menilai sistem atau proses pembayaran tersebut.

Dalam konteks dialog artikel ini, “payment process” merujuk pada alur tata cara pembayarannya, sementara “payment method” merujuk pada metode yang tersedia atau bisa digunakan secara umumnya. Untuk menyebutkan apakah “payment process” atau “payment method” mudah atau sulit digunakan, gunakan kata “convenient” untuk mudah atau “complicated” untuk susah atau ribet.

3. Belajar Lebih Banyak Mengenai Sistem Pembayaran dan Mata Uang yang Dipakai dalam Bahasa Inggris

Pembayaran menggunakan “escrow balance” atau “rekening bersama (rekber)” merupakan salah satu metode pembayaran yang lagi nge-tren saat ini. Seperti yang Rika jelaskan pada dialog, komponen pembayaran “escrow balance” adalah “escrow account” milik situs bersangkutan dan “withdraw(s) + (my / your / his / her) + balance to + (my / your / his / her) + bank account” atau “menarik saldo ke rekening tabungan” ketika “the transactions are finished” atau “transaksinya sudah selesai”.

Tergantung dari situs masing-masing, ada juga “escrow balance” yang menggunakan “currency” atau “mata uang” yang aneh-aneh, misalnya Bitcoin seperti yang ada pada contoh dialog artikel ini. Karena Bitcoin penggunaannya cukup ribet dengan adanya proses mining dan “komputerisasi yang ribet” seperti yang Rika jelaskan dalam dialog, maka hal ini menimbulkan frustasi bagi Disco yang belum pernah menggunakan Bitcoin dalam transaksi keuangannya.

Dalam menjelajah situs lain yang Disco pikir lebih mudah pembayarannya, kita akan diajak untuk melihat lebih banyak lagi mengenai poin-poin bahasa Inggris yang dapat kita pelajari. Mari kita simak pada rangkaian artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya untuk mendapatkan poin-poin terkini dalam pelajaran bahasa Inggris.

 

Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat Sampai di Rumah
Percakapan Bahasa Inggris: Tiba di Kuta dan Mencari Penginapan
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat Berkemas-Kemas
Percakapan Bahasa Inggris: Tawar Menawar Harga Villa
Percakapan Bahasa Inggris: Reaksi Tiga Wisatawan Saat Mendapat Kupon
Percakapan Bahasa Inggris: Menanyakan Ketersediaan Kamar Villa
Percakapan Bahasa Inggris: Kendala yang Dialami Saat Memesan dari Situs Travel
Percakapan Bahasa Inggris: Menggunakan Live Chat Saat Memilih Penginapan
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan dalam Kegiatan BBQ di Villa
Percakapan Bahasa Inggris: Menikmati Fasilitas Villa


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)