sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Mendadak Haus di Jalan

Kenali Serba-Serbi Ekspresi dan Kosa Kata Bahasa Inggris Mengenai Hal Mendadak Haus di Tengah Jalan Ini

Artikel episode sebelumnya membahas mengenai Rika, Pia, dan Disco yang sepakat berjalan kaki bersama-sama menuju supermarket untuk berbelanja barang-barang yang mereka butuhkan saat hendak berlibur bersama.

Di artikel ini, dialog akan mengambil tempat di sekitar jalanan menuju supermarket tujuan. Sebagaimana yang terdapat pada dialog-dialog sebelumnya, kita akan banyak belajar mengenai hal-hal berbau wisata, khususnya di tengah jalan menuju tempat berbelanja. Adapun dialog singkat yang akan kita pelajari pada artikel ini sebagai berikut:

Disco: Sigh… I don’t think we will be this far…

(Disco: Duh… Aku tidak menyangka kita akan jadi begini jauhnya…)

Pia: Yes, indeed. I’m so tired that I need to find some bottles of water!

(Pia: Ya, memang. Aku begitu lelah hingga aku perlu menemukan beberapa botol air!)

Rika: Me, too! I think I’ll have some oxygenated drinks and fruity juices… Wait, we’ve been passing juice bars, haven’t we?

(Rika: Aku juga! Mungkin aku memerlukan beberapa minuman oksigenasi dan jus buah… Tunggu, kita sudah lewat dari kedai minuman, ‘kan?)

Pia: Hmmm… I guess so! It must be around 200 meters away, isn’t it?

(Pia: Hmmm… Sepertinya, ya! Kayanya sih sekitar 200 meter jauhnya dari tempat ini, ya, gak, sih?)

Rika and Disco: WHAAAT?!?! Okay, we’ll head back then.

(Rika dan Disco: APHUAAAA?!?! Oke, kalau begitu kita balik aja, ya.)

Wah, wah, wah… Semakin seru saja, nih, learners, dialog para wisatawan yang mendadak haus dan butuh minuman dalam perjalanan ke supermarket. Kira-kira, apa saja yang dapat kita pelajari? Simak uraiannya pada poin-poin berikut ini:

1. Belajar Tentang Kalimat Sambung dalam Bahasa Inggris

Acap kali, kita hanya mempelajari kalimat ber-subjek, predikat, dan objek tunggal semacam “I hate this place”, “I love going to blablabla place”. Padahal, kalimat sambung ini merupakan sesuatu yang akan sering kita jumpai pada percakapan bahasa Inggris bentuk apapun, termasuk saat hendak berlibur ke suatu tempat.

Ada baiknya kita mengarahkan mata kembali ke dialog Pia yang mengatakan, “I’m so tired that I need to find some bottles of water!” Kalimat ini terdiri dari, “I’m so tired,” dan “I need to find some bottles of water,” yang dihubungkan dengan “that”. Seiring dengan perjalanan dialog, kita akan menemukan banyak ragam kalimat sambung lainnya dengan kata penghubung lain selain hanya “that” saja, seperti “to a point that”, “and”, “consequently”, dan lain-lain.

2. Pelajaran dari Dialog Rika di Tengah-Tengah

Rika, si leader trio wisatawan pada episode tutorial bahasa Inggris untuk berwisata ini menjadi tokoh kunci pelajaran bahasa Inggris pada artikel ini. Ada 2 macam pelajaran yang dapat kita petik dari dialog Rika di bagian tengah-tengah.

Pertama, ada penyebutan “oxygenated drink” dan “juice bars”. Kalau bingung apa itu minuman teroksigenasi atau oxygenated drink, itu adalah jenis minuman semacam Pocari Sweat, Mizone, dan lain-lain. Penyebutan kedai minuman sebenarnya dapat saja berupa “tavern” atau “bar”, hanya saja itu tidak seberapa lazim di Indonesia dibandingkan “juice bar” yang kerap menyediakan air putih dan aneka macam jus.

Kedua, kita melihat adanya bentuk present perfect continuous tense dalam bagian “We’ve been passing”. Bentuk ini biasanya digunakan saat kejadian yang dibahas sudah berlalu dan terus berlanjut hingga sekarang. Dalam hal ini, kejadiannya, yakni “passing” atau terlewat, sudah berlalu, dan berlanjut nyasar hingga waktu yang ditentukan. Hmmm… Pasti mereka sudah nyasar jauh dari tempat minuman, ya?

3. Parafrase Kata “Go” Saat Berwisata

Kebanyakan yang baru belajar bahasa Inggris mengabaikan pentingnya parafrase kata. Padahal seiring dengan majunya pembelajaran, kita akan sering melihat aneka kosakata bahasa Inggris yang artinya dalam bahasa Indonesia sama, termasuk bahasa Inggris untuk tujuan pariwisata.

Jika ingin pergi ke suatu tempat, tidak cukup hanya dengan mengatakan “go”. Terkadang, kata-kata “head back” seperti yang dikatakan Rika dan Disco juga perlu ketika kita mendadak harus kembali ke suatu tempat. Bukan hanya Rika, Pia, dan Disco yang kembali ke juice bars, namun terkadang kita pun perlu “head back” ke hotel atau tempat wisata tertentu ketika ada hal terlupa yang baru kita ingat pada waktu berlangsungnya perjalanan wisata.

Dari uraian dialog dan poin pembelajaran yang ada, dapat disimpulkan tujuan utama pelajaran yang hendak dicapai pada dialog ini adalah dapat mengekspresikan kejadian mendadak dengan lebih baik dalam bahasa Inggris. Karena situasi mendadak membutuhkan penanganan khusus, maka kita akan lanjut belajar menangani situasi mendadak di tengah-tengah jalan belanja pada artikel selanjutnya.

 

Percakapan Bahasa Inggris: Saat Keluar dari Kedai Minuman
Percakapan Bahasa Inggris: Bertemu Wisatawan Lainnya
Percakapan Bahasa Inggris: Hendak Masuk ke Mobil
Percakapan Bahasa Inggris: Mendadak Haus di Jalan
Percakapan Bahasa Inggris: Hobi & Motivasi Liburan


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)
Percakapan Inggris: Mempelajari Penggunaan Bahasa Inggris di Supermarket
Percakapan Bisnis: Memberikan Informasi Sesuai Persyaratan dalam Interview Menggunakan Bahasa Inggris
Percakapan di Restoran: Cara Menanyakan Bill dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris: Membicarakan Kabar Terkini
Percakapan Inggris: Mengucapkan Salam Sederhana dalam Situasi Informal
English Conversation: Contoh Percakapan dengan Simple Perfect Tense