sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Masuk Ke Dalam Supermarket

Artikel yang Mengandung Dialog di Dalam Bagian Luar Supermarket dan Poin-Poin Pelajaran Bahasa Inggrisnya Ini Akan Membuat Kita Belajar Lebih Lagi

Melalui dialog Pia dalam artikel lalu, kita sudah mengetahui tentang keberadaan supermarket yang besar bin luas ini. Kita pun sudah tahu kuartet wisatawan sudah berada di pintu depan supermarket.

Sekalipun beberapa bagian percakapan pada artikel ini ada yang mengambil tempat di sekitar pintu depan supermarket, beberapa bagian selanjutnya langsung berada di dalam supermarket. Perlu diingat juga, semua nama adalah fiksi, termasuk nama supermarket. Penasaran seperti apa dialog dan pelajaran bahasa Inggris yang dapat diambil darinya? Simak uraiannya berikut ini:

Shopkeepers in front of the door: Welcome to the Lamko Market!

(Penjaga di depan pintu: Selamat datang di Lamko Market!)

Disco: Whoa, so many things inside… From tissues, TVs, bicycles, fruits, bread, and so on…

(Disco: Wah, banyak sekali benda-benda di dalam… Mulai dari tisu, televisi, sepeda, buah-buahan, roti, dan masih banyak lagi…)

Rika: Let’s get in!

(Rika: Mari kita masuk!)

Pia: Hmm… I think I’ll need this umbrella… Wait, there’s another beautiful-looking Japanese-styled umbrella over there! I’m going there, friends!

(Pia: Hmmm… Aku pikir aku butuh payung ini… Tunggu, ada juga payung gaya Jepang yang lebih cantik di sana! Aku ke sana duluan ya, teman-teman!)

Kacung: Gee, she’s so fast-moving, isn’t she?

(Kacung: Ya ampun, dia benar-benar cepat geraknya, ya, ‘kan?)

Rika: Indeed she is. She’s always on the go whenever her eyes look over something “shiny”.

(Rika: Memang dia begitu. Dia langsung cepat geraknya kapanpun matanya kelihatan sesuatu yang “bercahaya”.)

Semakin panjang dialognya, semakin banyak pula hal-hal yang dapat kita pelajari. Berikut ini adalah tiga poin yang dapat kita pelajari dalam bahasa Inggris terkait dengan dialog pada artikel di atas:

1. Pasangan “From” Itu Bukan Hanya ”To

Dalam bahasa Inggris pada umumnya, biasanya kita mengenal “to” sebagai pasangan “from” yang terdapat pada 1 kalimat. Meskipun ini tidak salah, sebenarnya pasangan “from” sendiri banyak macamnya, terutama dalam kaidah bahasa speaking in English.

Salah satu contohnya adalah “and so on” pada dialog Disco, yang menandakan, “…dan sebagainya,” untuk variasi barang-barang kebutuhan hidup yang sangat luas. Dalam bahasa percakapan atau speaking, yang penting antara satu frasa dengan frasa lain, atau satu kalimat dengan satu kalimat yang lain terdengar enak, maka hampir pasti itu adalah rangkaian ekspresi yang benar.

2. “Good-Looking”? Ah, Sudah Basi!

Pelajar bahasa Inggris level pemula biasanya mengenal hanya sebatas kata-kata umum seperti “good”, “bad”, dan sebagainya. Padahal, sama seperti “big” atau kata-kata umum pada seri artikel tutorial bahasa Inggris sebelumnya yang memiliki banyak variasi parafrase, “good” pada ”good-looking” pun memiliki variasinya tersendiri.

Untuk learners level pemula, variasi “good-looking” yang paling mudah dipelajari adalah “beautiful-looking” yang artinya kurang lebih sama, namun lebih spesifik. “Beautiful-looking” seperti pada dialog Pia ini juga dapat diganti dengan “looking sharp”, “sharp-looking”,”looking beautiful”, dan sebagainya. Intinya, kata “looking” dan apapun parafrase yang menandakan bagus atau “good / beautiful” atau semacamnya dapat digabung dan dibolak-balik selama sesuai konteks percakapan.

3. Belajar Ekspresi Idiom Bahasa Inggris “On the Go

Salah satu kekeliruan yang sering terjadi pada kurikulum bahasa Inggris adalah mengajarkan ekspresi idiom hanya pada level lanjutan. Padahal, ekspresi idiom bahasa Inggris sendiri banyak, dan harus mulai diingat sejak level pemula supaya di level lanjutan makin luwes menggunakannya.

Dalam percakapan di artikel ini, kita dapat melihat ekspresi idiom pada “she’s always on the go” yang dikatakan Rika. Ekspresi ini artinya kurang lebih sama dengan “geraknya dia selalu cepat”, “dia selalu siap sedia”, “dia selalu semangat”, dan sejenisnya bila diartikan dalam bahasa Indonesia.

Pelajaran bahasa Inggris dalam seri tutorial bahasa Inggris ini akan makin banyak variasinya pada artikel yang berkesinambungan selanjutnya. Para learners, siapkan diri Anda untuk belajar lebih pada artikel berikutnya!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Masuk Ke Dalam Supermarket (bagian 2)
Percakapan Bahasa Inggris: Masuk Ke Dalam Supermarket


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)